Mencegah Virus Ganas yang Ada di Komputer


Apakah sahabat info dan tips salah satu orang yang sering berjumpa dengan virus di komputer ? Apakah terkadang antivirus yang anda pakai tidak menangkal virus yang masuk? saya juga sering mengalami masalah dengan virus, tapi kita sebagai user / pengguna komputer harus belajar dari pengalaman untuk mencegah semaksimal mungkin kejadian virus masuk dan merusak sistem computer kita, sehingga sistim operasi dan data pada komputer kita aman. Disini saya akan berbagi pengalaman saya untuk mengantisipasi virus yang menyerang komputer saya.
virus komputer, virus ganas, virus komputer ganas
Alangkah lebih baiknya bila kita mencegah virus daripada mengobati virus di komputer kita J.  Cara mencegah virus masuk kedalam computer berdasarkan pengalaman saya adalah :
1.      Memasang antivirus pada computer kita
Setelah selesai mengistall sistim operasi pada computer, biasanya langkah pertama yang saya lakukan adalah memasang software antivirus. Ativirus yang anda install harus benar-benar antivirus yang bersih dari virus. Jangan sampai program antivirus yang kita pasang sudah terkena virus (biasanya virus yang menempel di program dengan ekstensi .exe termasuk antivirus adalah virus sality). Agar lebih kuat antivirus pada computer kita, sebaiknya anda pasang 2 antivirus (Lokal dan Internasional). Sampai saat ini saya masih menggabungkan dua antivirus lokal dan internasional yaitu Smadav dan Avast Antivirus yang keduanya adalah freeware.
2.      Update Antivirus secara rutin.
Setelah selesai install semua program antivirus dan program pendukung lainnya seperti Driver computer, Program Office, Program Grafis dan program lainnya maka yang harus anda lakukan adalah merawat computer anda secara aman. Salah satu caranya adalah dengan mengupdate antivirus yang telah anda pasang pada computer anda secara rutin. Ada dua cara untuk update aantivirus anda yaitu secara online dan offline. Biasanya setiap produsen antivirus memberikan dua alternative dalam mengupdate antivirus seperti AVG, Avast, atau Avira.
3.      Teliti dalam membaca peringatan antivirus
Kadang ketika ada peringatan oleh antivirus kita sebagai pengguna computer tidak terlalu menghiraukan padahal peringatan yang dikeluarkannya adalah bahaya tentang sebuah program yang mencurigakan. Jadi ketika ada peringatan apakah anda menerima ada program yang mencurigakan anda pilih ya (yes). Hal ini bias berakibat fatal pada computer anda. Sehingga alangkah lebih baiknya anda perlu teliti dalam membaca peringatan antivirus. Kalau perlu ketika anda kurang familiar atau kurang mengerti tentang bahasa inggris sebaiknya anda menginstal program antivirus dengan bahasa Indonesia (bila antivirus tersebut sudah mendukung bahasa indonesia). 
4.      Scan Setiap anda memasukkan Removable Disk
Media penyimpan eksternal  seperti Flash disk, MMC, hard disk eksternal dan lain-lainnya ketika sudah masuk ke luar dari computer kita  semisal ke warnet atau teman-teman anda, tidak ada salahnya bila anda waspada. Sehingga ketika anda kembali memakai media eksternal tersebut kembali, anda harus menscan perangkat tersebut, meskipun sebagian besar antivirus otomatis langsung menscan media eksternal yang masuk ke computer kita.

Demikian sedikit tips mencegah virus masuk ke komputer kita, semoga berguna buat para sahabat Info dan Tips. Terimakasih J.



Mencegah Virus Ganas yang Ada di Komputer