Fungsi & Cara Menggunakan SMS Pro Telkomsel

SMS Pro adalah menu yang disediakan oleh telkomsel yang memiliki fungsi untuk memaksimalkan fitur SMS. Dengan menggunakan SMS Pro, maka sahabat pengguna telkomsel bisa mendapatkan banyak fitur dari SMS seperti membalas otomatis, menyalin (copy SMS), mengalihkan SMS, dan lain sebagainya. Untuk menggunakan berbagai layanan dari SMS Pro, maka sahabat bisa mengakses kode dial UMB *500*2#

Fungsi SMS Pro Telkomsel

  • Auto reply SMS yang masuk – Fitur yang memungkinkan pesan SMS yang masuk ke nomor sahabat akan otomatis dibalas dengan jawaban yang sudah sahabat sediakan sebelumnya.
  • Auto Divert SMS ke nomor lain – Fitur ini berfungsi untuk langsung mengalihkan (forwarding) SMS yang diterima ke nomor lain. Jadi pesan langsung diteruskan kenomor lain, tanpa masuk ke nomor penerima SMS.
  • Auto Copy SMS yang diterima ke nomor lain – Hampir sama dengan fitur sebelumnya yaitu mengalihkan SMS ke nomor lain, yang membedakan adalah pesan SMS yang diterima tidak langsung dialihkan, melainkan di copy terlebih dahulu di nomor penerima, sebelum dialihkan ke nomor lain.
  • Blacklist SMS – Dengan fitur ini, sahabat bisa memblokir nomor agar tidak bisa mengirim pesan SMS ke nomor sahabat.
  • Whitelist SMS – kebalikan dari fitur sebelumnya, bahwa dengan fitur ini maka memungkinkan sahabat untuk hanya menerima SMS dari nomor-nomor yang sudah sahabat tentukan.

Kelebihan & Kekurangan SMS Pro Telkomsel

Kelebihan dari layanan SMS Pro telkomsel adalah bahwa untuk menggunakan layanan ini, sahabat tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Semua HP bisa digunakan (tidak harus smartphone), yang penting terdapat layanan untuk melakukan terima dan kirim SMS. Jadi HP jadul pun bisa digunakan untuk memanfaatkan layanan ini.

Kekurangan dari SMS Pro ini adalah bahwa untuk memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan, maka sahabat harus mengeluarkan biaya alias tidak gratis. Berdasarkan informasi dari website resmi telkomsel, tidak dijelaskan secara spesifik biaya yang harus dikeluarkan pelanggannya untuk menggunakan fasilitas ini.

Cara Menggunakan SMS Pro Telkomsel

Seperti yang sudah saya singgung sedikit di atas bahwa untuk menggunakan layanan SMS Pro telkomsel, yang perlu sahabat lakukan adalah dengan mengakses kode dial UMB *500*22# melalui nomor telkomsel (Kartu Halo, Simpati, As, atau Loop) yang sahabat miliki. Selanjutnya, sahabat tinggal pilih menu-menu di bawah ini.
  • Pilih nomor [1] apabila sahabat ingin menggunakan layanan Auto Reply
  • Pilih nomor [2] apabila sahabat ingin menggunakan layanan Auto Copy
  • Pilih nomor [3] apabila sahabat ingin menggunakan layanan Divert
  • Pilih nomor [4] apabila sahabat ingin menggunakan layanan Blacklist
  • Pilih nomor [5] apabila sahabat ingin menggunakan layanan Whitelist
  • Pilih nomor [6] apabila sahabat ingin melihat info layanan
Setelah memilihnya, sahabat tinggal mengikuti instruksi yang sudah ada.

Fitur yang terdapat pada SMS Pro bisa sahabat gunakan secara bersamaan, kecuali fitur yang bertolak belakang fungsinya, yaitu SMS Copy dengan SMS Divert dan SMS Whitelist dengan SMS Blacklist. Setiap fitur hanya bisa mendaftarkan 10 nomor telepon. Untuk berhenti berlangganan, sahabat bisa melakukannya dengan menggunakan kode dial UMB *500*22#. Semoga membantu dan bermanfaat.

Fungsi & Cara Menggunakan SMS Pro Telkomsel