Beranda
Telkomsel
Mengenal Kuota Nonton Telkomsel
Bagi sahabat pengguna kartu Telkomsel Prabayar yang mendapatkan Kuota Nonton atau Kuota Nonton Lokal, Apakah sahabat sudah mengetahui mengenai kuota tersebut? Pengertian Kuota Nonton Telkomsel adalah kuota internet khusus yang bisa digunakan untuk mengakses beberapa aplikasi Chat, Medsos, Musik, Game, dan hiburan streaming.
kengenal-kuota-nonton-telkomsel

Fungsi

Kuota Nonton Telkomsel berfungsi untuk mengakses aplikasi WhatsApp (WA), LINE, TikTok, MusicMAX, GamesMAX, Facebook (FB), Instagram (IG), YouTube, MAXstream, Disney+ Hotstar, Viu, Lionsgate Play, Amazon Prime Video, dan Vidio. Jadi saya yakin bahwa kuota nonton akan habis terpakai mengingat aplikasi tersebut adalah aplikasi yang sering digunakan sehari-hari.

Sebagai informasi bahwa aplikasi yang tergabung dalam MusicMAX adalah aplikasi LangitMusik, Spotify, JOOX, WeSing, Resso, dan Smule. Sedangkan aplikasi yang tergabung dalam GamesMAX adalah Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, Black Desert Mobile, Marvel Super War, Life After, Rise of Nowlin, Arena of Valor, LINE Let’s Get Rich, dan Shellfire.

Jenis

Ada dua jenis Kuota Nonton Telkomsel yaitu umum dan lokal. Kuota Nontol Lokal Telkomsel adalah kuota nonton yang memiliki fungsi yang sama dengan kuota lokal (umum), akan tetapi kuota tersebut hanya bisa digunakan di area atau tempat paket tersebut diaktifkan. Jadi, kelemahan dari kuota nonton lokal adalah tidak bisa digunakan apabila sahabat berpindah-pindah tempat.

Oleh karena hal tersebut, maka sangat disarankan apabila sahabat ingin mengaktifkan paket yang didalamnya terdapat Kuota Nonton Lokal, maka usahakan bahwa sahabat mengaktifkannya sendiri di daerah sahabat tinggal. Kalau saran saya adalah hindari membeli paket secara inject karena dikawatirkan kuota lokalnya nanti tidak bisa digunakan.

Cara Menggunakan

Untuk menggunakan kuota nonton Telkomsel caranya sangat mudah dan sederhana. Jadi ketika sahabat memiliki kuota nonton dan juga kuota internet utama secara bersamaan, maka ketika sahabat mengakses internet menggunakan aplikasi WhatsApp, YouTube, Facebook, dan aplikasi lainnya yang tergabung dalam kuota nonton, maka otomatis kuota nonton sahabat akan berkurang.

Bagaimana cara menggunakan kuota nonton lokal Telkomsel? Caranya hampir sama dengan ketika sahabat menggunakan kuota nonton (umum), yang membedakan adalah kalau kuota nonton (biasa) bisa sahabat gunakan di seluruh wilayah Indonesia, sedangkan untuk kuota nonton lokal Telkomsel hanya bisa digunakan di daerah atau wilayah tempat mengaktifkan paketnya saja.

Cara Cek Kuota

Cara paling mudah dan sederhana untuk mengetahui sisa kuota nonton Telkomsel adalah dengan cara mengakses kode dial UMB *888#. Sahabat juga bisa mengecek kuota nonton yang sahabat miliki dengan menggunakan aplikasi MyTelkomsel. Aplikasi tersebut bisa sahabat dapatkan secara gratis melalui Google Play Store (Pengguna Android) dan App Store (Pengguna iOS).

Catatan

Kuota nonton bisa digunakan kapan saja full 24 Jam tanpa pembagian waktu penggunaannya. Selain itu, kuota tersebut juga bisa digunakan di seluruh jaringan Telkomsel seperti 2G, 3G, 4G, dan 5G. Kuota nonton bisa sahabat gunakan diseluruh Indonesia, kecuali kuota nonton lokal yang hanya bisa digunakan di daerah tempat atau lokasi mengaktifkan paket. Semoga membantu dan bermanfaat.

Salah satu hal yang harus sahabat cermati dan pahami adalah tidak selamanya kuota nonton Telkomsel fungsinya akan selalu sama. Tentu saja seiring berjalannya waktu, akan ada kebijakan dari Telkomsel selaku provider berkaitan dengan perubahan fungsi dari kuota tersebut. Oleh karena hal tersebut, saya akan berusaha memperbarui informasi mengenai kuota nonton Telkomsel.

[1] Update Januari 2024

Ada perubahan berkaitan dengan aplikasi yang bisa diakses menggunakan Kuota Nonton Telkomsel. Sedikit berbeda dengan fungsi sebelumnya, saat ini Kuota Nonton Telkomsel tidak bisa digunakan untuk mengakses aplikasi MAXstream dan Disney+ HotStar. Sebagai gantinya, sekarang Kuota Nonton bisa sahabat gunakan untuk mengakses aplikasi Netflix dan Zoom.

Selain itu terdapat juga perubahan fungsi berkaitan dengan aplikasi yang tergabung dalam MusicMax, dimana saat ini Aplikasi Resso sudah tidak tergabung dalam keluarga MusicMax, sehingga aplikasi Resso tidak bisa dibuka menggunakan Kuota Nonton. Sebagai gantinya ada tambahan aplikasi yang masuk dalam keluarga MusicMax yaitu Deezer, SoundCloud, dan Starmaker.

Begitu juga dengan aplikasi yang tergabung dalam keluarga GamesMax Telkomsel ikut mengalami perubahan. Saat ini aplikasi yang tergabung dalam GamesMax adalah Mobile Legends (Bang Bang), Garena Free Fire, Arena of Valor, ShellFire, dan ada tambahan game baru yang tergabung dalam keluarga tersebut yaitu Ragnarok X (Next Generation).

Hal yang menarik dan sekaligus membuat saya ikut bingung sebagai pelanggan Telkomsel dan penulis konten blog ini adalah saat ini fungsi dari Kuota Nonton Telkomsel bisa berbeda-beda tergantung dari paket yang sahabat beli. Berdasarkan pengamatan saya, saat ini ada perbedaan fungsi kuota nonton yang terdapat dari beberapa paket yang ditawarkan oleh Telkomsel. Berikut adalah contohnya:

Fungsi Kuota Nonton Paket Internet Sakti

Dalam Paket Internet Sakti disebutkan bahwa fungsi kuota nonton yang terdapat dalam paket tersebut berfungsi untuk mengakses aplikasi berikut ini:
  • Aplikasi Chat (LINE & WhatsApp)
  • Aplikasi Social Media (Facebook, Instagram, YouTube, YouTube, dan TikTok)
  • Aplikasi Video Streaming (VIU, Netflix, Lionsgate Play, Prime Video, Vidio, dan Zoom)
  • Aplikasi MusicMax (Spotify, JOOX, Smule, Deezer, WeSing, Langit Musik, Soundcloud, dan Starmaker)
  • Aplikasi GamesMAx (Mobile Legends (Bang Bang), Garena Free Fire, Arena of Valor, ShellFire, dan Ragnarok X (Next Generation)

Fungsi Kuota Nonton Paket GIGAMAX

Dalam setiap pembelian paket yang tergabung dalam keluarga Paket GIGAMAX (FIT, BASIC, LITE, dan PRO) terdapat Kuota Nonton yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi YouTube, MAXstream, TikTok, Disney+ HotStar, Prime Video, CATCHPLAY+, Lionsgate Play, Netflix, Genflix, HBO GO, Sushiroll, Snack Video, TrueID, IndiHome TV, Vidio, Vision+, VIU, dan WeTV.

Penulis blog

16 komentar

  1. Salatiga
    Salatiga
    03 April, 2023
    Kak, kalo telegram bisa juga kah? Soalnya di atas tidak d sebutkan jenis medsos telegram untuk kuota nonton
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      03 April, 2023
      Telegram tidak bisa karena tidak termasuk aplikasi yg bisa diakses dengan kuota nonton Kak.
  2. Azza Yhasan
    Azza Yhasan
    28 Oktober, 2021
    ada kuota disney+hotstar tapi saya nontonnya di pc. sebelum daftar gak bisa nonton tampilannya pasti langganan dulu gitu. pas udah ada paket saya coba pakek ternyata bisa nonton di pc. tapi kok sepertinya pulsa saya juga terpotong setiap hari setelah nonton ya? mohon penjelasannya. terima kasih.
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      28 Oktober, 2021
      Kalau kuota Disney+ Hotstar saya belum pernah menemukan Kak. Kalau yang saya ketahui langganan Disney+ Hotstar.

      Kalau pulsa reguler terpotong karena dipakai internetan, berarti permasalahannya adalah Kakak tidak memiliki kuota internet utama.
    2. Anonym
      Anonym
      13 Mei, 2023
      Sama, kuota nonton masih 2 GB buat liat facebook saja kuota utama yg kepotong...
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      22 Mei, 2023
      Apakah kuota nonton yang Kakak milikii kuota .nonton lokal? kalau bukan, Hubungi CS Telkomsel Kak untuk menyelesaikan permasalahnnya.
  3. Unknown
    Unknown
    06 September, 2021
    Maaf kak saya mau tanya, saya beli paket unlimited max yang 35gb dapet kuota nonton 10gb, udah saya pake buat nonton di apk Maxtream, viu dll tapi kuota nonton nya tidak berkurang malah kuota utama nya yang kepotong, padahal ngaktifinnya di rumah beli kartu nya juga disini gak pindah², itu gimana ya kak? Mohon penjelasannya 🙏
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      06 September, 2021
      Boleh tanya Kak... Kuota Nonton Lokal bukan Kak? Kemudian kartu yang dibeli tertera didistribusikan di daerah mana Kak? Biasanya yang jadi masalah adalah kalau kuota Lokal Kak. Syarat dan ketentuan yang berlaku cukup ruwet 😊
  4. Unknown
    Unknown
    02 Agustus, 2021
    Kebetulan saya pedagang pulsa.. msh penasaran dgn kuota lokal Telkomsel.. test gunakan YouTube,FB namun msh kuota utama yg terpotong.. saya sendiri yg isi paket nya melalui aplikasi linkaja.. trims,mohon pencerahan nya suhu
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      03 Agustus, 2021
      Kalau berdasarkan pengalaman saya menggunakan kuota nonton (bukan lokal), kuota tersebut terpakai ketika akses YouTube, WA, FB, dan aplikasi lainnya yang sudah saya sampaikan dalam tulisan di atas Kak. Kalau kuota nonton Lokal, harusnya memiliki fungsi yang sama Kak. Yang perlu dicermati adalah syarat dan ketentuan yang berlaku dalam paket tersebut Kak. Bisa jadi permasalahannya pada prioritas penggunaan kuota ataupun juga bisa pada kartu perdana yang dibeli Kak.
  5. Unknown
    Unknown
    18 Juli, 2021
    Jadi kuota nonton lokal saya bisa untuk wa kak ?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      19 Juli, 2021
      Bisa Kak... Selain WA masih banyak lagi (seperti yang saya sebutkan di atas) Kak 😊
    2. Unknown
      Unknown
      31 Juli, 2021
      saya beli paket unlimited max yg harga 125rb dpat Kouta nonton 15gb tapi kok yg kepotong Kouta utamanya yg 50gb ya pdhal sy mengaktifkanya di rumah dan beli perdana nya di Deket rumah sy ngak pindah2 gimana itu kak? Apakah Telkomsel tipu2 ini? Atau gimana?
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      31 Juli, 2021
      Pembuatan kartu perdananya dibuat di area mana Kak? Apakah di daerah Kakak juga? Bisa digunakan asal memang sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku Kak.
    4. SAHYANTO
      SAHYANTO
      24 Desember, 2021
      Sama sepemikiran saya. Paket kuota nonton numpuk tidak berkurang sama sekali ��
    5. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      25 Desember, 2021
      Selama ini kuota nonton saya selalu habis Kak. Kak Sahyanto belinya paket apa?