Hoax! Kabel Telkomsel Digigit Hiu

Beberapa hari terakhir ini, pelanggan Telkomsel dan IndiHome banyak yang mengeluh mengenai lemotnya jaringan internet. Saya sebagai salah satu pelanggan Telkomsel yang berada di Merauke (Papua) juga merasakan hal serupa (jaringan internet Telkomsel jelek). Meski saat ini kondisinya sudah berangsur membaik, akan tetapi kondisinya belum maksimal seperti sebelumnya.

Apakah yang menyebabkan sinyal Telkomsel jelek? Beredar luas bahwa penyebab sinyal Telkomsel saat ini jelek adalah karena didigit ikan Hiu. Setelah saya telusuri, ternyata kabar tersebut merupakan kabar Hoax. Telkom yang merupakan induk dari Telkomsel dan IndiHome mengakui bahwa memang ada gangguan yang menyebabkan jaringan internet sempat down.
Meski demikian, kabel bawah laut digigit hiu bukan merupakan penyebabnya. Beredar juga bahwa akan ada pemutusan jaringan internet Telkomsel dan IndiHome pada tanggal 24 September hingga tanggal 30 September dalam rangka perbaikan jaringan internet yang putus di bawah laut, akan tetapi kabar tersebut juga Hoax dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Jadi apabila sahabat mendengar kabar bahwa kabel Telkomsel (bawah laut) dimakan Hiu dan informasi yang menyebutkan bahwa jaringan Telkomsel akan mati pada tanggal 24 September yang diakibatkan karena perbaikan kabel bawah laut adalah kabar palsu atau Hoax. Tentu saja kabar yang tidak benar tersebut tidak harus sahabat percayai.

Sampai kapan jaringan Telkomsel kembali normal? Saya sendiri merasakan bahwa dari hari kehari sejak tiga hari yang lalu (jaringan Telkomsel gangguan), kondisi jaringan Telkomsel memang sudah lebih baik meski belum maksimal. Telkom sendiri menjanjikan bahwa perbaikan akan terus dilakukan secepatnya hingga jaringan internet Telkomsel dan IndiHome kembali normal.

Internet di era sekarang memiliki peranan yang sangat penting dalam berbagai hal. Saya sendiri yang saat ini melakukan pembelajaran (kuliah) secara online juga sangat terbantu dengan adanya teknologi tersebut, sehingga apabila ada pemadaman atau pemutusan jaringan internet (meski hanya satu minggu) akan sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran.

Mengingat pentingnya jaringan internet dalam kehidupan sehari-hari, tentunya sangat disayangkan apabila ada beberapa oknum yang membuat dan menyebarkan secara luas berita Hoax mengenai adanya pemadaman jaringan internet Telkomsel dan IndiHome selama hampir satu minggu. Hal tersebut tentu saja sangat meresahkan masyarakat. Semoga membantu dan bermanfaat.

Hoax! Kabel Telkomsel Digigit Hiu