Beranda
Android
Teknologi
GPS Tanpa Internet

Seiring perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat kemajuan disegala bidang begitu cepat. Salah satu diantara perkembangan teknologi yang sangat terlihat adalah perkembangan teknologi ponsel. Dari awal munculnya ponsel, alat ini hanya difungsikan untuk telephon dan SMS(Short Message Service) kemudian  berkembang dengan adanya MMS(Multimedia Message Service) dan layanan akses internet menggunakan browser di handphone. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, sekarang ponsel bisa difungsikan sebagai pemutar musik, pemutar video, kamera, dan juga sebagai penunjuk jalan yang memanfaatkan perangkat GPS(Global Positioning Service ).

gps tanpa internet, gps offline

Mungkin banyak dari para pengguna ponsel yang belum memaksimalkan fungsi dari GPS karena tidak terlalu memperhatikan fasilitas dan manfaat dari perangkat ini. Sebagai gambaran saja, GPS dapat memberi petunjuk kepada kita mengenai keadaan posisi kita berada. Selain itu dengan didukung oleh aplikasi map seperti Google Map maka fungsi dari perangkat ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal seperti menunjukkan rute perjalanan, mencari letak suatu objek (Pom Bensin, Restaurant, Rumah Sakit, Penginapan) yang paling dekat dengan posisi sahabat sekarang. Bukan hanya Map / Peta saja yang ditawarkan oleh aplikasi yang didukung perangkat GPS, tetapi juga ada suara sebagai pelengkap penunjuk peta. Khusus bagi sahabat yang kadang atau sering bepergian keluar kota, maka Handphone yang didukung fitur GPS adalah solusi bagi sahabat supaya tidak salah jalan.

Apakah banyak diantara sahabat yang mengira bahwa GPS pada sebuah handphone untuk menjalankan fungsinya sebagai teman perjalanan dan penunjuk jalan harus menggunakan internet? Awalnya saya mengira juga begitu…. Tetapi ternyata anggapan saya tersebut salah seiring saya membaca dan mempraktekkan aplikasi GPS. Ketika sahabat menggunakan layanan Google Maps maka untuk menjalankannya sahabat harus mengaktifkan fitur data (Internet) karena Google Maps harus mengambil data peta secara online. Tapi sahabat tidak perlu khawatir dengan hal itu karena ada aplikasi Map / Peta yang bisa dijalankan tanpa harus terhubung dengan internet diantaranya adalah Navitel, Ndrive, Papago dan TomTom.

Prinsip kerja dari aplikasi Map offline dengan memanfaatkan GPS ini pada dasarnya sama dengan aplikasi map online seperti Google map, yang membedakan adalah kalau google maps untuk mengakses database peta menggunakan bantuan jaringan internet karena lokasi servernya ada di luar negeri, tetapi untuk aplikasi maps offline mengakses langsung database peta dari perangkat Handphone sehingga tidak perlu membutuhkan jaringan internet. Karena databasenya berada dalam handphone, maka ketika kita menginstall pertama kali, kita juga harus memasukkan map dalam memori handphone kita yang lumayan besar. Untuk cara penggunaannya mungkin akan saya posting kembali di lain waktu. Oh iya, saya sudah pernah mencoba aplikasi Navitel, Ndrive dan TomTom di Handphone android saya, tetapi menurut saya aplikasi yang paling Friendly dan petunjuk suaranya sangat mudah diikuti adalah aplikasi TomTom. Untuk mendapatkan dan cara menginstallnya, sahabat bisa searching melalui Google. Sedikit info yang bisa saya bagikan hari ini, semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan sahabat.

Penulis blog

Tidak ada komentar