Cara Mengendalikan Koneksi Internet Pada Komputer

Lega rasanya ketika data internet berjalan dengan normal kembali di komputer kesayangan saya. Beberapa hari saya sangat frustasi ketika komputer saya terhubung dengan modem, trafik jaringan internet saya berjalan sangat cepat sehingga kuota internet saya berkurang dengan cepat padahal saya tidak membuka aplikasi browser atau lainnya. Hal ini saya ketahui karena saya menggunakan Bandwdth Meter, sehingga proses download (unduh) dan proses upload (unggah) dapat saya ketahui. Normalnya adalah ketika komputer saya hubungkan kemudian saya jalankan command ping www.google.com –t trafik yang berjalan hanya 592 bps.

Berdasarkan pengalaman saya selama menggunakan komputer, trafik jaringan berjalan dengan cepat diawal ketika terhubung internet disebabkan karena update antivirus, update otomatis windows, dan juga update software-software lainnya yang kia install (bisa dilihat pada startup windows). Diawal-awal melihat trafic internet yang tinggi, saya masih anggap biasa. Tetapi ketika antivirus saya sudah terupdate dan trafik jaringan saya masih saja sangat tinggi rata-rata 512kbps, saya curiga ada proses aplikasi program yang berjalan dan tidak ketahui.

Berikut adalah cara-cara yang saya lakukan untuk menghentikan trafik jaringan yang tidak normal pada komputer saya:
Menghentikan Update otomatis (automatic update) – hal ini dilakukan karena update otomatis khususnya windows dan antivirus sering meminta update. Setelah menghentikan proses automatic update windows dan software lainnya yang saya install di komputer, kemudian saya restart komputer dan kemudian saya hubungkan lagi ke internet ternyata trafik jaringan internet saya masih belum normal.
Scan komputer dengan antivirus – hal ini saya lakukan karena ada kemungkinan ada Trojan di komputer saya. Dulu saya pernah punya pengalaman yang sama dengan yang saya alami saat ini (trafik jaringan internet tidak normal) setelah saya scan dengan antivirus avast, dan ditemukan kalau tidak salah namanya Trojan rootkit, kemudian saya hapus setelah saya restart komputer dan saya hubungkan internet saya ternyata sudah berjalan dengan normal. Tetapi pada kasus yang saya alami saat ini, ternyata jaringan internet saya tetap berjalan tidak normal, sehingga saya mencoba install anti spyware dan lain-lain dan ternyata hasilnya tetap sama L .
Menghentikan trafik internet yang mencurigakan – semisal langkah ini tidak berhasil, sebelumnya saya sudah berencana akan menggunakan jurus terakir saya dalam menangani masalah ini yaitu install ulang komputer J . Dengan semangat di depan komputer, saya mencari software aplikasi yang digunakan untuk memantau trafik keluar masuk data internet di kommputer, dan akhirnya saya menemukan software yang bisa mengendalikan data internet yang keluar masuk pada komputer. Software tersebut bernama NetBalancer, sotware ini memperlihatkan proses yang berjalan pada komputer kita dan menunjukkan penggunaan tiap-tiap bandwidth, sehingga sahabat akan mengetahui proses mana yang menggunakan bandwidth internet yang besar. Hebatnya lagi, aplikasi ini menyediakan fasilitas untuk memblock  proses yang mencurigakan tersebut. Sehingga trafik jaringan internet pada komputer akan berjalan normal kembali. Berikut adalah cara-cara menggunakan NetBalancer:
Unduh dan install NetBalancer – untuk mengunduh NetBalancer, sahabat bisa ketikkan di mesin pencari google, dan mengetikkan kata kunci download NetBalancer. Akan tersedia banyak situs yang menyediakan NetBalancer. Setelah selesai mengunduh, sahabat bisa install di komputer sahabat.
Blok proses yang mencurigakan – setelah aplikasi NetBalancer terbuka, klik kanan proses yang menggunakan trafik data internet yang mencurigakan. Kemudian pilih block. Dan lihat trafik internet sahabat, akan kembali menjadi normal. Semisal sahabat kurang jelas dengan yang saya paparkan diatas, sahabat bisa bertanya melalui comment atau kirim langsung ke e-mail saya.

mengendalikan-koneksi-internet-dengan-netbalancer

Semoga membantu bagi sahabat yang sangat memperhatikan kuota internet seperti saya. Karena menurut saya tarif internet di indonesia masih kurang murah alias masih mahal.


Cara Mengendalikan Koneksi Internet Pada Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Evy Nurvitasari
Lihat Komentar
Tutup Komentar

0 comments:

Posting Komentar