Cara Mudah Agar Daging Ayam Kampung Menjadi Empuk

Bagi ibu-ibu muda yang belum banyak memiliki pengalaman memasak (seperti saya), mungkin pernah mengalami kejadian kurang menyenangkan. Salah satu diantaranya adalah ketika memasak ayam kampung, setelah dimasak dagingnya tetap keras dan ulet. Saya sendiri juga sudah pernah mengalami kegagalan ketika memasak daging ayam kampung karena kurangnya pengetahuan dan pengalaman dalam memasak daging tersebut.
Awal pertama kali saya memasak opor ayam kampung secara tidak sengaja cukup berhasil. Sedangkan ketika memasak ayam kecap ternyata gagal. Ketika memasak opor ayam untuk kedua kalinya, diluar dugaan ternyata saya gagal hehehe... Setelah 2 kali gagal memasak ayam kampung, saya belajar dari pengalaman kegagalan tersebut dan akhirnya hingga saat ini saya selalu berhasil memasak ayam kampung karena sudah tahu resepnya.

Berikut adalah 2 cara agar ayam kampung menjadi empuk ketika di masak:

1. Gunakan Santan Kelapa

Keberhasilan pertama kali saya memasak opor penyebabnya adalah karena santan kelapa. Ya, dengan dicampur dengan santan kelapa, maka daging ayam kampung akan menjadi empuk dan nikmat untuk dimakan bersama dengan keluarga. Saya juga sudah pernah mencoba memasak opor ayam dengan menggunakan santan kelapa dalam kemasan yang saya beli di warung, dan hasilnya adalah gagal karena dagingnya tetap keras dan ulet. Jadi agar daging opor ayam kampung yang dimasak menjadi empuk dan tidak ulet, maka gunakan santan kelapa asli (bukan santan dalam kemasan).

2. Gunakan Jahe

Bila ibu-ibu ingin memasak ayam kecap atau ayam goreng dan lain sebagainya, gunakan beberapa ruas jahe untuk memasaknya terlebih dahulu sebelum diolah. Caranya adalah rebus air yang sudah diberi 3 ruas jahe yang sudah dipotong-potong atau ditumbuk dalam panci. Selanjutnya setelah air mendidih, silakan masukkan daging ayam kampung yang sudah dibersihkan. Setelah sekitar 10 menit, tiriskan daging ayam kampung tersebut. Selanjutnya, silakan olah daging ayam kampung tersebut menjadi Ayam goreng, ayam kecap, dan lain sebagainya (sesuai dengan selera ibu-ibu).

Sebenarnya ada beberapa cara lagi yang bisa digunakan untuk membuat daging ayam kampung menjadi empuk seperti dengan menggunakan buah nanas dan lain-lain. Akan tetapi karena saya belum pernah mencobanya, dan kebetulan dua cara yang sudah saya gunakan tersebut sudah cukup memuaskan hasilnya, maka saya merekomendasikan 2 cara tersebut untuk membuat ayam kampung menjadi empuk yaitu dengan menggunakan Santan Kelapa Asli dan Jahe. Semoga Tips tersebut membantu dan bermanfaat ...

Cara Mudah Agar Daging Ayam Kampung Menjadi Empuk