Cara Berhenti Berlangganan / Menutup Kartu Halo Telkomsel

Sebelumnya saya pernah menggunakan kartu halo telkomsel. Saya tertarik menggunakan kartu halo telkomsel karena pada saat itu ada promo kartu yang saya perhatikan tarifnya sangat murah, yaitu dengan bulanan 55Ribu setiap bulan (sudah termasuk PPN) saya mendapatkan kuota internet 4GB (bisa digunakan di jaringan 2G, 3G, dan 4G), kuota 300 Menit Nelpon sesama nomor telkomsel, dan kuota 300 SMS kesesama nomor telkomsel. Untuk kuota internet, nelpon, dan sms tersebut bisa digunakan 24 jam tanpa batasan waktu. 

Promo dari kartu halo yang saya ikuti tersebut tentu saja ada syarat dan ketentuan yang berlaku yaitu:
Tarif promo berlaku 12 bulan (1 tahun) sejak kartu tersebut dibuat.
  • Setelah tarif promo berakhir, maka akan berubah ke tarif dasar yaitu hanya mendapatkan kuota internet 20MB dan kuota nelpon 300 menit dan kuota 300 sms kesesama nomor telkomsel.
  • Bila pelanggan ingin berhenti berlangganan kartu halo sebelum masa kontrak habis, maka pelanggan wajib membayar penalty. Sebagai contoh pelanggan sudah memakai selama 8 bulan dan ingin berhenti, maka pelanggan wajib membayar penalty 4 bulan yaitu sebesar 55 Ribu x 4 bulan = 220 Ribu.


Karena pada saat itu tarif promo kartu halo saya sudah berakhir, sehingga saya memutuskan untuk berhenti berlangganan / menutup kartu halo telkomsel saya. berikut adalah syarat-syarat yang dibutuhkan untuk menutup kartu halo:
  • Membawa kartu identitas (KTP)
  • Membayar tagihan terakhir kartu halo telkomsel


Setelah syarat-syarat sudah saya siapkan, selanjutnya saya datang ke grapari untuk menutup kartu halo telkomsel yang sudah saya pakai. Sesampai di Grapari, saya ditanya sama petugas keperluan saya datang ke grapari telkomsel. Setelah saya jelaskan maksud dan tujuan saya, selanjutnya saya disuruh menunjukkan KTP dan menyebutkan nomor kartu halo yang akan saya tutup. Kemudian data dicocokkan oleh petuga grapari

Setelah data yang saya cocokkan dinyatakan sama, selanjutnya saya diminta untuk menyerahkan sim card kartu halo yang akan saya tutup dan membayar tagihan terakhir. (perlu sahabat ketahui bahwa tagihan akan terus berjalan selama kartu belum ditutup).

Setelah saya berikan sim card kartu halo dan membayar tagihan terakhir kartu halo saya, selanjutnya petugas memproses penonaktifkan / pemberhentian dengan sim card saya. Oh iya, sebelum kartu halo telkomsel saya dinyatakan ditutup, saya disuruh tanda tangan di formulir (pentupan kartu halo telkomsel) yang sudah disediakan. Semoga bermanfaat…

Info: Dikarenakan jumlah komentar pada halaman ini jumlahnya sudah melebihi kapasitas (200 komentar), maka bagi sahabat yang ingin bertanya atau berbagi pengalaman, silakan menulisnya di kolom komentar di halaman yang baru yaitu di
Halaman Komentar Baru

Cara Berhenti Berlangganan / Menutup Kartu Halo Telkomsel
  1. Mau tanya kalau baru 1bln, trus bayar tagihannya,, apa bisa langsung di nonaktipkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja selama pada awal membuat kartu halo tidak ada ikatan kontrak seperti promo yang harus diikuti selama 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan. Kalau ada kontraknya berarti harus membayar penalty untuk menutupnya.

      Hapus
    2. Saya baru masuk 4 hari mau berhenti gimana iya

      Hapus
    3. Jadi kalo baru masuk gak apa apa Iyah jadi kita belum ada ko terak saya soalnya ada tlpn 188 menghubungi ada 10x terus dia nawarin ituh hello kid yg 60rb satu bulan

      Hapus
    4. Kalau ingin menutupnya bisa saja, kalau sepengetahuan saya biasanya untuk kartu Halo Kick ada yang promo dan ada yang tidak promo. Jadi kalau ingin menutupnya, silakan datang ke Grapari dan siapkan minimal uang tagihan bulan pertama 66rb (Abonemen + pajak 10%). Semoga membantu.

      Hapus
    5. Sangat membantu terimakasih.. ternyata banyak yg ngeluh ya wkwk

      Hapus
    6. Apakah ketika berhenti berlangganan nomor nya masih bisa di pakai?

      Hapus
    7. Nomornya tidak bisa dipakai lagi kak πŸ˜€

      Hapus
  2. Tanya dong Jika kartu halo pasca prabayar sudah di non aktifkan apakah kartu nya bisa di gunakan kembali seperti kartu biasa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah dinonaktifkan, otomatis kartu halonya sudah tidak bisa digunakan lagi mbk @Titin. Oh iya, pada waktu menutup, kartunya diminta oleh petugas grapari. Semoga membantu...

      Hapus
    2. Berarti kita beli kartu baru lagi ya kak... Atau diganti sama grapari dengan nomor yg sama ....

      Hapus
    3. Beli kartu perdana lagi dengan nomor yang berbeda kak. Kartu halo yang sudah ditutup, nomornya sudah tidak bisa digunakan lagi.

      Hapus
    4. Kalo saya asalnya kartu simpati,terus dari Telkom ditawarin jadi halo dengan no tsb, kalo berhenti apa sama nomor gak bisa di pake lagi ? Itu nomor udah lama sayang

      Hapus
    5. Iya... Nomornya tidak bisa dipakai lagi Kak.

      Hapus
  3. mba evy saya pelanggan krtu halo udah 2 thn ini,tapi akhir2 ini ketika bonusx habis dn saya kembali mmbyr tgihan yg tlh di kirm oleh phk telkomsel lalu sya aktifkn mnjdi kartu prabyar yg aktf hnya paket internetx sedangkan pket nelpon dan smsx nda aktf hingga pembyran tgihaan bln berikut,mengapa begitu bu? inilh yg mmbuat saya ingin berhenti jd pelanggan.rugi saya mmbayar paket 137.500 tiap bln hnya pket intrnetx yg aktf.mhn petunjuk mba evy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya tidak bisa merubah kartu pasca bayar telkomsel menjadi kartu prabayar. Yang benar adalah merubah mode pascabayar menjadi mode prabayar dan sebaliknya. Mode tersebut biasanya disediakan oleh Halo Hybrid, meski begitu kita tetap membayar tagihan setiap bulannya. Kalau Mas/Mbak berada pada mode prabayar, maka tidak bisa menikmati benefit (bonus) yang disediakan pada mode pasca bayar. Solusi agar bisa menikmati bonus adalah dengan beralih ke mode pasca bayar dengan cara Ketik *888*767# lalu tekan Call/ Dial. Semoga membantu...

      Hapus
  4. Tapi kalau masih di hari yang sama apa bisa di batalkan pasca bayar nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan dibatalkan, tetapi bisa ditutup. Kalau ingin menutupnya, yang penting biaya administrasinya dibayar dulu. Tapi saya sarankan kalau ingin menutup, pakai dulu paketannya sampai habis dulu (biar tidak mubadzir) hehehe...

      Hapus
    2. Bagaimana cara tutup paket x mb

      Hapus
    3. Tujuan tutup paket untuk apa? Kalau hanya ingin berhenti berlangganan paket, bisa menghubungi call center 188.

      Hapus
    4. Mba evy, sy pengguna kartu hallo kid..solusi untuk berhenti & berharap kartu yg sy pke skrg.. apakah masi bisa sy gunakan lg... Soalnya nomornya bagus mba..sayanng klo di buang..tolong solusinya

      Hapus
    5. Ketika sudah memutuskan untuk migrasi nomor telkomsel prabayar menjadi nomor pascabayar, salah satu resikonya adalah bila nomor tersebut ditutup maka selanjutnya nomor tersebut tidak bisa digunakan Kak. Kalau ingin tetap menggunakan nomor tersebut, solusinya ya tetap menggunakan nomornya tetapi tidak ditutup kartu halo nya kak.

      Hapus
  5. Saya kemaren di saat cetak kartu yang hilang. Trs d tawarin isi pulsa paket tlp atau internet atau beli kartu halo ,
    Krn uang pas2an cman 70rb trpksa ambil kartu halo. Di pkir2 ribet juga klo di batalkan kira2 kena biaya pembatalan kartu halo gak yea. Mksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang tepat adalah biaya penutupan kartu halo. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi besar tidaknya penutupan kartu halo (baru), yaitu:
      1. Jenis paket yang dipilih (biasanya biaya bulanannya berbeda-beda). Ada yang 50rb/bulan, dan lain sebagainya.
      2. Paket promo atau bukan? Kalau paket promo, maka harus membayar biaya penalti. Kalau promonya 6 bulan, untuk menutupnya ya harus bayar abonemen 6 bulan meski baru digunakan 1 bulan.

      Semoga membantu.

      Hapus
    2. Mba,saya baru ditawari tapi belom mulai, katanya nanti mulai tgl 19 juli.. kalo saya batalkan apa kena biaya abonemen juga? Tadi bilangnya ada promo selama 6bulan

      Hapus
    3. Asalkan kartunya belum berubah menjadi kartu Pasca bayar, ya tidak ada kewajiban bayar abonemen dan tagihan lainnya kak. Coba hubungi lagi CS telkomsel atau salesnya, kemudian minta request pembatalan kak.

      Hapus
  6. Sehingga mbak nya ganti kartu ya?? Apa ga bisa nomer kita tetap aktif? Saya sudah pakai nomer ini hampir 8 th, tapi saya pindah ke kartu halo. Biaya jadi membengkak. Jika berhenti, maka nomer nya tidak akan aktif lagi mbak ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kartu (halo) nya ditutup maka tidak bisa digunakan lagi mbak @Nafisa. Saran saya, bagi siapa saja yang ingin menggunakan kartu halo, lebih baik membuat kartu baru. Jangan migrasi dari kartu prabayar (simpati, as, atau loop) ke kartu pasca bayar (halo). Karena setelah berubah menjadi kartu pasca bayar, maka kedepan tidak bisa dirubah lagi menjadi kartu prabayar.

      Hapus
    2. Iya bener mbak, saya nyesel sudah migrasi kartu karena terlena sama promosi. 😒
      Jadi ga bisa kembali jadi kartu prabayar.

      Hapus
    3. Beneran kartunya nnti no nya gk bisa dipakai lagi ya??? Ribet juga dong urus urus ke bank!! 😭 tau gitu gk ganti

      Hapus
    4. Iya, kartu pascabayar (Halo) tidak bisa dirubah menjadi kartu prabayar (simpati, as, dan loop). Maksudnya ke Bank mau apa? Untuk bayar tagihan kan mudah (banyak caranya) & kalau mau nutup kartu, tinggal ke Grapari terdekat saja.

      Hapus
    5. Jadi kalu mau blikin nomornya jadi kartu biasa lagi tidak bisa ya mbk?

      Hapus
    6. Bagaimana bu,jika tagihan kartu halo tersebut,tidak kita bayar lagi? Krna gk mampu lagi tuk bayar,biarlah kartunya diblokir,apakah masih terus jalan tagihan trs?

      Hapus
    7. Tagihan akan terus berjalan terus apabila tidak dibayar Kak. Biasanya setelah 3 bulan tidak dibayar maka kartu akan diblokir dan nama Kakak akan diblacklist oleh telkomsel. Jadi saran saya adalah silakan ditutup saja Kartu Halonya dengan melunasi semua tagihannya Kak.

      Hapus
  7. Nasibb sya juga sama kya mbak nafisah urohmah,, berniat mau stop halo tpi nomernya gabisa aktif lg ya...syang sama nomernya soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat pengalaman gan...
      Untuk sahabat pengguna telkomsel yang lain, saran saya adalah lebih baik kalau sahabat ingin menggunakan kartu halo, silakan membuat kartu baru saja.

      Hapus
  8. Saya baru mengaktifkan KartuHalo, tp saya merasa dirugikan setelah saya tahu paket yang disebutkan sebesar 5 GB all network ternyata masih terbagi konten. Saya ingin berhenti dan saya pun mengikhlaskan nomor saya. Kalau saya buang kartu saya ini dan tidak membayar tagihan, apakah nomor itu terblokir dengan sendirinya? Kalau iya, saya tidak peduli. Maka, saya akan membuangnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, akan terblokir mas. Lebih lengkapnya, mas @Wahyu bisa baca tulisan saya di https://www.infodantips.com/2019/01/akibat-jika-tagihan-kartu-halo-tidak-dibayar.html

      Hapus
    2. Gmna @Mas Wahyu, stlah berhenti langganan kartu halo, misal mau ganti lgsg,, kartu halo lgsg dibuang,, masih ditagih sama pihak telkomsel ato gak??

      Soalnya sy uda kenak'tipu org dia mngatasnamakn Pgawai Telkomsel,uda terkuras bnyak, trus dia bs masuk k akun mytelkomsel & Gift pulsa 180rb k no. Laen,, lah masak sy dsuruh mbayarin Gift nya jgπŸ˜₯

      Hapus
  9. Mba, mau tanya. Ceritanya kan kemarin mau benerin kartu as yg udh hangus. Tp bisanya diganti sama kartu halo. Nah, setelah saya baca beberapa review byk yg mengeluh karena pake kartu halo. Nah kartu halo saya belum pernah saya pasang dihp sama sekali. Apa nnti setiap bulan kena tagihan atau tidak ya mba ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah jadi kartunya berarti sudah berlangganan. Meski kartunya belum dipasang ataupun tidak dipakai sama sekali, tetap saja akan terkena tagihan. Saran saya, dipakai saja kartunya (daripada tidak dipakai tetapi tetap bayar tagihan). Jangan beranggapan Negatif terlebih dahulu tentang kartu halo. Suatu produk pasti ada kelebihan dan kelemahannya. Semoga membantu gan ...

      Hapus
  10. Saya hampir 6 bln langganan semakin kesini semakin berat kalo sy berhenti apa ada biaya lagi ya mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada biaya tambahan selain melunasi tagihan terakhir dari kartu Halo yang digunakan. Kecuali kalau ada perjanjian di awal ada kontrak bahwa pengguna harus menggunakan kartu Halo dalam waktu tertentu, maka akan dikenakan biaya Penalti. Coba baca juga: https://www.infodantips.com/2018/09/mengenal-penalti-kartu-halo-telkomsel.html

      Hapus
    2. Mba kalo tidak ada perjanjian tapi tiba2 di email ada tulisa setelah 12 itu gimana ya?cs nya gak bilang apa2 ke saya😭😭😭

      Hapus
    3. Kalau ada tulisan 12 biasanya itu menandakan kontrak 12 bulan kak. Coba cek di aplikasi MyTelkomsel, apakah pada bonus kuota ada tulisan 12 juga. Kalau ada, 99% kontraknya 1 tahun kak. Kalau saran saya, dipakai saja kartunya kak. Lumayan 12 bulan dapat promo.

      Hapus
    4. Sama dong saya juga 12 bulan dan ingin berhenti, berarti kalau saya hanya memakai 1 bulan apakah yang 11 bulan dikenakan biaya penalti ya?

      Hapus
    5. Iya, benar Kak @Rizka. Untuk lebih lengkapnya, bisa baca di: https://www.infodantips.com/2019/05/pahami-kontrak-sebelum-migrasi-kartu-halo-telkomsel.html

      Hapus
  11. Aturan telkomsel ini mesti di rubah.ada yg blm mengerti mngenai kartu halo atau pascabayar.saya waktu itu migrasi dr prabayar ke pascabayar melalui telfon oleh pihak telkomsel.sy oke2 kn sja.skrg syg mau pindan ke prabayar lagi gx bisa.grapari jg jauh.aturan telkomsel ini mempersulit.wktu migrasi bisa lewat tlfon.tpi mau kmblikan lgi tidak bisa.ketika pelanggan tidak sanggup lgi mnggunakn kartu prabayar dikarenakan tagihan nya yg besar bgaimana itu bisa di paksakan.mohon segera di tindaklanjuti demi kemudahan dan kepuasan pelanggan.buat kebijakan baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya, petugas seharusnya menginformasikan terlebih dahulu kepada pelanggan kartu prabayar yang ditawari untuk migrasi ke kartu Halo. Termasuk kelebihan, kelemahan, serta resiko bila menggunakan produk kartu Pascabayar (Halo). Semoga telkomsel membacanya :)

      Hapus
  12. Kartu halo ngga bisa buat kirim sms itu knpa ..gagal terus..tante sya br pake dan masih awam..kl mau tau kontrak atau ga nya krtu halo itu dmn liat nya.mohon info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau SMS gagal da banyak sebabnya seperti pengaturan sms center di HP yang belum tepat, belum mendapatkan konfirmasi sms paket (kartu halo) sudah aktif, dan lain sebagainya. Kemudian untuk mengetahui apakah kartu halo yang dipakai adalah kontrak atau tidak, harusnya sudah tahu pertama kali ketika akan menggunakan kartu Halo (karena salesnya wajib memberitahu kepada konsumen tentang paket kartu halo yang digunakan dengan jelas). Untuk solusi keduanya adalah silakan @Rey Hubungi CS Telkomsel di 188. Semoga membantu.

      Hapus
  13. Mau tanya, masa kontrak itu dilihat dimana?? Terus kalau mau berhenti berlangganan harus menghabiskan promo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa kontrak = Masa promo kartu halo. Biasanya ketika berlangganan kartu halo, sales akan memberitahu promo berlaku dalam waktu tertentu. Biasanya promo kartu halo waktunya adalah 3 Bulan, 6 Bulan, dan 12 Bulan. Atau kalau ragu, bisa tanya ke grapari atau CS telkomsel. Semoga membantu...

      Hapus
  14. Sayabaru pake 1 minggu tp klo mau berhenti lagngganna gimanan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah bila berhenti berlengganan meski pemakaiannya baru 1 minggu. Saran saya, habiskan kuota dan bonusnya dulu (baru ditutup kartu halonya) biar tidak mubadzir hehehe... Ketika menutup kartu Halo ke grapari, jangan lupa bawa uang yang cukup untuk bayar tagihannya ya... Semoga membantu ☺

      Hapus
  15. Saya sudah pake kartu hallo 3bulan lebih .. dan kebetulan hp saya ilang bersamaan dengan kartu hallo nya .. itu bisa dinonaktifin ngk kartu hallo nya?? Apa gimana ? Soalnya kn kalau mau nonaktifkan katanya mesti bawa kartu nya .. mohon penjelasan nya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kartunya tetap bisa dinonaktifkan. Ketika Mas Rasyid datang ke GraPARI dan menginformasikan bahwa kartu Halo nya hilang, mungkin yang pertama ditanyakan oleh petugas adalah apakah mau ganti kartu? perlu diketahui bahwa GraPARI bisa mencetak kartu sendiri, jadi kalau alasannya kartunya hilang, tetap bisa ditutup DI GraPARI Telkomsel. Semoga membantu...

      Hapus
  16. Mau tanya mba,
    Kn wktu pendaftaran saya pake alamat lama. Terus skarg sdh pindah alamat.kalau mau berhenti langganan kartu halo gimana ya bu. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah meski sudah pindah Kak. Langsung aja ke Grapari, bawa identitas baru dan kartunya. Kan namanya tetap sama dan NIK nya juga sama. Semoga membantu.

      Hapus
  17. Maaf kak mau tanya, saya pelanggan aktif migrasi prabayar ke pascabayar kartu halo terhitung tagihan pertama bulan september 2018, rencana mau tutup kartu halo saat masa kontrak habis (12 bulan) sebaiknya bagaimana ya proses penutupan kartu halo nya? Terima kasih^^.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah masa kontrak habis, langsung ditutup saja tidak masalah kak. Memang benar bahwa kalau mau menutup kartu Halo yang terikat kontrak, lebih baik dihabiskan dulu masa kontraknya biar tidak terkena penalty. Usahakan ditutup 5-7 hari sebelum kontraknya habis Kak, biar tidak terkena tagihan lagi ☺

      Hapus
  18. Mb mau tanya saya baru saja dpt tawaran untuk migrasi dari prabayar ke pascabayar kartu halo saya tergiur karna bonusnya tapi stelah lihat komentar disini bnyk yg ngeluh bnyk yg tagihannya membengkak. Memang saya di kunci di tagihan 100rb perbulannya tapi saya fikir lagi saya gamau tapi itu semua udh terlambat krna sudah terdaftar. Lalu bagaimana kalo saya mau nonaktifin kartu hallo dan kembali ke prabayar apakah kartu akan terblokir sehingga no tidak dapat digunakan kembali apa bagaimana. Saya mau berhenti langganan saja. Sales menawarkan kalau saya dapt promo tapi tidak ada jangka waktu dlm brapa bulannya hanya saja diberitahukan kalau saya pembayaran tepat waktu makan saya bisa menikmati bonusnya. Hanya itu kira" Kalau seperti itu saya terikat kontrak atau tidak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jawab dan luruskan ya kak (biar tidak terlalu sedih) hehehe...
      1. Kalau tagihan kartu halo membengkak atau tidak itu adalah tergantung dari pemakaiannya kak. Yang membedakan adalah cara bayarnya saja.
      2. Kalau kartu prabayar sudah menjadi pasca bayar, maka kartu tersebut tidak bisa dirubah (migrasi) ke kartu prabayar lagi kak.
      3. Seingat saya, ketika cek kuota (kartu halo) ada embel-embel yang menandakan lama kontrak. bisa 3, 6, dan 12 kak.
      4. Saran saya, coba dipakai dulu kartu halonya kak. Ada kelebihan dan juga kelemahannya. Kalau sudah menggunakan dan dirasa kurang cocok, maka silakan ditutup saja kak.

      Semoga membantu...

      Hapus
    2. Lalu kalau saya nonaktifkan langganan kartu halo ini no saya akan tetap aktif atau terblokir ya

      Hapus
    3. Kartunya akan Hangus (terblokir) dan tidak bisa digunakan lagi kak.

      Hapus
    4. Mba evi saya mau nanya kalo mau lihat kontrak nya gimana ya?

      Hapus
    5. Sebenarnya ketika melakukan pendaftaran ataupun saat migrasi ke kartu Halo, biasanya sales akan menginformasikan kontraknya Kak. Kalau tidak diinformasikan oleh salesnya, maka bisa cek kuota di MyTelkomsel dan perhatikan pada salah satu atau beberapa kuota ada embel-embel angka seperti 3 / 6 / 12. Angka itu yang menunjukkan lama kontraknya Kak. Kalau kontraknya sudah habis, maka angkanya akan hilang. Semisal masih ragu, langsung hubungi CS telkomsel di 188 saja Kak 😊

      Hapus
  19. Saat ingin menonaktifkan itu apa pembayaran bulanan terakhirnya harus di grapari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembayaran terakhir itu adalah ketika kartu dinonaktifkan kak. Kan kartu pascabayar itu bayarnya setelah pemakaian, jadi pada waktu menonaktifkan terakhir kali (di Grapari) ya saat itu juga pembayaran terakhir kalinya 😊

      Hapus
  20. halo.. sy bru menggunakan kartu halo ini dri bulan mei kmren. waktu itu sy ingin gnti kartu kemudian ditawarkan dgn embel2 promo dan sy tdk tau kalo ini karto halo, setelah itu sy membeli paket promo sehrga 60rb. stelah itu paket habis sekitar awal juni ini dan sy tdk pakai lgi, melainkan membeli paket di kartu sy yg lain. habis itu hari ini sy iseng cek mytelkomsel dan trnyata sy memiliki kuota sperti yg sbelumnya 60k tsb. sy bingung ini gmna, trnyata stelah baca2 info, sy bru mengerti perihal kartu pascabayar. sy cek kembali ebill yg sy dpt sbelumnya saat membeli, dan tercantum kontrak 12bln dgn paket hello kick 60rb. berarti klo mau berhenti sy hrs menunggu masa kontrak habis kan?
    lalu perihal pembayaran tagihan, gmna sy hrs membayarnya? dmna sy bisa lihat tagihan dan dmna sy hrs membayar? krna saat sy cek "tagihan sy" di app mytelkomsel dsna tercantum kalo sy tidak memiliki tagihan dan siklusnya tagihannya dri tgl 6/6~5/7, ttpi ketika cek lwt *111# tercantum tagihan yg hrs dibayar Rp.6rb sekian. dan sy jg mendpt sms "Periode Pemakaian KartuHALO Anda mulai Tgl 6 setiap bulannya." ini mksdnya apa ya? mohon bantuannyaT.T, terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kalau kartu Halo itu, sistemnya adalah Pascabayar Kak, yaitu setelah memakai baru membayar. Jadi biaya tagihan yang harus dibayarkan adalah (abonemen bulanan + periode pemakaian)+10% Pajak PPN. Kalau melihat kartu yang kakak gunakan, berarti tagihannya adalah sementara 60Rb+6Rb+6.6Rb = Rp 72.600. Untuk membayarnya, Kakak bisa menggunakan ATM (sudan saya bahas caranya di blog ini), bisa datang ke GraPARI telkomsel, dan juga bisa lewat kantor pos dan lain sebagainya. Kalau kakak masih bingung tagihannya berapa, saya juga bisa cek kak. Silakan kirimkan nomornya lewat e-mail, namti saya Cekkan. Semoga membantu.

      Hapus
    2. terima kasih banyakkk utk penjelesannya kak, sangat membantu^^
      lalu perihal pembayaran tagihan itu kapan ya? sy bingung krna cek di app katanya sy tdk memiliki tagihan utk bln ini, sy takutnya ntr malah lwt dri batas

      Hapus
    3. Kalau penggunaan kartu Halo dari bulan Mei, maka tagihan bulan Mei adalah Bulan Juni Kak. Tenang saja Kak, tidak perlu khawatir kalau lewat batas. Nanti kalau lupa atau sengaja belum bayar tagihan, ada peringatannya & juga layanan nelpon, sms, dan internetan juga tidak berfungsi (seperti masa tenggang pada kartu prabayar). Supaya berfungsi kembali layanannya, maka tagihannya harus dibayar maka akan aktif lagi Kak. Kalau untuk bayar tagihan bulan Mei (tanpa nunggu layanan nelpon, sms, dan internetan) silakan coba bayar tagihan pakai Internet banking atau lewat AtM, nanti akan ketahuan apakah tagihannya sudah dibayar atau belum Kak 😊

      Hapus
    4. yg bulan mei di app mytelkomsel keterangannya udh dibayar kok, berarti tinggal tggu tagihan yg bulan juni gtu kan ya hehehe
      okeee deh kak skali lgi terima kasih banyak yaaa utk penjelasannya dan blognya sangat membantu sekaliπŸ€—
      semoga bisa sharing2 terus dan ilmunya bermanfaat buat yg lainπŸ™

      Hapus
    5. Sama-sama Kak. Terimakasih atas kunjungannnya 😊

      Hapus
    6. Saya mw bertanya mb.. saya pun berlangganan kartu halo dan 2 bln ini saya sangat jarang pakai krna pasang wifi dirumah tp knp tagihan saya ttp besar yah mb.. saya pake paket 60rb tp tagihan sampe 93rb (saya max 100rb) pdhal sangat2 jarang dipake, saya jd bingung saya bayar kuota yg mana..??

      Hapus
    7. Jadi kalau yang dipakai hanya paketan 60rb (tidak ada pemakaian diluar dari paket) maka normalnya tagihannya adalah Rp 66.000 Kak. Kemungkinan ada pemakaian lain (bisa sms atau telpon) di luar dari paket Kak. Biasanya Cek di aplikasi MyTelkomsel ada pemakaian sementara Kak.

      Sering-sering dicek pemakaian sementara Kak.

      Hapus
  21. Semisal kartu hallo saya buang tanpa menonaktifkan...apa ada tagihan untuk selanjutnya..trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap ada tagihannya Kak, untuk lebih jelasnya bisa dibaca di tulisan saya sebelumnya di

      https://www.infodantips.com/2019/01/akibat-jika-tagihan-kartu-halo-tidak-dibayar.html

      Hapus
  22. Maaf kak.. Mau nanya ya kenapa kuota internet dan nelpon di kartu halo saya di nonaktifkan ya. Padahal saya sudah bayar tagihan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dinonaktifkan maksudnya bagaimana? Apakah kuotanya ada, akan tetapi tidak bisa dipakai? Atau sebelumnya ada kemudian hilang? Coba langsung konsultasi ke CS Telkomsel lewat Telp ya Kak.

      Hapus
  23. Mba evy saya mau nanya klo kita kartu prabayar dimigrasikan ke pasca bayar,tapi menunggu tanggal selesai paket yg ada di prabayar baru mereka aktifkan apa bisa di batal mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama kartunya masih prabayar dan belum terlanjur menjadi pasca bayar, maka proses migrasi bisa dibatalkan Kak. Coba hubungi lagi petugas atau sales yang akan mengaktifkan nomor untuk segera membatalkan pengajuannya.

      Hapus
  24. Kasus saya seperti komen sebelumnya, saya baru di tlpn td sore, karena saya kurang paham dan hanya tergiur promo, sya.setuju tp masih menunggu masa paket di prabayar..
    Berarti bisa di cancel ya mba vi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Kak. Silakan hubungi lagi sales atau CS telkomselnya.

      Hapus
    2. Gimana kak, bisa gak di cancel klw statusnya masih menunggu gitu.

      Hapus
    3. Selama belum berubah menjadi Pasca bayar (Kartu Halo), masih bisa di cancel Kak. Silakan ajukan pembatalan kepada sales/ CS yang menghubunginya.

      Hapus
    4. Mengecewakan skali layanan yg 1 ini.
      Dari tahun ke tahun smua forum pembahasan isinya keluhan smua.

      Hapus
    5. Iya Kak, Rata-rata penyebabnya adalah pelanggan yang migrasi dari kartu prabayar ke pascabayar belum memahami syarat & ketentuan yang berlaku.

      Hapus
  25. Maaf mau tanya mba evy kartu paket pasca bayar saya udah terlanjur aktif 2 hari yang lalu, apa bisa dibatalkan mba, soalnya saya coba suruh cancel ke cs 188, katanya proses pembatalannya mesti nunggu 3x24 jam, apa benar? Gimana cara mba? Saya mau migrasi lagi ke prabayar bisa ya mba? Mksh saya tunggu jawabanbya!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kartunya belum terlanjur berubah menjadi Kartu Halo atau masih dalam masa tunggu, maka bisa dilakukan pembatalan dan waktunya bisa 3 x 24 Jam. Akan tetapi kalau kartunya sudah berubah menjadi kartu Halo, dan kuota yang terdapat dalam paket promo sudah masuk, maka tidak bisa dibatalkan lagi. Menurut saya, mungkin persepsi dari CS 188 kartunya masih dalam proses migrasi. Semoga saja, CS nya tidak salah persepsi. Semoga membantu.

      Hapus
  26. Makasi atas semua infonya ka evy.
    Setelah melalui proses yang agak rumit dan harus ngeyel, akhirnya hari ini saya dapat sms bahwa proses migrasi kartu saya di batalkan.

    INFO buat teman² yang belum terlanjur berubah kartunya menjadi pasca bayar, alias sementara menunggu waktu masa habis paket reguler, kartu kita statusnya masih berada di list proses migrasi, awalnya cs nya bilang kartu bapak sudah ada di list sedang menunggu proses dan tidak bisa di batalkan.

    Tapi setelah saya ngeyel berdasarkan jalurnya, akhirnya di buatkan laporan berlanjut mengenai permintaan saya.

    SEMUA PROSES DI ATAS MELALUI CS EMAIL TELKOMSEL.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Kak Arsuga. Terima kasih juga infonya Kak. Semoga pengalamannya membantu dan bermanfaat bagi pembaca lainnya ☺

      Hapus
    2. Mantaabb, prosesnya berapa hari itu gan? Soalnya saya juga disuruh nunggu 3x24 jam dulu.. habis itu tahap apa setelah itu?

      Hapus
    3. Sabar Kak, nanti juga berhasil pembatalannya πŸ˜…

      Hapus
  27. Kartu jebakan betmen telkomsel memang pintar membodohi pelanggan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya adalah setiap ada promo, harus dipelajari & cari dahulu infonya sebelum mengikuti program promo tersebut Kak. Semoga peristiwa tersebut bisa diambil hikmahnya ☺

      Hapus
  28. kak kalau mau membatalkan alasannya bagaimana ya? soalnya kemarin udah di telfon terus katanya akan di proses hari senin. setelah saya liat komen² disini saya jadi ingin membatalkan. alasan yang tepat untuk membatalkan apa ya kak? terimakadih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang membuat Kak Eva ingin membatalkan penyebabnya apa? Kalau alasannya adalah karena sebelumnya belum mengetahui tentang syarat dan ketentuan yang berlaku, maka ya bilang saja kalau sebelumnya tidak mengerti apa itu kartu Halo Kak. Yang penting intinya ingin dibatalkan saja prosesnya Kak.

      Hapus
  29. Misi Mbak. Saya Mau Tanya Kemarin tgl 1 Saya membayar kartu halo sbesar 130ribu terus barusan kemarin tgl 10 saya sudah dpt sms tagihan lagi. Maksudnya gimana ya mbk?
    #terima Kasoh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak apa-apa Kak Fauzan. Itu hanya notifikasi otomatis saja dari kartu Halo. Biasanya dibagian akhir SMS tersebut ada tambahannya yang intinya adalah "abaikan SMS ini bila anda sudah melakukan pembayaran". Pembayaran kartu Halo hanya 1 bulan sekali. Semoga membantu Kak.

      Hapus
  30. Saya hampir 4 bulan mbak Pake kartu halo apa bisa di alihkan ke kartu biasa lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah menjadi kartu Halo (Pasca Bayar), maka tidak bisa dirubah lagi ke nomor Prabayar (Simpati, As, dan Loop). Kalau tidak ingin lagi menggunakan kartu Halo, jalan satu-satunya adalah menutupnya, sehingga nomor tidak bisa digunakan lagi. Untuk menutupnya juga ada syarat, yaitu tidak terikat kontrak promo dengan telkomsel Kak Fauzan.

      Hapus
    2. Oh gitu ya mbak. Ya sdh makasih infonya mbk.πŸ™

      Hapus
  31. Mba mau tanya tadi di tlfn cs suruh pindah ke pasca bayar halo terus saya setuju.dan saya tlfn cs lagi untuk membatalkan migrasi kartu pasca bayar halo harus nunggu 3x24jam kerja kalo belum berubah bisa di cancel kenapa tidak bisa langsung cancel di hari itu juga.solusinya gimana mba biar kartu tidak berubah ke pasca bayar halo???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya itu hanya prosedur saja Kak. Kartunya akan berubah kapan Kak? Kalau semisal kurang dari 3 Hari kartunya sudah berubah, dan disuruh menunggu 3 hari lagi, ya telpon saja ke 188 Kak. Karena kalau sudah berubah menjadi kartu halo, maka tidak bisa dirubah kembali menjadi kartu prabayar.

      Hapus
    2. kak klw kartu haloo saya sudahh 3 bulan gak saya pakai dan gak dayaa bayarr....apa truss tambah tagihannyaaa

      Hapus
    3. Kewajibannya ya harus bayar tagihan Kak. Kalau tidak dibayar, maka Nama + NIK yang digunakan waktu mendaftar kartu Halo tersebut akan tercatat & disimpan oleh telkomsel. Semisal suatu saat Kakak akan membuat kartu Halo lagi, maka Kakak akan disuruh melunasi tagihan tersebut. Jelas ya Kak 😊

      Hapus
  32. Kak mau tanya
    Saya berlangganan kartu hallo kurang lebih 4 bulan yang lalu, terus setelah lewat tanggal pembayaran saya di blokir gak bisa nelpon sama gak bisa terima telpon,
    Tagihan saya 350 RB apakah tagihan saya akan tetap bertambah atau tidak ya kak
    Sebab saya mau pakai paketnya gak bisa lagi karena udah di blokir
    Terimakasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tagihannya tetap bertambah Kak. Kan kalau kartu Halo ada biaya tetap perbupan yang harus dibayar Kak. Jadi kalau nomornya akan diaktifkan lagi, maka harus bayar semua tagihan yang belum dibayar Kak.

      Hapus
    2. Jika mau menonaktifkan kartu saya saya harus bayar 350 RB atau lebih ya kak?

      Hapus
    3. Kartu saya kan udah di blokir kak
      Terus kalau nggak di bayar kenapa kak ?

      Hapus
    4. Ya tidak apa-apa kak. Hanya saja, nomor kakak akan di blacklist. Sehingga ketika akan membuat Kartu Halo baru, maka akan disuruh melunasi tagihannya terlebih dahulu.

      Hapus
    5. Ya tergantung tagihannya berapa kak?, intinya adalah melunasi tagihan yang ada. Kecuali kalau ada kontrak kartu halo, maka harus bayar penalti terlebih dahulu.

      Hapus
  33. Permisi kak,mau tanya,kemarin saya dapet telfon berlangganan kartu halo dan saya mengiyakannya,paketnya baru akan berjalan tanggal 5 september,karena banyak review jelek,saya ingin membatalkannya,apakah bisa? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Kak. Selama nomornya belum berubah menjadi kartu Halo (pascabayar), maka prosesnya masih bisa dibatalkan. Hubungi lagi saja salesnya atau CS telkomsel.

      Hapus
    2. Baik kak,terima kasih banyak,akan saya coba hubungi 188 ya kak

      Hapus
    3. Sama-sama Kak. Semoga sukses 😊

      Hapus
  34. Mba evi, kartu halo saya batas limitnya 120 rb, kuota 28 GB dan telepon 150 menit, jika paketan tersebut tidak habis saya gunakan dlm sebulan, apa mgkn tagihan tersebut bisa lebih besar nnt? Kalau iya penyebab nya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau penggunaannya hanya internet dan nelpon menggunakan kuota dari paket tersebut, maka tagihannya maksimal hanya 120rb + 12rb saja kak. Akan tetapi, semisal ada penggunaan lain seperti sms dan lain sebagainya maka bisa saja bertambah tagihannya Kak.

      Hapus
  35. Untuk menonaktifkan kartu halo dengan kontrak 3 bln, berapa biaya penalti yg harus di bayar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung sudah dipakai berapa bulan Kartu Halonya Kak?. Kalau sudah dipakai lebih dari 3 bulan, ya tidak akan kena penalti. Seandainya sudah dipakai 2 bulan dan akan menutupnya, maka hanya membayar penalti 1 bulan saja. Besarnya biaya penalti tergantung dari harga paket bulanan Kartu Halo tersebut kak.

      Hapus
  36. saya di irak .. dan kartu halo saya sudah tidak di pake sejak 6bulan lalu... apa kah saya masih di tagih???

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3 bulan yang ditagih kak. Selanjutnya kartunya akan diblokir kak.

      Hapus
  37. Halo kak evi, saya tadi sore tgl 27 Agustus 2019 mengganti kartu As prabayar ke Kartu Halo Pascabayar dengan biaya kartu 66rb untuk 6GB Internet gratis. Nah saya tdk tau ada beginian yang masalah menunggak-nunggak biaya tersebut. Yang mau saya tanyakan, bisa tidak jika saya ganti kartu baru ke prabayar Kartu As saya lagi? Aku bilang saja bahwa hilang hp saya dicuri gitu hehehe. Mohon dibalas ya kak, soalnya saya takut mengenai bengkak tagihan begini hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah berubah menjadi kartu pascabayar (Kartu Halo) maka tidak bisa dirubah kembali kak. Kalau tidak bisa menggunakan, solusinya adalah ditutup kartunya kak.

      Hapus
    2. Betul sesuai yg kakak katakan, tadi pagi saya datangi kembali ke grapari. Dan mereka juga bilang jika mau hanya buat nelpon dan sms hanya perlu biaya abdomennya sesuai limit aja. Misalnya paket nelpon 25rb dapat 50 menit nelpon dan 100 sms sesama tsel. Nah jika dibuat limit 50rb tiap bulan itu bisa. Itupun jika mau ubah begituan nunggu 1 bulan pemakaian dari kartu baru. Begitulah kak permasalahan saya ini. Saya juga menyesal gegara omongan manis cs grapari yg katanya lebih enak make Kartu Halo banyak kelebihannya dikatakan sinyal kuat, promo halo kick selalu ada. Begitulah kak cerita saya

      Hapus
    3. Buat pengalaman saja Kak :)
      Semoga teman-teman lainnya juga lebih teliti & mencari informasi lebih lengkap sebelum mengambil keputusan untuk migrasi kartu Halo.

      Hapus
  38. Kak saya baru daftar tadi apakah bisa saya langsung berhenti ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung Kak. Apabila ada kontrak, bisa berhenti asal bayar penalti. Kalau tidak ada kontrak, bisa langsung berhenti dengan membayar tagihan pertama Kak.

      Hapus
  39. Mba evy saya dpt sms sprti ini "Batas pemakaian roaming(paket,SMS,internet) Anda Rp2,500,000(selain tlp,abonemen dan pajak). Ubah batas maks hub 188 atau 628110000333(luar negeri) TANPA BIAYA"

    Saya gak pernah pakai roaming,, jadi apa saya tetap dikenakan bayaran juga nnt?
    Jika iya.. bgmn cara saya bisa menghentikan paket roaming tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama pemakaiannya bisa terkontrol, maka tagihannya juga tidak akan banyak Kak. Tidak perlu khawatir Kak, informasi SMS yang Kak Silva dapatkan hanya informasi Limit (batas) dari pemakaian Kartu Halo saja. Jadi tagihan maksimal perbulan dari penggunaan kartu Halo yang digunakan adalah Rp 2.500.000 + biaya bulanan (abonemen) + PPN (10%). Semisal ingin merubah Limit dari Rp 2.500.000 menjadi 100Rb juga bisa Kak. Jadi Maksimal tagihannya nanti adalah Rp 100.000 + biaya abonemen + PPN saja. Limit kartu Halo berfungsi agar tagihan dari Kartu Pasca bayar tersebut nantinya tidak melebihi dari kemampuan atau rencana pengeluaran bulanan untuk tagihan kartu Halo Kak.

      Hapus
    2. Kalo mau merubah limit nya gimana mba?

      Hapus
    3. Bisa langsung menghubungi CS telkomsel via 188 Kak. Nanti akan dibantu oleh CS nya ☺

      Hapus
  40. Kenapa gak ada cara buat kembali ke kartu prabayar?
    Kalau beginih caranya pelanggan bisa beralih ke kartu lain..
    Menurut saya ini cara telkomel untuk menutup konter pulsa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kartu lain, rata-rata juga punya layanan yang sama, yaitu memiliki produk pascabayar & prabayar Kak. Semua juga memiliki sistem yang sama dengan telkomsel bahwa kartu pasca bayar tidak bisa dikembalikan ke kartu prabayar. Buat pengalaman saja Kak. Semoga ada hikmahnya 😊

      Hapus
  41. Siang mbak,
    Mau sharing pengalaman aja, saya udah lama pakai kartu as prabayar selama 10 tahun, 1 bulan ini saya tdak ada melakukan pemakaian Telp or sms, krna asik memnggunakan Telp/SMS pakai krtu data Dari provider lain, Dan alhasilnya krtu as sama masuk masa tenggang yg dmana saya tidak bisa lakukan panggilan keluar/SMS keluar, untuk Telp/SMS masuk bisa,jaringan kru as pun stabil, cuma untuk Cek pulsa gak bisa diakses,padahal pulsa terakhir Ada 5 ribu,,
    13 September 2019,saya ke grapari,saya ceritakan problemnya, krtu saya masuk masa tenggang 1 bulan udah gak bisa akses telp/SMS keluar,isi pulsa pun gak bisa,respon CS nya iya mbak itu krna gak Ada pemakaian selama sebulan outomatis jdi gitu setidaknya mbak Ada lakukan pemakaian 1000 minimal dalam sebulan, krna krtu saya kartu lama dimigrasi ke kartu halo sbg solusi satu2nya biar bisa tetap pakai no lama, tapi kalau no yg udah 4lte apabila masuk masa tenggang gak bisa dihidupkan no.nya mau gak mau yaa ganti no baru.
    Krtu halo ini bayar perbulannya 50 ribu antara periode 15sep-10 October,
    Kenapa mulai 15 krna tunggu masa aktif krna 1x24 jam,mmm...semoga saya nyaman aja dg krtu halonya nya...

    Note: jangan sampai Teman yg lain lupa Cek masa aktif krtu nya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mbak Aira atas sharingnya. Saya juga ada 2 nomor telkomsel yang jarang dipakai, hanya saja setiap tanggal 22 selalu saya isi 5rb untuk memperpanjang masa aktifnya. Kalau pengalaman saya, asalkan belum 3 bulan kartu tersebut hangus, maka kartunya masih bisa diperbaiki (akan tetapi kartu tersebut adalah indosat im3) mbak. Sepengetahuan saya, axis juga sama seperti indosat (selama belum 3 bulan, maka masih bisa dihidupkan kembali nomornya).

      Hapus
  42. Klo udah nonaktif kartu kmbli smula kn ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kartunya sudah tidak bisa digunakan kembali Kak 😊

      Hapus
  43. Malem mbak Evy,

    Saya migrasi dari prabayar ke pascabayar kartu halo baru sebulan yg paket kick 80ribu limited 100ribu. Pembayaran pertama memang murah hanya 49ribuan, tetapi sebelum tgl 10 sept (sekitar tgl 28 agst 2019)paket telp udah abis, tapi untuk paket internet masih bisa di pake. Pas kemaren tgl 11 sept paket telp udah bisa di pake lagi,dan barusan saya iseng cek ke *888# info tagihan ternyata tagihan udah 109ribu, padahal baru beberapa hari paketnya aktif, itu jg internet&nelp jarang dipake lagian klo dirumah sy pake wifi. Yang sy tanyakan, apakah tagihan yg 109ribu itu dari pemakaian internet bln agustus bukan? Tapi terakhir sy cek masih ada kuota promo nya.

    BalasHapus
  44. Selamat malam juga mbak Amiyanti.

    Menu *888# kan berfungsi untuk mengecek jumlah penggunaan & tagihan mbak. Jadi kalau melihat tanggal 11 September paket mbak sudah diperbarui lagi, berarti kemungkinan besar yg 109rb adalah tagihan periode Agustus mbak. Kalaupun pembayaran pertama murah, karena periodenya belum full 30 Hari mbk. Kalau paket yang mbak pilih adalah yg Halo Kick 80rb, berarti tagihan minimalnya adalah Rp 88ribu (80rb+PPN 10%). Untuk memastikannya, silakan mbak Amiyanti buka tagihannya menggunakan aplikasi MyTelkomsel saja. Semoga membantu ☺

    BalasHapus
  45. Ya mbak makasih info nya, semalam sy udah coba buka MyTelkomsel dan cetak ebill ternyata itu tagihan yg bln agustus, haduh sekarang mesti sering cek2 pemakaian telp aja, spy terkontrol tagihan nya. Udah terlanjur migrasi mau non aktifkan kartu sayang soalnya kartu lama dan kartu terdaftar ibanking. πŸ˜…πŸ˜­

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbak...
      Sebenarnya kalau bisa mengontrol pemakaiannya, kartu Halo itu juga tidak selamanya merugikan pemakainya πŸ˜…

      Hapus
  46. Mbak Evi
    Kalau udah tutup kartu halonya ada buktinya gak ya mbak sebagai bukti buat kita
    Terima kasih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu saya menutup kartu Halo di GraPARI, seingat saya tidak mendapatkan bukti apa-apa Kak. Waktu itu saya percaya saja karena menutup dengan prosedur yang benar. Setelah ditutup, sudah tidak ada lagi tagihan untuk nomor yang ditutup. Saya yakin bahwa petugas GraPARI bisa dipercaya untuk masalah penutupan kartu Halo Kak :)

      Hapus
  47. pagi kak ku mu tanya, kemarin kn baru migrasi ke kartu halo terus pagi ini dapat email kontrak yang isi nya ada "selama periode 12 bulan" itu maksudnya apa ya kak ? apa artinya jadi berlangganan 12 bulan kah? dan kalo mau menonaktifkan kartu halo nya apakah harus bayar penalty ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi selama 12 bulan akan mendapatkan paket promo Kak. Biasanya setelah 12 bulan, paketnya akan berubah (biasanya kuota promonya dihilangin). Selanjutnya, Kakak harus wajib berlangganan Kartu Halo minimal 12 Bulan. Apabila ingin menutup sebelum masa kontrak selesai, maka harus bayar penalty Kak. Semisal setelah memakai 8 bulan ingin berhenti, maka harus bayar 4 bulan sisa kontraknya. Semoga membantu ☺

      Hapus
  48. oh jadi 12 bulan itu untuk paket promo ya ? kalo misal selama masa promo. terus ku nonaktifkan bisa enggak kak ?? karena di kontraknya tidak disebutkan masa berlangganannya jadi ku bingung kak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi Promo 12 Bulan itu sama dengan Kontrak 12 Bulan Kak. Selama masih promo, kalau ingin menonaktifkan, berarti harus bayar biaya penalty. Jadi saran saya adalah gunakan sampai masa promo (kontrak) selesai. Selanjutnya bisa tetap dilanjutkan atau dinonaktifkan.

      Hapus
  49. Ka evy saya mau tanya, saya sudah terdaftar ke kartu halo pada tgl.3 september ,dan pulsa saya ada 103 rb nah itu terakumulasi jadi.0 itu berarti saya bulan september sudah bayar ya ka? Soalnya di emailnya terbayar tunai/cash ka, gimana itu ka apa tagihan saya bulan september lunas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk memastikannya, silakan buka aplikasi MyTelkomsel kemudian pilih Akun Saya, kemudian pilih Tagihan Kak. Kalau tidak ada tagihan, berarti ya sudah terbayar Kak 😊

      Hapus
    2. Iya ka saya sudah cek dan tidak ada tagihan, tapi saya cek *111# ada tagihan sbesar 103 rb dan di aplikasi my telkomsel ada 106 rb pas tampilan utama sbenernya yg mana tagihan saya hmmm

      Hapus
    3. Jadi kalau kartu prabayar di halaman utama MyTelkomsel menunjukkan Pulsa, kalau di Kartu Halo (pascabayar) menunjukkan pemakaian sementara Kak. Kemungkinan itu penggunaan sementara Kak. Jadi nanti akan masuk pada saat tagihan berikutnya. Kalau itu pemakaian sementara, berarti boros banget karena tagihannya nanti adalah paket abonemen + jumlah pemakaian + PPN 10% Kak.

      Hapus
    4. Paket abonemen berapa ka? Terus hari sabtu grapari tutup gak ya?

      Hapus
    5. Setiap nomor abonemennya beda-beda Kak, karena paketnya kan beda-beda. Biasanya ketika akan membuat kartu Halo kan kita pilih Paket. Ada yg 50rb, 60rb, 75rb, 100rb, dan lain sebagainya. Kalau sabtu di daerah saya tutup Kak, akan tetapi kurang tahu juga di daerah Kakak buka atau tidak.

      Hapus
  50. Oke terimakasih atas infonya ka evy

    BalasHapus
  51. Kak mau nanya, ini saya pakai pasca bayar dari bulan Mei 2019 nah paket nya pakai hallo kick yang 10 GB dan extra kuota yang 4 GB kalo pindah paket itu gimana ya? Biar tagihan nya sedikit, soalnya niat mau tutup non aktifkan kartu halo nya sayang no yang di pakai sudah lama. Mohon bantuannya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah tidak ada perjanjian kontrak paket kartu Halo, maka untuk pindah paket ataupun bila ingin membatasi pemakaian pulsa bisa menghubungi langsung CS Telkomsel Kak ☺

      Hapus
  52. Saya berlangganan kartu halo sudah genap 1 tahun 20 hari kak tapi msh kena denda pas mau nutup 330.ribu tanpa ada penjelasan rincian dana nya itu knpa kok seperti itu biayanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu denda atau pembayaran tagihan terakhir Kak? Biasanya kalau menutup, kita disuruh bayar tagihan terakhir di Grapari pada waktu menutupnya Kak. Kalau CS nya bilang biaya tersebut adalah denda, maka Kak Vio berhak minta penjelasan CS nya Kak.

      Hapus
  53. Mbk kartu halo sya aktif tgal 23 September, kok brakhir kuota kartu halo nya tgl10-10-2019, kan itu blm sbulan. tolong pencerahannya mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak apa-apa Kak. Biasanya untuk pemakaian pertama kali memang begitu (menyesuaikan tanggal tagihan bulanan). Meski demikian, tagihan untuk pertama kali juga akan jauh lebih murah (tidak bayar full) Kak 😊

      Hapus
  54. Kartu halo aktif bulan november pasca bayarx dibulan desember 2019 apabisa berhenti berlangganan mohon penjelasanx mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya sekarang belum aktif? Masih proses migrasi? Kalau masih proses migrasi, bisa dibatalkan Kak. Langsung hubungi CS telkomsel ya... bisa menggunakan e-mail, telp 188, dan lain sebagainya.

      Hapus
  55. Permisi bu mau tanya saya pemakai kartu halo kick yg ditawarkan lewat telfon nah periode pembayaran mulai tanggal 11 oktober kemarin sebelum tgl 11 kmerin saya telfon CS dan saya tanya untuk berhenti langganan kemudian CS menawarkan untuk menonaktifkan hallo kick 100rb kemudian hanya bisa untuk telfon dgn biaya minimal 50rb yang saya tanyakan apakah nonaktif selamanya bu terimakasih ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi yang dinonaktifkan adalah paket Halo Kick nya Kak (bukan kartu Halo nya). Jadi biaya bulanannya (abonemen) akan berubah menjadi minimal 50rb + PPN 10%. Jadi kalau yg ditanyakan apakah paket Halo Kick nya non aktif selamanya? maka saya jawab bisa saja (asal tidak mengajukan paket halo Kick lagi). Akan tetapi kalau yang ditanyakan apakah kartu halo nya akan nonaktif selamanya? Maka saya jawab, untuk menonaktifkan harus sesuai prosedurnya Kak.

      Hapus
  56. Mbak kalau kartu halo kita hilang atau rusak dan ngga bisa di pakai lagi apakah masih tagihan ny berjalan trus atau stop mak

    BalasHapus
  57. kk mau nanya
    saya kan baru menggunakan kartu halo
    lalu kemarin saya mau isi pulsa prabayar tapi tdk bsa
    ge mna y kk caranya biar bisa ngisih plsa prabayar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu isi pulsa Kak. Jadi kalau menggunakan kartu Halo itu modelnya bayar tagihan di akhir periode. Jadi setelah menggunakan, baru bayar tagihan setiap 1 bulan sekali Kak 😊

      Hapus
  58. kak sya mw tnya hari in saya d twari telkomsel utk berpindah ke kartu halo.lalu sy tergiur..kartu sya sdah kartu halo.ad bonus dan pulsa 100 rbu..sya ingin berhenti menggunakan kartu halo d grapari apakah sya di kenakan ganti rugi dan harus membayar 100 rbu d grapari


    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau baru hari ini ditawari pindah ke kartu Halo, apa hari ini juga langsung berubah menjadi kartu Halo Kak?

      Kalau menggunakan kartu Halo, tidak perlu memiliki pulsa karena kartu pasca bayar itu membayar tagihan setelah pemakaian di periode tertentu (sebulan sekali Kak).

      Kalau ingin menutup kartu halo, syaratnya hanya membayar tagihan yang belum dibayar Kak. Kecuali kalau ada kontrak, maka harus bayar penalty.

      Hapus
  59. Halo kak, mau tanya. Saya kn kemarin ditawarin salesnya unk menggunakan kartu halo dg banyak iming2nya. Dan dia bilang akan di proses min 1x24 & max 3x24 jam. Setelah tlp ke 188 Mau batalkan katanya ga bisa & tunggu setelah di proses. Itu gimana ya kak batalinnya? Krna aku baca2 artikelnya pd banyak yg ga nyaman dg kartu pascaprabayar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi syarat untuk membatalkan proses migrasi kartu Halo, syaratnya adalah nomornya belum berubah menjadi kartu Halo setelah 3 x 24Jam dari waktu pengajuan Kak. Jadi kalau dalam waktu 3 hari sejak pengajuan, kartunya sudah berubah menjadi kartu halo, maka proses migrasi tidak bisa dilakukan Kak ☺

      Hapus
  60. Saya juga ada tawaran beralih dari kartu prabayar ke pascabayar. Krna banyak iming2 dr salesnya ya saya mengiyakan kemarin dg 26 gb 100 ribu perbulan & promo katanya 3 bulan. Ketika saya baca2 banyak yg ga nyaman, JD saya takut jg. Krna saya takut saya tlp call center ya 188 unk dibatalin katanya ga bisa kak dg alasan masih di proses max 3x24 jam. Itu gimana ya kak unk ngebatalinnya? Apa saya harus ke grafarinya atau gimana unk menutup kartu saya yg masih di proses atau saya tunggu konfirmasi 188?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk membatalkan proses migrasi kartu Halo, syaratnya adalah bila dalam 3 x 24 Jam, kartunya belum berubah menjadi kartu Halo Kak. Biasanya salesnya sudah menginformasikan bahwa kartunya akan diproses pada waktu (tanggal) tertentu Kak. Jadi nunggu 3 x 24 Jam sejak persetujuan ya Kak 😊

      Hapus
    2. Oke kak, makasih infonya. Tapi kak kalau sudah terdaftar nanti apakah bisa di tutup kartu halonya meskipun belum sampai masa 3 bulannya,misalnya pemakaian 1 minggu? Dan apakah kita terima notifikasi sms dr pihak 188 unk masa kontraknya itu?

      Hapus
    3. Kalau promonya 3 bulan, berarti kontraknya juga 3 bulan Kak. Kalau kartunya mau ditutup sebelum 3 bulan, maka Kakak harus bayar penalty 3 bulan Kak. Minimal adalah (100 rb + 10%) x 3 bulan = 330rb. Kalau saran saya, semisal sudah berubah menjadi kartu Halo, silakan dipakai dulu promonya sampai habis (biar tidak mubadzir). Setelah itu kalau berniat ingin menutupnya, tinggal ditutup saja ke Grapari Kak.

      Hapus
  61. Oh, ok kk. Tapi kalau saya mau berhenti setelah 3 bulan itu, apakah saya di kenakan tagihan lagi tanpa harus menutup kartu halo nya? Dan untuk pemakaian nya apakah di sesuaikan dg kouta yg saya beli itu kak 100 ribu itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Kalau menutupnya sebelum 3 bulan pemakaian (semisal 2,5 bulan), maka Kakak harus bayar sampai bulan ke-3.

      2. Kalau menutupnya setelah 3 bulan pemakaian (semisal 3 bulan lebih 2 hari atau lebih), maka kakak harus bayar tagihan bulan ke-4 untuk menutupnya.

      3. Kalau kartu tidak ditutup, tagihan terus berjalan Kak.

      4. Untuk pemakaian bebas Kak. Hanya saja kalau kakak tidak bisa mengontrol pemakaian diluar paket kuota yang diberikan, maka tagihannya bisa membengkak Kak. Tagihan minimal kan 110rb (termasuk PPN), maka kalau melebihi pemakaian bisa tambah biaya pemakaiannya.

      Hapus
  62. Waduhhh.. Saya kira tdnya itu setelah kontrak selesai, selesai jg urusannya tp ga jg🀦‍♀. Ribet juga ya kak.
    Kalau untuk pengontrolan pemakaian nya nantinya seperti apa kak supaya ga melebihi limit yg ditentukan? Takut tagihan nya membengkak, kan berabe😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... setelah kontrak selesai kan tinggal mengajukan penutupan kartu Halo Kak 😊

      Agar tagihannya tidak membengkak, sering dikontrol pemakaian sementara Kak. Lebih enak pakai aplikasi MyTelkomsel. Jadi kalau biasanya aplikasi MyTelkomsel pada kartu prabayar menampilkan pulsa yang dimiliki, maka pada kartu pascabayar menampilkan jumlah pemakaian sementara. Tagihan yang harus dibayar adalah abonemen paket (100rb) + pemakaian + PPN 10%. Jadi usahakan menggunakan kuota yang berada di paket saja & usahakan pemakaian sementara sekecil mungkin atau kalau bisa Nol Kak ☺

      Hapus
  63. Siap kak😁 tadi aku cek di my telkomsel masih pulsa prabayar aku se kak. Berarti belum ke daftar ya di kartu halonya? Atau tunggu kouta internet Ku habis baru ya baru beralih ke kartu halonya?
    Tp moga2 aja deh kak jangan sampe terimigrasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya migrasi dilakukan setelah paket internet prabayar habis Kak. Kalau semisal masih tetap prabayar sejak persetujuan (waktu ditelpon sales) hingga 3 x 24 Jam (sabtu & minggu tidak dihitung), maka bisa mengajukan pembatalan migrasi Kak.

      Hapus
  64. Oh gitu ya kak. Berarti bisa dong di batalin ya kak dengan syarat bahwa dlm kurun waktu 3x24 jam itu kouta internet saya masih ada juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak. Intinya selama nomornya belum berubah menjadi kartu Halo selama 3 x 24 Jam sejak pengajuan, maka masih bisa dibatalkan proses migrasinya. jadi semisal Kakak mendapatkan telpon dan mensetujui untuk migrasi pada hari Jumat, maka hari Rabu kakak bisa request pembatalan migrasi kartu Halo.

      Hapus
  65. Oke kak, thanks banget ya infonya. Sangat bermanfaat SekaliπŸ™

    Tapi kira2 mau ga ya kak mereka batalin imigrasinya Dengan alasan tsb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alasan apapun harusnya diterima Kak 😊

      Alasan itu kan hanya sebagai evaluasi dari program promo kartu halo tersebut Kak. Oh iya, biasanya sales bilang tentang waktu kapan kartunya akan diaktifkan lho Kak. Apa mungkin Kakak tidak konsen atau kurang memperhatikan salesnya bicara πŸ˜€

      Hapus
  66. Oh iya kak. Kemarin se dia bilang akan diaktifkan min 1x24 jam & max 3x24 jam dg alasan krna kouta internet ku ga banyak lagi. Jadinya itu bagaimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tidak secepat yang dibilang salesnya Kak. Mungkin salesnya sudah tahu kalau banyak yang membatalkan migrasi, jadi prosesnya sekarang dicepetin biar pelanggan tidak sempat migrasi lagi πŸ˜‚

      Hapus
  67. Waduhhh... Bahaya ini. Tp kak kalau misalnya udh ke daftar lalu kita minta unk berhenti berlanggan apakah dr pihak grafari akan memblok semua kartu tanpa harus bayar2 lg? Krna Ada jgjg artikel yg saya baca bisa di tagih lagi kalau kita udh nonaktifkan kartu kita.

    Dan misalnya kalau saya katakan alamat di KTP di Kalimantan Timur & skrg lg menempuh pendidikan di Jakarta, trus apakah saya bisa minta unk berhenti berlanggan di grafari yg di Jakarta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semisal sudah berubah menjadi kartu Halo, maka kalau ingin tidak menggunakannya tinggal ditutup saja lewat GraPARI Kak. Bisa di grapari mana saja, yang penting bawa kartu identitas (KTP) sesuai dengan yang terdaftar dalam registrasi kartu. Syarat untuk menutup kartu Halo adalah membayar biaya tagihan (kalau tidak ada penalty). Kalau ada penalty ya bayar penalty dan tagihannya Kak.

      Jadi yang diblok atau dinonaktifkan adalah kartu yang ditutup saja Kak. Tenang aja, tidak seribet yang dibayangkan Kak 😊

      Hapus
  68. Waw... Jd itu ketentuannya ya. Kalau misalnya berlangganan ga sampe waktu yg di tentukan (3 bulan) dan itu hanya 1 bulan saja yg ke pake berarti bulan ke 2 & 3 juga harus di bayar ya☹

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, itu namanya kena penalty. Kalau kontraknya 12 Bulan, bisa kena penalty 11 Bulan hehehe...

      Mohon maaf, bagi sahabat yang ingin berkomentar, silakan buka link halaman di bawah ini (karena halaman ini jumlah komentarnya sudah mencapai 200, sehingga untuk komentar ke 201 dan seterusnya tidak bisa ditampilkan lagi komentarnya di halaman ini). Untuk Komentar Baru, silakan klik disini

      Hapus