Cara Installasi Komputer Agar Tetap Aman dari Virus


Virus adalah salah satu penyebab komputer sahabat info dan tips di install ulang. Memang sangat menjengkelkan ketika komputer kita sudah terisi dengan banyak program yang kita butuhkan, kemudian tiba-tiba karena anti virus kita tidak mendeteksi virus kemudian komputer kita terserang virus sehingga jalan terakir untuk mengembalikannya harus dilakukan install ulang.

Kerugian kita ketika melakukan install ulang komputer adalah program aplikasi yang sudah kita pasang sebelumnya akan hilang dan settingan komputer yang telah kita lakukan juga akan menjadi hilang. Sehingga untuk menginstall program aplikasi dan setting komputer harus membutuhkan waktu yang lumayan lama. Dengan melihat kerugian yang ditimbulkan, maka lebih baik mencegah daripada mengobati komputer. Untuk mencegah virus anda bisa lihat pada postingan saya mencegah virus masuk ke komputer.

Install ulang komputer tidak menjamin bahwa virus tidak akan kembali lagi ke komputer anda. Hal ini dikarenakan virus tidak hanya berada di Drive C (drive yang biasanya digunakan untuk install sistim operasi), tetapi sangat besar kemungkinan virus tersebut bersembunyi di drive D, drive E, drive F dan sebagainya. Sehingga ketika kita sudah selesai menginstall ulang komputer kita, virus tersebut dapat dengan cepat masuk ke drive C (drive sistem operasi). Kalau hal itu terjadi, berarti virus yang telah menyerang komputer kita merupakan salah satu virus yang ganas dan menyebalkan.

install komputer aman


Saya memiliki pengalaman yang kurang menyenangkan ketika ingin menghilangkan virus yang sangat mengganggu di komputer, sehingga sampai 2 kali saya install hasilnya tetap sama (virus masih ada di drive sistim operasi). Dari pengalaman tersebut, saya mendapatkan ilmu baru untuk menghilangkan virus tersebut. Setelah dua kali gagal, pada install ulang ke tiga saya baru bisa menghilangkan virus tersebut. Langkah-langkah yang saya lakukan adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan CD atau DVD master Sistim Operasi yang akan digunakan untuk install ulang komputer. Kemudian siapkan juga Flashdisk yang bersih dari virus (Format Flashdisk di komputer yang anda yakini bebas dengan virus) kemudian masukkan master anti virus yang terbaru baik anti virus lokal dan internasional (contoh: Smadav dan Avast Antivirus).
  2. Format drive yang akan di install ulang (biasanya Drive C)
  3. Install sistim operasi yang akan dipasang
  4. Setelah proses install ulang selesai, langsung tancapkan flashdisk yang sudah di isi dengan master anti virus.
  5. Buka windows Explorer (Ctrl+E) kemudian langsung buka drive lokasi flashdisk (jangan buka drive lainnya seperti drive D, drive E, dan drive F).
  6. Install kedua antivirus yang sudah disiapkan, setelah selesai kemudian scan full (seluruh drive).
  7. Setelah virus yang ada di komputer ditemukan bersihkan virus tersebut, kemudian install aplikasi program pendukung yang anda butuhkan.
Itulah langkah-langkah yang saya pakai untuk menginstallasi sistim operasi komputer dengan aman. Semoga bermanfaat bagi sahabat. Kalau ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.



Cara Installasi Komputer Agar Tetap Aman dari Virus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Evy Nurvitasari

0 comments:

Poskan Komentar