Beranda
Android
Gadget
Internet
Aplikasi Android Untuk Menghemat Kuota Data Internet
Bagi sahabat yang sering merasa boros dengan pengeluaran untuk keperluan membeli paket data internet, saya yakin aplikasi ini merupakan solusi yang sangat tepat untuk sahabat. Aplikasi ini bisa menghemat kuota data internet sahabat hingga 50%. Bayangkan saja bila dalam satu bulan sahabat menghabiskan kuota internet hingga 4GB, dengan aplikasi ini sahabat dalam satu bulan hanya akan menghabiskan 2GB. Super hemat bukan…

Aplikasi penghemat kuota data internet untuk android ini bernama Opera Max. Kalau sahabat sering mendengar browser Opera ataupun Opera mini, maka pada kesempatan kali ini saya akan mengenalkan aplikasi penghemat data internet Opera Max.
Apa itu Opera Max?
Opera Max adalah aplikasi android yang berfungsi sebagai penghemat data internet dan bisa digunakan untuk mengendalikan ataupun memfilter aplikasi yang terhubung dengan jaringan internet. Sering kita tidak sadar bahwa banyak aplikasi pada smartphone android secara diam-diam melakukan proses download (mengambil data menggunakan jaringan internet) dan upload (mengirim data menggunakan jaringan internet), sehingga secara tidak sadar kuota data internet sahabat berkurang meskipun HP hanya dalam posisi standby. Untuk mengetahui trafik (lalu lintas) internet smartphone sahabat, sahabat bisa memasang aplikasi internet speed meter yang bisa sahabat download melalui playstore pada smartphone android sahabat.

Bagaimana cara kerja Opera Max untuk menghemat kuota data internet?
Penghematan data yang dilakukan oleh opera max adalah dengan cara mengkompresi data internet yang sahabat akses melalui server opera, sehingga data yang sahabat akses menjadi lebih kecil. Selain hal tersebut, aplikasi opera max juga dapat memfilter aplikasi atau memblokir koneksi internet pada aplikasi yang tidak sahabat inginkan. Dengan cara-cara tersebut, opera max akan membuat kuota sahabat menjadi lebih hemat dibandingkan bila sahabat tidak menggunakan aplikasi tersebut.

Bagaimana cara menggunakan opera max?
untuk cara pemasangan, cara mengaktifkan aplikasi dan memfilter aplikasi yang akan diblokir koneksi jaringan internet menggunakan opera max, akan saya jelaskan langkah-langkahnya seperti di bawah ini.

Cara memasang aplikasi opera max di android
Silakan sahabat masuk pada playstore, kemudian sahabat cari "opera max" seperti gambar di bawah ini.
Selanjutnya silakan sahabat install aplikasi opera max hingga selesai. Bila sudah selesai, maka sahabat akan bisa mengaktifkan fitur saving data (menghemat kuota pemakaian data internet) dan manage apps (memfilter aplikasi yang terhubung dengan internet)

Cara mengaktifkan mode penghematan data internet pada aplikasi Opera max pada android
Untuk mengaktifkannya adalah dengan cara masuk pada menu (sebelah pojok atas), selanjutnya pilih "Save Mobile data
Selanjutnya pada halaman "save mobile data" , tekan pada start saving data (lihat gambar berikut)
Setelah tombol start saving mode sahabat tekan, maka akan berubah menjadi gambar seperti di bawah ini yang artinya penghematan data sudah aktif.

Cara memfilter aplikasi yang tidak digunakan pada android dengan opera max
Masuk pada menu, selanjutnya pilih pada "Manage apps" seperti gambar yang saya lingkari di bawah ini
Langkah selanjutnya adalah pada halaman "manage apps" pilih aplikasi yang sekiranya tidak perlu terhubung dengan jaringan internet untuk diblokir dengan cara menyentuh aplikasi yang terdapat pada halaman sebelah kiri, sehingga akan berpindah ke halaman sebelah kanan. Hal ini dilakukan karena banyak aplikasi yang terhubung otomatis ke internet dan menguras kuota data internet sahabat. Pada halaman ini, sahabat akan menemukan banyak aplikasi yang bisa sahabat blokir (filter) seperti gambar di bawah ini.

Dengan mengaktifkan dua fitur yang terdapat pada opera max tersebut, saya yakin konsumsi internet sahabat akan menjadi lebih hemat. Semoga bermanfaat dan membantu.

Penulis blog

Tidak ada komentar