Pengalaman Membuka Rekening BRI Secara Online

Sebenarnya saya sudah memiliki Rekening BRI (Bank Rakyat Indonesia) yang saya buat sekitar 6 tahun yang lalu di tempat kelahiran saya yaitu Klaten (Jawa Tengah). Karena rekening tersebut sudah saya gunakan untuk transaksi umum termasuk jual beli, selanjutnya saya berniat untuk membuat rekening BRI baru untuk keperluan saya lainnya.
Alhamdulillah, saya adalah salah satu pendaftar yang mendapatkan kepercayaan dari Kemdikbudristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi) untuk memperoleh Beasiswa Pendidikan Indonesia dalam rangka melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Salah satu persyaratan yang harus dikumpulkan adalah kepemilikan rekening BRI atas nama saya.

Karena saya tidak ingin mencampurkan transaksi antara transaksi saya sehari-hari dengan uang beasiswa yang saya peroleh, maka saya putuskan untuk membuat rekening baru. Oh iya, jenis rekening BRI saya sebelumnya adalah Simpedes (Simpanan Pedesaan), sedangkan rekening baru yang saya buat adalah BRITAMA.

Karena sekarang eranya sudah digital, maka saya memutuskan untuk membuat rekening BRI secara online dari rumah. Sebelum memulainya, maka ada beberapa syarat yang harus saya siapkan. Berikut adalah syarat-syarat yang harus dipersiapkan untuk membuat rekening BRI secara online menggunakan HP:
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) bersifat opsional (bagi yang punya).
  • E-Mail aktif.

Apabila persyaratan tersebut sudah dipersiapkan, selanjutnya untuk membuat rekening BRI secara online, berikut adalah langkah singkatnya:
  • Buka alamat https://bukarekening.bri.co.id/ kemudian pilih tombol [Buka Rekening].
  • Selanjutnya pilih rekening yang akan dibuat (Simpedes atau BRITAMA).
  • Pilih kantor BRI untuk pengelolaan rekening. Sebaiknya pilih kantor yang paling dekat dengan tempat tinggal.
  • Langkah selanjutnya adalah isi data diri, membuat video pernyataan membuat rekening BRI, dan upload KTP dan NPWP (tidak wajib).
  • Setelah selesai, akan muncul halaman yang berisi jumlah setoran awal. Untuk pembayarannya ada beberapa pilihan seperti transfer bank dan juga melalui dompet digital.
  • Apabila sudah dibayar setoran awalnya, maka akan ada informasi di e-mail yang memberitahukan bahwa rekening sudah aktif.
  • Ketika saya buka Aplikasi BRImo, ternyata rekening BRI saya yang baru saya buat sudah masuk di akun BRImo.

Yang membuat saya kurang terkesan dengan pembuatan rekening BRI secara online adalah setelah selesai pembuatan, kemudian saya mendapatkan e-mail yang berisi informasi agar saya bisa bertransaksi finansial secara digital, saya disuruh untuk mengaktifkan rekening tersebut di kantor BRI yang di awal registrasi sudah saya pilih.

Karena saya juga membutuhkan buku rekening sebagai persyaratan registrasi beasiswa, akhirnya saya mendatangi cabang BRI tersebut. Setelah mengantre beberapa saat, saya akhirnya bertemu dengan CS BRI dan mengutarakan maksud kedatangan saya yaitu cetak buku tabungan, selanjutnya saya dibuatkan buku tabungan dan kartu ATM. Semoga membantu dan bermanfaat.

Pengalaman Membuka Rekening BRI Secara Online