Agar Tidak Mengantuk di Pagi Hari


Kalau sahabat adalah seorang yang memiliki aktivitas rutin dipagi hari seperti sekolah, kuliah, ngantor dan aktivitas lainnya, pastinya yang anda butuhkan adalah kondisi fisik yang bugar dan tidak mengantuk. Apalagi kalau sahabat sering lembur malam dan tidur sahabat kurang cukup maka akan terasa sekali rasa kantuk dipagi hari. Supaya lebih mudah dalam menjaga kondisi fisik sahabat tidak mudah mengantuk, maka yang perlu sahabat lakukan adalah :

mengantuk, mengantuk dipagi hari
1.      Tidur Teratur
Setahu saya standar tidur yang sehat adalah 8 jam/Hari. Berarti kalau saya hitung semisal bangun jam 05.00 (Bangun Pagi), berarti kita tidurnya wajib jam 21.00 (Tidur Malam). Tinggal dikalkulasi sendiri ya kalau ingin tidur standar 8jam. Meskipun sudah sering mendengar kalimat itu, saya sampai sekarang masih jarang merasakan tidur 8 jam J.
2.      Makan pagi secukupnya
Sarapan atau sering kita sebut dengan makan pagi adalah kegiatan yang akan membantu kita dalam melakukan aktivitas pagi hari hingga siang hari. Tapi taukah sahabat jika sarapan sahabat terlalu banyak bisa menyebabkan sahabat mengantuk ? ini sangat bisa terjadi karena bila kita mengkonsumsi makanan banyak khususnya karbohidrat dan protein, maka akan menyebabkan sistem pencernaan kita bekerja sangat keras. Akibatnya darah akan mengalir paling banyak kebagian alat pencernaan, sehingga berkurang aliran darah kebagian lainnya seperti otak dan lain-lain. Jadi kalau semisal kebiasaan sahabat makan pagi banyak (sangat kenyang) maka mulai sekarang sahabat bisa memulai dengan makan pagi secukupnya saja.
3.      Olahraga Teratur
Tidak dipungkiri bahwa olahraga adalah bagian dari pola hidup sehat sehingga kegiatan ini harus kita lakukan sehari-hari. Olahraga tidak harus senam atau melakukan olahraga lainnya seperti lari pagi. Tetapi sahabat bisa melakukan olahraga sambil bekerja, semisal kalau dirumah sahabat ada sumur dan biasanya sahabat memakai pompa air listrik untuk mengisi bak air, mulai saat ini sahabat bisa mencoba setiap pagi sahabat memompa sumur sahabat secara manual atau menimba sumur sahabat secara manual. Dengan cara ini sahabat sudah melakukan gerakan-gerakan olahraga. Selain dengan memompa atau menimba air, sahabat bisa menyirami tanaman setiap pagi dengan cara manual dengan menggunakan ember tanpa menggunakan selang. Sahabat bisa lakukan kegiatan lainnya untuk olahraga dipagi hari. Setidaknya yang saya share tersebut adalah kegiatan yang saya lakukan sehari-hari.
4.      Mandi dan Keramas pagi hari
Saya sudah terbiasa setiap mandi pasti kepala saya selalu saya basahi dengan air, hal ini saya lakukan karena saya merasa lebih segar dan lebih fresh dengan membasahi rambut saya dengan air.
5.      Minum Air Putih sebanyak-banyaknya setelah bangun pagi
Tips yang saya bagikan kali ini adalah pengalaman saya yang sudah saya lakukan. Pertama kali dengar tips ini adalah dari guru saya waktu saya masih duduk dibangku SMA pada tahun 2003. Waktu itu saya sempat tidak percaya karena pemikiran pertama kali  saya ketika minum air putih setelah bangun pagi akan menyebabkan perut saya kembung J. Suatu hari iseng-iseng saya praktekkan tips dari guru saya tersebut, dan hasilnya sungguh diluar dugaan saya, ternyata kondisi fisik saya waktu sekolah tidak mudah mengantuk dan konsentrasi dalam belajar bisa terjaga. Sebenarnya pengen setiap hari saya melakukan kegiatan minum air putih sebanyak-banyaknya setelah bangun pagi, tapi kadang lupa sehingga waktu kerja rasanya kurang bersemangat. Oh iya, efek dari minum air sebanyak-banyaknya dipagi hari adalah kita akan sering buar kecil, tapi menurut saya tidak terlalu sering (masih dalam batas kenormalan)

Semisal yang paling terparah adalah tidur anda kurang teratur, tidak ada waktu untuk sarapan dan olahraga, mobilitas kegiatan anda sangat tinggi maka anda perlu menjaga kesehatan anda. Saya juga pernah mengalami hal seperti itu dan untuk menjaga kondisi saya supaya tidak mengantuk adalah dengan cara minum air putih 5 – 8 gelas air putih setiap habis bangun pagi. Minimal dengan melakukan kegiatan minum air putih yang banyak setiap bangun pagi, badan saya terasa lebih segar dan tidak mudah mengantuk dan konsentrasi terjaga. Anda bisa mencoba tips yang sudah saya coba ini. Semoga bermanfaat 

Agar Tidak Mengantuk di Pagi Hari
  1. kalo mengatasi ngantuk di bus gimana ya kaka ' soalnya saya suka naik transportasi umum, biar g macet ibukota buslovers mania gitu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tips yang saya berikan diatas adalah tips supaya tidak mengantuk ketika melakukan aktivitas di pagi hari om... klo di bus, saya sarankan untuk melakukan tips no 1 -3 om... semoga membantu :)

      Hapus
  2. jeki samudra8 Juli 2014 16.59

    Makasih yaa tips2 nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama... Terimakasih atas kunjungannya... :)

      Hapus