Cara SMS Murah Menggunakan Kartu Indosat (Im3 dan Mentari)

Update 4 Januari 2018 : untuk paket sms 5000, hasil yang didapatkan adalah 300 sms kesesama indosat im3 ooredoo dan 100 sms kesemua operator. Untuk yang paket sms 10000 mendapatkan 600 sms kesesama indosat dan 250 sms kesemua operator, sedangkan untuk paket sms yang 25000 mendapatkan 2000 sms sesama indosat dan 500 sms kesemua operator.

Update tanggal 21 Juni 2016 : kemarin saya memaketkan sms murah indosat 5000, hasil yang saya dapatkan adalah 100 sms ke luar operator dan 600 sms ke semua nomor indosat ooredoo. Dibandingkan dengan akhir tahun kemarin yaitu tgl 25 Desember 2005, ternyata sms indosat lebih murah yang sekarang. untuk lebih lengkap cara pendaftarannya, baca artikel di bawah ini :).

Update tanggal 25 Desember 2015 : hari ini saya mengisi paket sms murah indosat 5000 , hasil yang saya dapat adalah 100 sms ke luar operator dan 400 sms ke semua indosat. untuk tarif harganya sekarang berubah. sebelumnya harga paket sms 5000 indosat adalah Rp.5000, sekarang berubah menjadi Rp.6000. untuk lebih lengkap cara dan penjelasan lainnya bisa sahabat baca di bawah ini.

Update tanggal 5 Agustus 2015 : kemarin sore saya mengisi paket sms murah indosat 10.000 , hasil yang saya dapat adalah 400 sms ke luar operator dan 600 sms ke semua indosat. Sebelumnya, saya mendaftra paket sms 5000 mendapatkan 200 sms ke semua operator dan 300 sms ke sesama indosat. untuk lebih lengkap cara dan penjelasan lainnya bisa sahabat baca di bawah ini.

Dulu waktu saya menggunakan hand phone pertama kali sekitar tahun 2004 yang namanya sms (short message service) itu tarifnya 350 rupiah per sms dan gak ada bonus sms seperti saat ini. Seiring perkembangan jaman, dimana sekarang tarif nelpon dan sms menjadi lebih murah para operator seluler memberikan promosi kepada tiap pelanggannya baik itu promosi sms, nelpon, dan juga data. Promosinya macam-macam seperti yang sahabat lihat iklan mereka di media elektronik ataupun media cetak. Tapi kebanyakan promosi yang mereka tampilin rata-rata menggunakan “syarat dan ketentuan berlaku”, sehingga untuk menikmati promosi tersebut, sahabat harus melakukan hal yang disyaratkan oleh penyedia jasa operator selluler tersebut. Semisal sahabat disuruh isi ulang pulsa dahulu, kemudian ada juga yang mensyaratkan sahabat menggunakan pulsa dahulu sesuai jumlah nominal tertentu untuk menikmati bonus dan sebagainya.

SMS mahal? Udah gak jamannya sms mahal Kali….. bagi sahabat yang menggunakan kartu indosat baik indosat Im3 ataupun indosat Mentari, maka sahabat bisa menggunakan tips saya ini untuk menghemat pulsa sahabat. Sebenarnya tarif ini sudah lama diberikan indosat, tapi kebanyakan pelanggan indosat tidak menggunakan cara ini untuk bisa menikmati sms murah yaitu Rp.15/sms. Dibawah ini akan saya jelaskan kelebihan, kekurangan dan juga cara mendapatkan tarif murah indosat ini.
Kelebihan menggunakan paket sms dari indosat ini:
  • Sahabat bisa menikmati tarif murah 15 Rupiah per SMS ke sesama operator indosat ataupun ke luar operator indosat 24 jam
  • Paket ini bisa digunakan selama kartu indosat sahabat aktif (kalau kartu sahabat dalam masa tenggang, maka paket sms ini tidak bisa digunakan).
  • Semisal kartu sahabat memasuki masa tenggang karena lupa isi pulsa ataupun sahabat belum bisa beli pulsa, maka pulsa sms tidak hangus dan bisa digunakan lagi setelah sahabat mengisi pulsa lagi sehingga kartu menjadi aktiv lagi.


Kekurangan menggunakan paket sms dari indosat ini:
  • Paket ini berupa jumlah sms sehingga tidak bisa digunakan untuk telpon tetapi bila sahabat memiliki pulsa regular, maka sahabat tetap bisa melakukan panggilan
  • Untuk mendaftarkan paket ini, sahabat hanya bisa mendaftarkan dengan minimal pulsa yang sahabat miliki adalah 5000 rupiah. Sehingga bila pulsa sahabat dibawah lima ribu rupiah, maka sahabat tidak bisa mendaftar untuk mendapatkan pulsa sms.


Jumlah pulsa yang ditukarkan paket sms indosat:
  • 5000 akan mendapatkan 333 sms
  • tarif baru sms murah indosat im3 dan mentari yaitu 5000 mendapatkan 200 sms ke semua operator dan 300 sms ke sesama indosat
  • 10000 akan mendapatkan 666 sms
  • tarif baru sms murah indosat im3 dan mentari yaitu 10000 mendapatkan 400 sms ke semua operator dan 600 sms ke sesama indosat


Cara mendaftar paket sms indosat dan Cara cek paket sms indosat:
  • Ketik dengan format berikut: <sms> <nominal pulsa sms> kirim ke 303 tanpa tanda  < > Semisal sahabat ingin membeli pulsa sms 5000, sehingga pulsa sms yang sahabat dapatkan adalah sebanyak 5000/15 = 333 sms. Caranya adalah ketik SMS 5000 kemudian dikirim ke 303. Maka sahabat akan mendapatkan pulsa sms sebanyak 333. Semisal sahabat membeli 10000, sahabat akan mendapatkan pulsa 10000/15 = 667 sms.
  • Ketik dilayar hp sahabat *555*1# tekan tombol YES atau OK. Maka nanti akan muncul jumlah pulsa sms sahabat seperti dibawah ini.


















*


** Update Informasi: Tadi siang tepatnya tanggal 5 Juni 2015, saya memaketkan paket sms indosat sebesar 5000 Rupiah, ternyata jumlah sms yang saya dapatkan bukan 333 sms, tetapi 200 sms ke luar operator dan 300 sms kesesama indosat. ternyata mendapatkan jumlah sms lebih banyak :). sms indosat tetap murah kan.... :)
u

Cara SMS Murah Menggunakan Kartu Indosat (Im3 dan Mentari)
  1. Trims .. infonya sangat membantu ... sundulisasi gan

    BalasHapus
  2. kenapa aku gak bisa smsn ..padahl pulsanya ada ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya gimana mas? saya menggunakan sampai sekarang masih lancar-lancar saja kok kalau pakai paket sms indosat... mungkin lagi gangguan di daerah anda...

      Hapus
  3. Ya itu karna kmu g ada temen sms annya, ЩĸЩĸЩĸЩĸЩĸЩĸЩĸЩĸ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi ga bisa sms karena ga ada temen sms :) bercanda gan....

      Hapus
  4. Klo paketannya habis harus daftar lg pa otomatis nambah paketan ?
    Klo mau berhenti harus unreg dlu pa biar masa aktif habis?
    Trimakasih.. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti yang dikatakan agan @igi Suhendi... Harus daftar lagi gan.... paket sms ini gak pake unreg... meski masa aktif habis (masuk masa tenggang) dan pulsa sms masih ada, setelah di isi dan kartu aktif lagi paket smsnya masih bisa dipakai kok... tidak ada hangusnya... pokoknya ga ada resiko daftar paket sms indosat ini :)

      Hapus
  5. musti daftar lg gan, sms ke 303 kn free..

    BalasHapus
  6. oke,,, makasih atas jawabannya,, :)

    BalasHapus
  7. klo jumlah paket sms ke operator lain habis sedangkan paket sms ke sesama indosat masih banyak dan masa aktif masih ada itu kira-kira kita bisa gak daftar lagi biar jumlah paket smsnya seperti semula lagi atau di habisin dulu semua jumlah paket smsnya baru bisa daftar lagi?
    tolong di jawab ya please...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mbk @indira lestari baru bisa membalas.... masih bisa daftar mbk.... sistimnya paket sms akumulatif mbk... jadi nanti pulsa sms yang kesesama indosat bertambah dengan yang baru. semisal pulsa ke luar operator 0 sms dan ke sesama indosat masih 100 sms. maka semisal membeli paket sms Rp.5000 pulsa sms ke luar operator menjadi 200 sms, sedang pulsa sms ke sesama indosat 100 sms + 300 sms= 400 sms.

      Hapus
  8. Itu ga ada batasnya kan, batasnya sampe sms nya habis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan.... ga ada batasan waktu... bisa dipake asal masih dalam masa aktif kartu (bukan masa tenggang).

      Hapus
  9. mantap gan INFONE ) josss gandosss

    BalasHapus
  10. itu masa aktifnya gmana, ada sendiri p0a iku masa aktif reguler?

    BalasHapus
  11. Gan, ane isi pulsa sms im3 5000, kenapa masa aktifnya cuma 3 hari? Apakah memang secepat itu? Biar pulsa smsnya punya masa aktif yang panjang gimana, gan? Cendol menunggu, gan. :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hem.... agan kurang teliti dalam maketin pulsa... coba agan baca lagi artikel yang saya tulis... caranya adalah isi ulang paket regular, kemudian baru dipaketkan. bukan langsung isi ulang paket sms im3 gan... masa aktif otomatis akan mengikuti masa aktif pulsa regular gan...

      Hapus
  12. kalo mau ngaktivin paket 00-17 17-24 sih gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @gilang, maksud agan paket bicara obrol indosat atau gimana? ok besuk saya tambah lagi lebih banyak paket yang berhubungan dengan indosat. :)

      Hapus
  13. terima kasih artikel ya bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Willy sama-sama... terimakasih atas kunjungannya..

      Hapus
  14. kalo kita ngisi paket sms yang sebulan,,, selama sebulan itu paket kita belum abis itu hangus gak ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @rifky ini paket sms ini tidak ada hangusnya gan.... semisal kartu agan masa aktifnya habis, kemudian masuk tenggang paket sms ini tidak akan hangus dan tetap tersimpan. Setelah agan isi ulang lagi kemudian kartu agan aktiv kembali, maka paket sms masih tetap bisa digunakan. intinya adalah sama dengan pulsa reguler (kalau masa aktif bisa digunakan, kalau masa tenggang tidak bisa digunakan tetapi tidak hangus). semoga membantu.....

      Hapus
  15. cara biar kartu im3 bebas dari segala jenis paketan gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau paket kartu bisa berpindah tapi tidak bisa dihapus gan... soalnya paket kartu kan yang menentukan harga sms, nelpon, dan internet reguler contoh paket mentari sakti, mentari aura, im3 play dan lain-lain. sedangkan paket berlangganan bisa di hentikan dengan petunjuk ketika kita mendaftar. semisal paket hebat 500, paket internet, dan lain-lain. semoga membantu buat @sigit

      Hapus
  16. mba.
    dulu sebelum kartu ku tak ganti yang baru (dengan nomor yg sama) pulsaku tu irit banget, misal sms setelah 2x langsung dapet gratisan , kalo nelfon juga irit 300rp mpe 10menit
    tapi setelah di upgrade karena kartuku itu aku beli tahun 2011 dan harus di upgrade , kenyamananku gunain indosat im3 jadi hilang, masak pulsa baru isi 10rb baru dibuat nelfon 29detik dah abis padahal itu ke sesama .
    gimana ya biar kartuku im3 ini bisa kayak dulu lagi
    mohon infonya
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. @mbak putri memang paketan indosat itu banyak sekali... dan kadang ada paketan yang sudah tidak berlaku tarifnya... nanti kalau ada waktu luang yang banyak, saya akan coba membuat postingan tentang paket-paket indosat im3 dan mentari. kalau saran saya, mbak putri pake paket mentari aura dan paket murah sms yang sudah saya posting. coba nanti mbk putri baca postingan-postingan saya tentang kartu indosat.. pasti nanti lebih irit jauh dibanding kartu mbak putri yang 2011. semoga membantu.

      Hapus
  17. ternyata harganya Rp.6000 gan..dapet 200 ke operator lain dan 300 ke sesama..saya peke kartu mentari ndak tau kalo yang pake IM3..thks infonya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama gan @aulia. terakir saya daftar Rp. 10.000 dapat 400 sms ke luar operator dan 600 sms ke sesama. besuk setelah sms habis, saya mau mencoba daftar lagi yang 200 sms ke luar operator dan 300 sms ke sesama indosat. mau cek lagi biaya yang harus kita keluarkan... apakah masih 5000 atau udah 6000. makasih juga infonya gan...

      Hapus
  18. gan itu berlaku sehari sebulan atau sampek bonus smsnya abizzz.... trims

    BalasHapus
  19. berarti kalau pengen telfon murah, pake paket mentari aura, kalau pengen sms murah, pake paket sms, bener nggak gak?? dua paket itu bisa dipake sekaligus ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. mentari aura dan paket sms indosat dapat berjalan bersamaan gan @agung, jadi tetap ngirit nelpon dan smsnya...

      Hapus
  20. tq. barusan maketin, soalnya masa aktifku panjang banget, jadi irit moga...yang reguler, sms udah mahal lagi kali ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sms tetap murah dengan paket sms indosat gan... semoga membantu.

      Hapus
  21. Agak kecewa sih dengan tarif sekarang... masak sesama juga ikut mahal... padahal tarif yg sebelum ini saya nelpon 1x sebelum jam 12 siang itu 24 rupiah paling mahal 48 rupiah..ttarif sekarang ga ada 3 menit 10 ribu.. tekor saya
    Tapi tetep setia kok*

    *syarat dan ketentuan berlaku

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak paket yang bisa digunakan supaya menelpon menjadi lebih murah ke operator indosat ataupun operator lainnya pak... salah satunya adalah http://www.infodantips.com/2014/07/cara-nelpon-murah-menggunakan-indosat.html

      Hapus
  22. saya mau tanya nih. gini no HP saya yang dulu murah untuk sms. kemudian HP saya hilang. jadi saya mengaktifkan no saya yang hilang itu lagi. tapi kok harga sms nya lebih mahal dari sebelumnya..??? :( ketika saya coba gunakan paket yang 5000. kalimat yang muncul kaya gini. 100 sms ke oprator lain dan 400 ke sesama indosat ooredoo. nah ber arti gratis 400 sms itu hanya untuk indosat ooredoo saja ya...?? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pesannya seperti itu berarti mas @muhammad mendapatkan 100 sms ke operator lain dan tentu saja yang 400 hanya untuk sesama indosat mas :) kalau dihitung tetap murah mas... nanti saya akan coba isi paket sms lagi, dan hasilnya akan saya update lagi di blog ini... terimakasih infonya...

      Hapus
  23. Gan numpang nanya. Tadi sempet utak atik hp. Nemu dial up register sms Rp 6000 dapatnya 400 sms ke sesama dan 200 ke semua. Tapi sekarang lupa tadi mencet apaan. Akhirnya balik pake Rp 5000 yang dpt 400 ke sesama dan 100 ke semua. Ane pake IM3 dgn paket mentari aura. Mohon info tentang paketan sms yang 6000an gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas@handy... saya juga pengguna mentari aura. kemarin sewaktu daftar paket sms, yang didapat sesuai yang saya update kan memang mendapatkan 400 sms ke sesama indosat dan 100 sms ke operator lain. Saya taunya waktu memaketkan sms tanggal 25 desember kemarin. mungkin sekarang tarifnya sudah berubah lagi menjadi Rp.5000 atau mungkin karena waktu itu mendekati waktu libur panjang jadi Rp. 6000. atu mungkin karena zona saya di papua sehingga tarifnya Rp.6000. mungkin tarif disetiap lokasi berbeda mas...

      Hapus
  24. sekarang indosat sangat mahal. pdhl sy dari th 2002 menggunakan indosat. gara" mahal gunta ganti kartu trtus indosat malah tambah tinggi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga pengguna indosat sejak 2006 gan...asal kita pandai2 saja memilih paket, pasti bisa lebih hemat hehehe...

      Hapus