Alamat Toko Pertanian Dan Harga Bibit Tanaman Di Merauke

Bagi sahabat yang ingin membeli bibit tanaman (sayur dan buah), pupuk, obat tanaman, alat pertanian, dan segala macam hal yang berkaitan dengan perkebunan dan pertanian di Merauke, sahabat bisa mengunjungi Toko Agro Surya yang beralamatkan di Jalan Mandala No 98 Merauke. Bagi sahabat yang ingin bertanya lebih lengkap, sahabat bisa menghubungi toko pertanian tersebut di nomor 0852 4379 8184.

Gara-gara melihat salah satu video di Youtube tentang seorang warga negara Indonesia yang pindah kewarganegaraan di Ukraina karena mendapatkan istri orang sana, saya menjadi bersemangat kembali untuk menanam sayur di sekitar rumah. Sebelumnya saya pernah membeli bibit tanaman bayam, sawi, dan cabe ketika pertama kali memiliki rumah. Akan tetapi karena niat yang besar tidak diikuti dengan realisasi yang nyata, akhirnya bibit tersebut kadaluwarsa kemudian saya buang hehehe...

Dulu sekitar 3 tahun yang lalu di toko yang sama, saya membeli bibit tanaman rata-rata harganya antara Rp 7.000 hingga Rp 12.000. Kemarin saya membeli bibit tanaman sayuran sawi manis, cabe rawit, bayam, dan tomat, harganya naik 2 hingga 3 kali lipat dibandingkan dengan tiga tahun yang lalu. Meski begitu saya tetap membelinya karena menurut saya harganya masih terjangkau dan saya yakin bahwa bila nantinya berhasil dalam menanamnya maka harga tersebut akan terlihat sangat murah.

Harga Bibit Tanaman Di Merauke

  • Sawi Manis Espana Caisim 25 Gram Cap Bintang asiA Harganya Rp 15.000
  • Cabe Rawit Sekar 10 Gram Cap Bunga Matahari Harganya Rp 30.000
  • Bayam Samudra 50 Gram Cap Bunga Matahari Harganya Rp 21.000
  • Tomat Karina 10 Gram Cap Bunga Matahari Harganya Rp 28.000

Kebetulan saya hanya membeli 4 jenis bibit tanaman yang saya sebutkan di atas, sehingga untuk bibit tanaman sayur ataupun buah lainnya sahabat bisa datang langsung ke toko tersebut atau menghubungi toko tersebut di nomor yang sudah saya sebutkan di atas. Di toko Agro Surya terdapat banyak jenis bibit dengan harga yang bervariasi (tergantung dengan jenis tanamannya). Sehingga saya sarankan sebelum membeli dan membawanya ke kasir, silakan sahabat bertanya dahulu mengenai harganya terlebih dahulu.

Sebagai informasi bagi sahabat pembaca di luar Merauke, bahwa harga sayuran di Merauke sangat fluktuatif (berubah-ubah) dengan cepat. Sebagai gambaran, saya kemarin membeli 3 ikat sayur kangkung harganya Rp 12.000, itu artinya satu ikatnya harganya adalah Rp 4.000. Harga 1 ikat sayur bayam Rp 5.000 dan Harga 1 ikat sayur sawi Rp 7.000. Saya pernah beli 1 ikat sayur sawi dengan harga Rp 15.000. Padahal harga Mie instant hampir sama dengan Pulau Jawa yaitu sekitar Rp 2.500 sedangkan harga telur juga stabil sekitar Rp 2.500 per biji.

Selain saya melihat video di youtube tentang seseorang yang bertani meski berada di luar negeri, saya juga ingin bisa mendapatkan sayuran tanpa harus membelinya dengan harga yang mahal. Menurut penjual sayur, harga sayur di Merauke mahal karena ketika musim kemarau sulit mendapatkan air, sedangkan ketika musim hujan karena kebanyakan air. Benar juga ya? Tapi lucu juga ya? Hehehe... Semoga bermanfaat ...

Alamat Toko Pertanian Dan Harga Bibit Tanaman Di Merauke