5 Macam Fungsi Handy Talkie atau HT

HT atau handy talkie adalah sebuah alat yang digunakan untuk berkomunikasi dengan memanfaatkan gelombang radio. Alat ini memiliki bentuk yang mudah digenggam dan hampir sama seperti handphone yang praktis dibawa kemana-mana hanya saja sifatnya sementara karena saluran komunikasi HT ini bisa diganti kapan saja sesuai dengan kebutuhan.

HT merupakan teknologi komunikasi yang sudah ada sejak lama. Sampai saat ini HT masih banyak digunakan dan masih dianggap sebagai alat komunikasi yang efektif. Alat ini disebut juga sebagai two ways radio. Artinya, alat ini hanya bisa melakukan pembicaraan dua arah antara si pemberi pesan dengan si penerima pada waktu yang bersamaan.
gambar-ht-bukalapak
Salah satu produk HT yang dijual (sumber: Bukalapak)
HT ini bisa dibilang merupakan bentuk kemajuan teknologi pada masanya dan kini terus berkembang menjadi lebih canggih dengan munculnya handphone. Meskipun saat ini teknologi sudah berkembang pesat dan alat komunikasi sudah semakin canggih, namun penggunaan alat ini masih dirasa sangat dibutuhkan. Kali ini kita akan membahas apa saja fungsi dari handy talkie ini.

Fungsi HT
Sampai sekarang, kita mungkin masih sering melihat HT digunakan di kehidupan sehari-hari untuk kebutuhan tertentu. Alat ini masih dianggap sebagai jenis alat komunikasi yang bisa membantu kebutuhan pertukaran informasi antara dua pihak. HT juga sangat praktis dibawa dan harganya pun cukup murah. Berikut adalah beberapa fungsi dari handy talkie:

1#  Untuk Menjaga Keamanan
HT adalah alat komunikasi yang biasanya digunakan oleh aparat keamanan. Mulai dari polisi, tentara, satpam, petugas pemadam kebakaran, dan lain sebagainya. Biasanya mereka menggunakan alat ini untuk berkomunikasi dengan rekannya. Aparat keamanan saling bertukar informasi dengan menggunakan HT karena dinilai lebih praktis dan lebih cepat dijangkau.

2#  Untuk Menjaga Kelancaran Acara
Kita mungkin sering menghadiri event-event tertentu dan melihat petugas event membawa HT untuk berkomunikasi. Alat ini merupakan pilihan alat elektronik yang sangat efektif digunakan untuk bertukar informasi pada event-event tertentu. Panitia bisa berkomunikasi lebih cepat dan mudah jika memakai handy talkie daripada alat komunikasi yang lain.

3# Untuk Koordinasi antara Dua Pihak
HT pada dasarnya digunakan untuk berkomunikasi antara dua pihak. Dua orang bisa saling berkoordinasi dengan cepat jika memakainya. Ada banyak kesempatan yang membutuhkan terjadinya koordinasi antara pihak satu dengan pihak lainnya. Contohnya seperti saat ada event, pertandingan, dan lain sebagainya.

4# Untuk Digunakan di Saat Darurat
Handy talkie adalah alat komunikasi yang praktis dan efektif. Alat komunikasi ini dinilai sangat pas dipakai ketika ada kondisi darurat. Misalnya, saat terjadi bencana alam, HT menjadi alat komunikasi yang efektif untuk dipakai. Tak heran jika sampai sekarang handy talkie masih menjadi alat komunikasi yang banyak dipakai di masyarakat karena memang bermanfaat saat ada kondisi darurat.

5# Untuk Memenuhi Hobi
Tak hanya bisa dipakai pada kondisi darurat maupun saat ada acara-acara penting, HT juga bisa dipakai untuk sekedar memenuhi hobi. Ada sebagian orang yang memiliki ketertarikan untuk berkomunikasi dengan memanfaatkan gelombang radio memakai alat ini. Bahkan ada juga beberapa orang yang mengoleksinya sebagai bentuk hobi dan ketertarikannya.

Anda juga tertarik untuk mencoba berkomunikasi memakai HT? Anda bisa mendapatkan produk HT di toko online Bukalapak. Bukalapak menyediakan pilihan produk elektronik yang beragam. Anda bisa puas berbelanja di Bukalapak karena ada banyak pilihan produk dan harga yang ditawarkan juga sangat bersahabat. Bahkan Anda juga bisa mendapatkan fasilitas kredit elektronik di Bukalapak.
5 Macam Fungsi Handy Talkie atau HT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Evy Nurvitasari
Lihat Komentar
Tutup Komentar

0 comments:

Posting Komentar