EZnet

Kelebihan & Kekurangan Paket Internet Unlimited EZnet Telkomsel

Evy Nurvitasari
0 Komentar
Beranda
EZnet
Kelebihan & Kekurangan Paket Internet Unlimited EZnet Telkomsel
Hadir dengan layanan internet unlimited dengan harga yang ‘terjangkau’ apabila dibandingkan dengan produk internet rumahan Telkomsel sebelumnya (IndiHome), EZnet by Telkomsel tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan. Penting bagi sahabat sebelum memutuskan untuk berlangganan Paket Eznet untuk terlebih dahulu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari paket tersebut.
kelebihan-kekurangan-eznet-telkomsel
Oleh karena hal tersebut, pada kesempatan kali ini akan saya sampaikan berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan dari Paket EZnet Telkomsel.

Kelebihan Paket EZnet

Beberapa keuntungan yang akan sahabat dapatkan ketika mengaktifkan atau berlangganan Paket Internet Unlimited EZnet Telkomsel adalah harganya cukup terjangkau, sahabat bisa akses internet unlimited sepuasnya, dan secara matematis sahabat akan lebih hemat dalam hal pengeluaran uang untuk akses internet.

Harga Terjangkau

Seperti yang sudah saya sampaikan di awal bahwa harga Paket Internet Unlimited Eznet Telkomsel lebih terjangkau apabila dibandingkan dengan paket internet rumah Telkomsel lainnya (IndiHome). Dengan harga mulai Rp 150.000/bulan (belum termasuk PPN), tentu saja menjadikan EZnet sebagai paket internet rumah unlimited Telkomsel dengan harga yang cukup merakyat.

Bukan hanya di kalangan masyarakat perkotaan, bahkan di masyarakat pedesaan untuk harga Rp 165rb/bulan (termasuk PPN) bisa dibilang masih terjangkau. Secara matematis, hanya dengan mengeluarkan biaya sekitar Rp 5.500 per hari, maka pelanggan Paket EZnet by Telkomsel bisa merasakan akses internet unlimited sepuasnya dengan kecepatan 10 Mbps.

Internet Unlimited Sepuasnya

Dengan internet unlimited, maka sahabat tidak perlu khawatir lagi dengan jumlah kuota yang akan terpakai untuk mengakses internet. Sahabat bisa menikmati sepuasnya beragam konten internet menggunakan jaringan EZnet Telkomsel. Akses YouTube, Netflix, Vidio, Instagram, TikTok, Facebook, dan aplikasi lainnya dijamin sangat lancar dengan Paket EZnet.

Perlu sahabat ketahui meski kecepatan internet unlimited yang ditawarkan oleh EZnet saat ini hanya 10Mbps, akan tetapi dengan kecepatan tersebut menurut saya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan internet harian sahabat di rumah. Sebagai perbandingan, dengan Paket Internet Unlimited by.U 2 Mbps saja, saya dulu bisa mengakses internet dengan lancar.

Hemat Biaya

Dengan biaya Rp 165.000 setiap bulannya atau apabila dirata-rata setiap harinya, biaya yang perlu sahabat keluarkan untuk mengakses internet unlimited 10Mbps adalah Rp 5.500. Seandainya akses internet unlimited tersebut sahabat gunakan sendirian atau bersama keluarga, maka tentu saja sahabat sudah sangat hemat dalam hal pengeluaran anggaran untuk belanja kebutuhan internet.

Kekurangan Paket EZnet

Saat ini ada beberapa kekurangan dari Paket Internet Unlimited EZnet yaitu pilihan paket yang terbatas (saat ini hanya ada 1 pilihan), terdapatnya FUP atau pembatasan kecepatan internet setelah pemakaian tertentu, layanan yang belum maksimal, dan adanya diskriminasi harga antar daerah di Indonesia.

Pilihan Paket Terbatas

Saat ini EZnet by Telkomsel hanya menawarkan satu jenis paket yaitu 10Mbps. Tentu saja akan menarik apabila EZnet menawarkan pilihan paket internet unlimited lainnya dengan kecepatan dibawahnya seperti 7Mbps, 5Mbps, dan 3Mbps. Tentu saja harga yang ditawarkan dengan pilihan paket dengan kecepatan yang lebih rendah juga akan lebih murah.

Terdapat FUP

Pembatasan kecepatan setelah pemakaian tertentu atau dikenal dengan istilah FUP (Fair Usage Policy) merupakan aturan yang sangat tidak disukai dalam sebuah paket internet unlimited. Jadi meski unlimited, akan tetapi dengan pengurangan kecepatan internet setelah pemakaian tertentu, tentu saja akan membuat sahabat menjadi kurang nyaman dalam mengakses internet.

Ketersediaan Layanan Belum Maksimal

Meski diinformasikan bahwa wilayah yang bisa dilayani oleh EZnet adalah wilayah di Indonesia yang sudah mengadakan jaringan fixed broadband milik Telkomsel, akan tetapi pada nyatanya saat ini ketika saya cek lokasi ketersediaan layanan EZnet di Merauke (Papua), saya belum menemukan layanan tersebut meski di Merauke sudah banyak yang berlangganan IndiHome.

Harga ‘Diskriminasi’

Telkomsel menawarkan EZnet 10Mbps dengan 3 harga yang berbeda berdasarkan wilayah atau lokasi. Untuk harga di Pulau Jawa & Bali EZnet 10Mbps ditawarkan dengan harga Rp 150.000/bulan. Untuk wilayah Pulau Sumatera ditawarkan harga Rp 170.000/bulan, sedangkan untuk wilayah Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua ditawarkan harga Rp 200.000/bulan.

Sebenarnya guna pemerataan dan percepatan pembangunan secara nasional, Telkomsel sebagai perusahaan “Plat Merah” dituntut untuk tidak hanya mencari keuntungan besar semata, akan tetapi memberikan layanan terbaik dengan harga yang sama kepada seluruh masyarakat Indonesia adalah yang harus diprioritaskan.

Catatan

Ada beberapa hal yang harus sahabat ketahui berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan paket internet unlimited EZnet Telkomsel, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Pilihan dan harga paket EZnet Telkomsel bisa berubah sewaktu-waktu mengikuti kebijakan dari Telkomsel selaku penyedia layanan EZNnet.
  • Harga Rp 150.000, Rp 170.000, dan Rp 200.000 untuk Paket EZnet 10Mbps merupakan harga yang belum final. Itu artinya bahwa adanya tambahan PPN 11% yang akan membuat harga yang sahabat bayarkan menjadi lebih tinggi.
  • Pembatasan kecepatan internet setelah penggunaan kuota tertentu (FUP) pada EZnet Telkomsel tidak diinformasikan secara transparan kepada masyarakat. Telkomsel hanya memberikan petunjuk untuk menghubungi CS Telkomsel melalui 188 untuk informasi lebih lanjut.
  • Saat ini ada kontrak awal apabila sahabat ingin berlangganan EZnet, yaitu sahabat harus mau berlangganan minimal 12 bulan. Apabila melanggar, maka sahabat akan dikenakan denda sebesar Rp 1.000.000. Selengkapnya baca [Di Sini]
  • Saat ini tidak semua daerah bisa berlangganan Paket EZnet, sehingga sahabat perlu menghubungi CS Telkomsel untuk mengetahui apakah daerah sahabat sudah support atau belum untuk dipasang layanan tersebut.
Sebelum memutuskan untuk berlangganan Internet Unlimited EZnet Telkomsel, sebaiknya sahabat menanyakan beberapa poin catatan yang sudah saya sampaikan diatas. Apabila lokasi rumah sahabat memenuhi syarat untuk dipasangi internet unlimited EZnet Telkomsel, dan sahabat cocok dengan paket tersebut, maka tidak ada salahnya apabila berlangganan paket EZnet. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

Tidak ada komentar