Beranda
Catatan Saya
Rumah
Review Wireless Portable Air Pump CZCQ-101
Sebelum saya memberikan ulasan tentang Wireless Portable Air Pump CZCQ-101, perlu sahabat ketahui bahwa nama lain dari produk tersebut adalah pompa angin elektrik portable. Sesuai dengan label namanya (elektrik), maka pompa angin tersebut bisa sahabat gunakan dengan mengandalkan tenaga listrik yang bersumber dari baterai yang tertanam pada pompa angin tersebut.

Selain menggunakan baterai 6000mAh yang terpasang di Wireless Portable Air Pump CZCQ-101, alat tersebut juga bisa sahabat gunakan dengan mengambil tenaga listrik langsung dari listrik yang bersumber dari kendaraan yang sahabat miliki. Hal tersebut bisa sahabat lakukan dengan menggunakan vehicle power line atau kabel colokan mobil yang sudah ada dalam paket pembelian.

Setelah pemakaian lebih dari 4 bulan, saya rasa sudah saatnya bagi saya untuk memberikan review tentang pompa angin elektrik / Wireless Portable Air Pump CZCQ-101. Adapun review yang akan saya bagikan untuk produk tersebut berkaitan dengan isi paket, Spesifikasi, fungsi, kualitas, kemudahan penggunaan, dan harga.

[1] Isi Paket

Di dalam pembelian paket Wireless Portable Air Pump CZCQ-101 terdapat beberapa komponen yang disertakan dalam paket penjualan yaitu (1) pompa angin portabel, (2) selang udara, (3) kabel colokan mobil, (4) wadah sarung kecil, (5) kabel USB type C, (6) buku manual, dan (7) empat buah colokan yang bisa digunakan untuk memompa ban mobil, sepeda motor, sepeda, bola, dan lain sebagainya.
Apabila dilihat dari isinya, dalam paket pembelian pompa angin portabel CZCQ-101 bisa dikatakan cukup komplit. Meski demikian ada satu komponen yang menurut saya akan lebih baik apabila disertakan dalam paket penjualan yaitu kepala charger USB. Tanpa komponen tersebut, maka sahabat tidak bisa isi daya pompa angin portabel tersebut melalui colokan listrik di rumah.

[2] Spesifikasi

Ketika saya membeli produk ini, yang saya perhatikan adalah review singkat melalui komentar dari pembeli sebelumnya dan kapasitas baterainya. Jujur saja, salah satu alasan yang membuat saya memutuskan untuk membeli pompa angin elektrik CZCQ-101 adalah karena kapasitas baterainya yang cukup besar yaitu 6000mAh.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah spesifikasi lengkap dari pompa angin elektrik portabel CZCQ-101 (Multifunctional Intelligent Digital Display Electric Inflator):

Input Voltage: 12V

Max inflating pressure: 150PSI

Working Voltage: 11.1V

Measurement accuracy: +- 1.5PSI

Max Power: 60W

Pressure unit: PSI, BAR, KPA, KG/CM2

Max current: <6A

Air Hose long: 100MM +- 10MM

Output Volume: 20L/min

Working Temperature: -20 – 60 (Celcius)

Battery capacity: 2000mAh x 3

Product Size: 170*69*50mm

LED Total Lumen: 20LM

Weight: 598g


[3] Fungsi

Setelah saya membeli pompa angin portabel CZCQ-101, alat tersebut sudah saya gunakan untuk memompa ban sepeda motor, sepeda gunung, bola, dan balon. Hasilnya memuaskan karena pompa angin elektrik tersebut bisa berfungsi dengan baik untuk memompa barang-barang tersebut. Untuk ban mobil, saya belum pernah mencobanya karena saya pribadi belum memiliki mobil.

[4] Kualitas

Selama 4 bulan pemakaian belum ada tanda-tanda penurunan kualitas dari pompa angin portabel CZCQ-101. Semua komponen yang tersedia dalam paket penjualan masih berfungsi dengan baik dan tidak ada yang rusak. Khusus untuk baterai dengan kapasitas 6000mAH bisa saya katakan kualitasnya sangat bagus. Untuk sekali cas bisa digunakan hingga puluhan kali untuk memompa ban kendaraan.

[5] Kemudahan Penggunaan

Meski buku manualnya berbahasa inggris dan mandarin, akan tetapi untuk menggunakan Wireless Portable Air Pump CZCQ-101 tidaklah sulit. Tanpa buku petunjuk, saya dengan mudah bisa merangkai Pompa Angin – Selang Udara – dan Colokan untuk terhubung ke komponen yang akan dipompa seperti ban angin, bola, dan lainnya.

Untuk mengisi daya listrik pompa angin portabel CZCQ-101 juga tidak terlalu sulit. Meski dalam paket pembelian tidak disertakan kepala charger dan hanya disertakan kabel USB type C, akan tetapi sahabat bisa menggunakan kepala charger yang biasa sahabat gunakan untuk mengisi daya di perangkat HP atau smartphone yang sahabat gunakan.

Selanjutnya untuk pengoperasian pompa angin portabel CZCQ-101 juga tidak terlalu rumit. Hanya ada 5 tombol yaitu:
  • Tombol Power yang digunakan untuk menghidupkan pompa angin elektrik.
  • Tombol SOS untuk menghidupkan dan merubah mode LED untuk pencahayaan, lampu SOS, dan lampu flash.
  • Tombol Cycle untuk mengubah mode penggunaan (ban mobil, motor, sepeda, dan bola) serta untuk merubah satuan tekanan (PSI, BAR, KPA, dan KG/CM2).
  • Tombol Plus (+) dan Minus (-) untuk menambah dan mengurangi tekanan udara yang ditentukan.

[6] Harga

Kalau dilihat dari harga sebenarnya apabila melihat fungsi dan kepraktisannya menurut saya pompa angin portabel CZCQ-101 bisa dikatakan cukup murah. Sekitar bulan Juni 2022 saya membeli produk tersebut dengan harga Rp 342.000 (termasuk potongan diskon dan ongkos kirim). Untuk saat ini (Oktober 2022) saya cek harganya sekitar 280rb. Harga tersebut tentunya bisa berubah-ubah ya…

Kesimpulan

Dilihat dari segi isi paket, spesifikasi, dan fungsi, menurut saya Wireless Portable Angin Pump CZCQ-101 sudah mencukupi kebutuhan standar dalam hal pengisian tekanan angin ban dan sebagainya. Dari segi kualitas dan kemudahan penggunaan, menurut saya produk ini cukup berkualitas dan mudah digunakan.

Apabila dilihat dari segi harga, maka bisa saya katakan bahwa harga dari pompa angin elektrik portabel CZCQ-101 harganya cukup terjangkau. Pertimbangan saya mengatakan demikian adalah karena apabila dilihat dari kualitas, kemudahan penggunaan, dan fungsi dari peralatan tersebut berdasarkan pengalaman saya hasilnya cukup baik. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

Tidak ada komentar