Beranda
Smartfren
Mengenal Kuota Sosmed Smartfren
Bagi sahabat pengguna kartu Smartfren yang sering mengakses konten media sosial melalui internet tentunya banyak kuota yang terpakai untuk mengakses konten tersebut. Saran saya, selain memiliki kuota internet utama yang bisa digunakan untuk mengakses semua konten internet, sebaiknya sahabat juga perlu memiliki kuota sosmed.

Pengertian

Kuota Sosmed Smartfren adalah kuota internet khusus yang hanya bisa digunakan untuk mengakses beberapa aplikasi sosial media. Kuota Sosmed Smartfren untuk apa saja? Saat ini aplikasi sosial media yang bisa diakses menggunakan kuota sosmed Smartfren adalah Tinder, Facebook, Instagram, dan X (sebelumnya bernama Twitter).

Bagi sahabat yang belum mengetahui aplikasi Sosmed yang saya sebutkan tadi, berikut adalah penjelasan singkat dari aplikasi yang bisa diakses menggunakan kuota Sosmed Smartfren:
  • Tinder merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya mendapatkan teman baru atau bahkan jodoh.
  • Facebook merupakan jejaring sosial yang memungkinkan penggunanya untuk saling berinteraksi dan membagikan konten kepada teman-temannya.
  • Instagram merupakan jejaring sosial yang memungkinkan penggunanya untuk membagikan foto dan video kepada sesama pengguna aplikasi tersebut.
  • X (Twitter) merupakan jejaring sosial yang digunakan untuk membagikan pesan, gambar, dan video singkat.

Fungsi

Sesuai dengan namanya, Fungsi kuota Sosmed Smartfren adalah untuk mengakses beberapa aplikasi sosial media yang cukup populer di Indonesia yaitu Tinder, Facebook (FB), Instagram (IG), dan X. Jadi apabila ada yang bertanya, Apakah Kuota Sosmed Smartfren bisa digunakan untuk mengakses aplikasi WA (WhatsApp) & Telegram? Maka jawabannya adalah Tidak Bisa.

Untuk bisa mengakses aplikasi WhatsApp, selain menggunakan kuota internet utama, sahabat juga bisa melakukannya menggunakan Kuota Chat Smartfren. Adapun kuota Chat Smartfren bisa sahabat gunakan untuk mengakses aplikasi WhatsApp & LINE. Sedangkan apabila sahabat menginginkan akses aplikasi sosmed & chat, maka sahabat bisa membeli Kuota Sosial Smartfren.

Cara Menggunakan

Tidak ada pengaturan atau cara khusus untuk menggunakan kuota Sosmed Smartfren. Ketika sahabat memiliki kuota Sosmed, otomatis kuota tersebut akan terpakai ketika sahabat mengakses aplikasi Instagram, Tinder, Facebook, dan X. Apabila disaat yang bersamaan sahabat memiliki kuota internet utama dan kuota Sosmed, maka prioritas penggunaannya adalah:
  1. Kuota Sosmed
  2. Kuota Internet utama

Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan Kuota Sosmed Smartfren adalah terletak pada harganya yang lebih terjangkau dibandingkan kuota internet utama yang ditawarkan (dijual) oleh Smartfren. Maksudnya adalah dengan kuota yang sama besarnya, bisa dipastikan bahwa kuota Sosmed Smartfren lebih murah dibandingkan kuota internet utama Smartfren.

Adapun kekurangan Kuota Sosmed Smartfren adalah terletak pada fungsinya yang sangat terbatas. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas bahwa kuota Sosmed Smartfren hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi sosial media seperti Facebook, Instagram, Tinder, dan X. Kalau sahabat sangat sering membuka aplikasi tersebut, sepertinya kuota ini cukup bisa diandalkan.

Catatan

Agar sahabat bisa menikmati akses internet dengan lancar, maka memiliki kuota internet utama adalah sesuatu hal yang mutlak. Jadi meskipun sahabat sudah mengaktifkan Paket Sosmed Smartfren, maka tetap saya sarankan agar sahabat juga memiliki kuota internet utama. Tujuannya adalah agar semua konten dan aplikasi tetap bisa diakses. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

Tidak ada komentar