Akhirnya Laptop Saya Berhasil Upgrade ke Windows 11

Setelah awal bulan lalu (Oktober 2021) laptop saya mendapatkan notifikasi berupa informasi bahwa Laptop saya Lenovo Ideapad C340 memenuhi persyaratan minimum untuk Windows 11, akhirnya bulan ini (November 2021), saya kembali mendapatkan berita yang lebih bagus yang berisi “Upgrade to Windows 11 is ready – and it’s free”.

Maksud dari informasi tersebut adalah bahwa Laptop Lenovo Ideapad C340 saya sudah bisa di-upgrade ke Windows 11 (gratis tanpa biaya). Sebelumnya OS (Operating System) bawaan pada laptop saya adalah Windows 10 Home Edition. Tentu saja setelah upgrade Windows 11 tersedia, maka saya langsung mencoba untuk download dan install OS tersebut.

Bagi sahabat yang belum melakukan upgrade Windows 11, kemudian sahabat berencana untuk melakukan upgrade OS secara langsung, maka yang perlu sahabat perlukan adalah koneksi internet yang kencang dan stabil. Meskipun tidak tertera besarnya file yang akan didownload untuk keperluan upgrade, akan tetapi bisa saya katakan bahwa ukuran filenya cukup besar.

Kalau berdasarkan perkirakan saya, besarnya ukuran file untuk upgrade Windows 11 adalah sekitar 3GB sampai dengan 4GB (Gigabyte). Hal tersebut saya ketahui setelah kuota internet Telkomsel yang saya miliki berkurang sekitar angka tersebut. Jadi agar prosesnya berjalan lancar, maka saya sarankan sahabat memiliki kuota internet minimal 5GB untuk proses upgrade Windows 10 ke Windows 11.

Seingat saya proses download hingga install Windows 11 di laptop saya membutuhkan total waktu sekitar 2 jam. Terlihat cukup lama ya? Meski demikian sahabat tidak perlu khawatir, karena setelah sahabat memulai proses upgrade dengan menekan tombol [Download and Install], sahabat bisa tinggalkan laptop atau komputer tersebut karena prosesnya akan berjalan sendiri dan selesai sendiri.

Kalau menurut saya pribadi tampilan Windows 11 tidak begitu banyak berubah apabila dibandingkan dengan Windows 10. Memang sih ada beberapa perbedaan mengenai tata letak, symbol, dan tampilan, akan tetapi apabila sahabat sudah terbiasa menggunakan Windows 10, maka sahabat juga tidak akan terlalu mengalami kesulitan untuk menggunakan Windows 11.

Yang cukup menarik dari Windows 11 adalah interface dari OS tersebut bisa digunakan dengan mudah ketika perangkat berada dalam posisi mode Desktop dan juga ketika perangkat diposisikan seperti Tablet. Tampilannya tidak berubah dan saya sendiri sangat nyaman ketika memposisikan laptop saya pada kedua mode tersebut.

Jadi menurut saya tampilan dari Windows 11 memang dirancang agar bisa digunakan dengan mudah pada perangkat desktop dan tablet. Hal tersebut tentunya sangat berbeda dengan Windows 10, dimana dalam OS tersebut terdapat dua mode yaitu desktop dan tablet yang bisa sahabat pilih sesuai dengan kebutuhan sahabat. Semoga membantu dan bermanfaat.

Akhirnya Laptop Saya Berhasil Upgrade ke Windows 11