Gadget

Cara Saya Update Xiaomi Mi Max RAM 3GB Ke Android Nougat

Evy Nurvitasari
4 Komentar
Beranda
Gadget
Cara Saya Update Xiaomi Mi Max RAM 3GB Ke Android Nougat
Setelah menggunakan sekitar 1 tahun, akhirnya Smartphone Mi Max saya berhasil saya update dari Android Marshmallow ke Android Nougat. Karena waktu membeli HP tersebut ROM yang dipasang adalah bawaan distributor (tidak resmi), maka ada kelemahan dari perangkat gadget yang saya beli tersebut. Salah satu kelemahan yang sangat terasa adalah ketika tidak bisa update software menggunakan OTA ketika mendapatkan pembaharuan dari Xiaomi. Selain itu, saya juga tidak dapat melakukan update menggunakan Aplikasi Updater yang terpasang di smartphone Xiaomi Mi Max saya, meski saya sudah download file update yang ukurannya cukup besar yaitu sekitar 1.4 GB (Gigabyte).

Seperti judul yang sudah saya sampaikan di atas, maka pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pengalaman saya Update Xiaomi Mi Max Ram 3 GB yang sebelumnya adalah berbasis Android Marshmallow (6.0) menjadi Android Nougat (7.0) yang sudah praktikkan dan berhasil. Perlu sahabat ketahui bahwa cara yang saya gunakan adalah install ulang / Flashing pada perangkat smartphone saya, sehingga data yang tersimpan sebelumnya akan hilang / bersih. Sehingga saya sarankan untuk membackup data-data penting sahabat yang tersimpan di smartphone. Bila data sudah di backup, maka ikuti langkah-langkah yang saya tulis di bawah ini. Meski cara yang akan saya sampaikan tidak terdapat gambar-gambarnya (karena saat melakukannya saya tidak mengambil gambarnya), akan tetapi saya yakin bahwa cara tersebut sangat mudah dipahami dan cukup mudah untuk di ikuti.
cara-flashing-mi-max-android-nougat
Versi Android Nougat (7.0) setelah Flashing

Peralatan untuk Flashing / Install Ulang Xiaomi Mi Max
  • Komputer dengan sistim operasi Windows (kebetulan saya menggunakan Windows 7)
  • Kabel data (usahakan kabel bawaan asli) untuk menghubungkan smartphone dengan komputer 
  • Aplikasi Mi Flash / Xiaomi Flash (dipakai untuk melakukan install ulang)
  • Aplikasi Mi Setup digunakan agar smartphone sahabat bisa terhubung dengan komputer
  • ROM asli terbaru bisa yang stable ataupun developer (yang penting adalah versi first boot yang berkekstensi .tgz) jangan sampai sahabat pilih yang berekstensi .zip


Cara Flashing Xiaomi Max RAM 3 GB
  • Install Mi Flash dan Mi Setup di komputer sahabat
  • Ekstrak ROM asli yang berekstensi .tgz agar file tersebut terurai dalam sebuah folder. Usahakan folder hasil ekstrak tersebut sahabat taruh pada folder C atau D
  • Matikan Mi Max sahabat, kemudian tekan Volume (+) dan Volume (-) secara bersamaan, kemudian mi max sahabat akan bergetar yang berarti bahwa smartphone sahabat masuk pada mode EDL Emergency Download Xiaomi. Selanjutnya hubungkan smartphone Mi Max dengan komputer menggunakan kabel data
  • Buka aplikasi Mi Flash pada komputer sahabat, kemudian klik (kiri) tombol browse kemudian pilih folder ROM asli, selanjutnya tekan refresh. Jika muncul Com 10, terdeteksi dan otomatis sahabat bisa melakukan flashing.
  • Tekan tombol flash, dan tunggu proses flashing sampai selesai kira-kira 15 menit. Bila sudah selesai maka aka nada peringatan bahwa proses flash sudah selesai dan berhasil.
  • Silakan cabut kabel data yang menghubungkan smartphone dan komputer, kemudian hidupkan Mi Max sahabat. Pada waktu pertama kali menghidupkan akan membutuhkan waktu yang cukup lama, tapi tenang saja karena hal tersebut adalah wajar.

Karena cara yang saya sampaikan di atas sudah saya praktikkan dan berhasil, maka saya yakin bila sahabat akan melakukan flashing smartphone Mi Max RAM 3 GB dengan cara yang saya sebutkan di atas pasti akan berhasil. Oh iya, untuk peralatan software yang saya pakai seperti Mi Flash, Mi Setup, dan juga ROM asli baik itu yang versi stable ataupun developer saya ambil dengan berbantu mesin pencari google. Saya usahakan cari file nya dari situs resminya. Semoga membantu dan bermanfaat…

Penulis blog

4 komentar

  1. Taruli Basa Dallas Hutabarat
    Taruli Basa Dallas Hutabarat
    03 Januari, 2022
    Hai kak, makasih buat pengetahuannya. Kalau kakak ga keberatan, boleh minta link mi flash, mi setup sm rom nya kak? Aku udh coba cari ga ketemu.
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      04 Januari, 2022
      Andai Netbook Asus saya hilang, mungkin saya bisa kirimkan file nya Kak. Untuk Mi Flash, Mi Setup, dan ROM nya saya cek lewat Google masih banyak yg share Kak. Coba disearch lagi Kak.
    2. Taruli Basa Dallas Hutabarat
      Taruli Basa Dallas Hutabarat
      11 Januari, 2022
      ROM asli yang gimana jg aku ga ngerti kak. Hehe..apakah harus update ROM nya jg ya kak? Atau kira2 kalau aku upgrade lgsg ke centernya xiaomi bisa ga ya?
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      11 Januari, 2022
      Maaf, permasalahannya di HP Kakak apa dulu?