Beranda
Catatan Saya
Komputer
Teknologi
Setelah 6 Tahun, Selamat Datang Windows 11!
Sejak Windows 10 dikenalkan pertama kali pada tanggal 29 Juli 2015, akhirnya di tahun ini atau tepatnya pada tanggal 24 Juni 2021, Microsoft kembali mengeluarkan OS (Operating System) terbarunya yang diberi nama dengan Windows 11. Seperti tradisi-tradisi sebelumnya bahwa setiap ada pembaruan OS pasti ada perubahan atau penambahan fitur baru dari OS sebelumnya.

Ada beberapa pembaharuan dari OS sebelumnya (Windows 10) dan fitur baru yang dihadirkan di Windows 11 ini. Salah satu hal yang menarik perhatian saya adalah pada Windows 11, sahabat bisa menjalankan aplikasi Android tanpa menggunakan emulator. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa pembaharuan dan penambahan fitur di OS Windows 11:

Tombol Start Windows

Kalau sebelumnya posisi menu Start pada Windows 10 berada di pojok kiri bawah, pada Windows 11 posisinya berubah menjadi di tengah. Kalau menurut saya, perubahan tersebut menyesuaikan kebutuhan pengguna komputer yang saat ini menjalankan komputer bukan hanya menggunakan model Landscape, akan tetapi juga menggunakan model Portrait.
Seperti yang sudah sahabat ketahui bahwa beberapa akhir tahun ini sudah banyak perangkat laptop yang bisa juga digunakan dalam model Tablet. Itu artinya bahwa dengan peletakan tombol Home berada di posisi tengah sangat mendukung fleksibilitas penggunaan OS Windows 11 pada model tablet yang sepertinya akan menjadi tren pada perangkat baru kedepannya.

Snap Layout

Sahabat memiliki beberapa alternative pilihan pengaturan layout di layar windows 11. Hal tersebut tentunya tidak akan sahabat temukan pada windows versi sebelumnya. Dengan adanya fitur tersebut, maka sahabat bisa menampilkan beberapa jendela dengan berbagai ukuran dalam layar di perangkat komputer yang sahabat gunakan.
Lagi-lagi saya menghubungkan fitur snap layout tersebut dengan optimalisasi penggunaan beberapa aplikasi sekaligus untuk menunjang produktifitas penggunanya. Sebagai contoh, ketika sahabat sedang mengetik menggunakan Microsoft Word, sahabat bisa tetap sambil melihat percakapan dengan meggunakan aplikasi WhatsApp (WA) atau aplikasi lainnya.

Bisa Install Aplikasi Android

Seperti rumor-rumor sebelumnya bahwa OS Windows kedepannya dikabarkan akan bisa diinstal aplikasi Android. Terjawab sudah rumor tersebut bahwa pada OS Windows 11, sahabat sudah bisa menginstal aplikasi Android diperangkat dengan OS tersebut. Tentunya hal tersebut adalah salah satu hal yang cukup menguntungkan bagi para penggunanya.

Selain fitur unggulan yang sudah saya sebutkan di atas, ada beberapa fitur unggulan lainnya yang bisa sahabat temukan pada OS Windows 11. Beberapa fitur tersebut adalah tampilan yang lebih segar, Vertical Tab di Microsoft Edge, konsep baru pada Windows Store, dan lebih ramah untuk Tablet. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

2 komentar

  1. Z
    Z
    24 Juli, 2022
    Windows pada inti nya sebenarnya sama saja ya kak dari windows XP. Yang sering kita pakai kan my computer. My document. Control panel.

    Di windows 10 ke tambah an fitur kayak fitur window phone yang menurut saya jarang di pakai jatuhnya mubazir.
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      25 Juli, 2022
      Mungkin lebih mengarah ke penyegaran tampilan Kak. Akan tetapi di Windows 10 kan user interface-nya bisa disetting menggunakan dua mode yaitu touchscreen dan non touchscreen. Kalau Windows XP atau Windows 7 menurut saya belum terlalu optimal untuk penggunaan layar sentuh Kak 🙂