Cara Agar Kuota Data Internet Modem Menjadi Hemat

Para pengguna internet biasanya pengennya kuota data internetnya tetap awet meski dipakai untuk browsing berkali-kali. Malah mungkin pengennya gratisan internetan ya hehehe…. Dalam tulisan saya kali ini, saya tidak akan membahas cara gratis internetan menggunakan kartu seluler, tetapi cara meminimalisir penggunaan kuota data internet yang berlebihan dan tidak perlu ketika kita melakukan browsing (jelajah) internet menggunakan browser internet.
agar-kuota-data-internet-menjadi-hemat
Sebelum kita membahas cara agar browsing menjadi lebih irit, sahabat harus tahu bahwa kuota internet berkurang karena ada proses download (unduh) dan proses upload (unggah) ketika perangkat komputer ataupun smartphone sahabat terhubung dengan jaringan internet. Penggabungan proses unggah dan unduh itu lah yang menyebabkan kuota internet sahabat berkurang. Semakin banyak proses unggah dan unduh dalam jaringan internet sahabat, semakin besar pula kuota internet sahabat yang berkurang. Untukdapat mengetahui proses unggah dan unduh dalam sebuah smartphone khususnya smartphone berbasis android, sahabat bisa menggunakan internet speed meter, untuk lebih jelasnya sahabat bisa membaca tulisan saya tentang aplikasi android untuk mengetahui kecepatan dan pemakaian internet. Sedangkan untuk mengetahui proses upload dan download di sebuah personal komputer, sahabat bisa menggunakan aplikasi yang bernama Bandwidth meter. Untuk tutorial tentang bandwidth meter akan saya bahas suatu saat, jadi sering-sering sering pantau situs ini ya….

Kembali ke topik masalah utama tentang cara agar kuota internet menjadi lebih hemat pada modem. Tadi sahabat sudah mengetahui bahwa proses berkurangnya kuota internet disebabkan proses upload dan download. Jadi cara agar hemat adalah dengan cara mengurangi proses download ataupun upload ketika kita browsing internet. Perlu sahabat ketahui bahwa ketika browsing, sahabat mengakses file-file yang berada dalam sebuah situs yang sahabat akses. Text (Teks), Image (Gambar), voice (suara) dan Video dalam bentuk flash adalah media yang sering sahabat akses melalui browser sahabat. Ketika sahabat browsing, mau tidak mau sahabat harus mengakses semua isi konten yang berada dalam sebuah situs tersebut. Semisal saja sahabat membuka situs berita detik.com, dalam situs tersebut banyak sekali iklan, gambar, dan file-file lain yang tidak ingin sahabat lihat tapi tetap muncul kan? Supaya file-file tersebut tidak muncul, maka cara yang paling mudah adalah memblokir file-file tersebut dengan cara menggunakan alat untuk mengamankan iklan, gambar dan video di browser sahabat. Untuk lebih jelasnya, sahabat bisa membaca artikel saya mengenai cara agar browser menjadi hemat dan optimal.
Cara Agar Kuota Data Internet Modem Menjadi Hemat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Evy Nurvitasari
Lihat Komentar
Sembunyikan Komentar

2 comments:

  1. tapi kalo gambar ga keliatan pas browsing mah jadi percuma yak gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung dengan apa yang dibuka gan... kalo berita yang berisi materi dan gambar hanya sebagai pelengkap tanpa lihat gambar ya gapapa gan... itu kalau ane gan :)

      Hapus