Kartu Halo

Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Kartu Halo Telkomsel

Evy Nurvitasari
30 Komentar
Beranda
Kartu Halo
Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Kartu Halo Telkomsel
Sebagai pengguna kartu Halo telkomsel, saya akan menjabarkan beberapa kelebihan dan kekurangan dari kartu pasca bayar yang dikeluarkan oleh salah satu operator selular terbesar di Indonesia ini. Dasar yang saya gunakan dalam menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari kartu ini adalah pengalaman saya dalam menggunakan kartu halo selama kurang lebih 5 bulan ini. Meski masih tergolong baru dalam pemakaian kartu halo, tapi menurut saya waktu tersebut sudah cukup untuk memberikan gambaran kepada sahabat tentang kartu halo. 
Sebelumnya saya akan memberikan gambaran dahulu mengenai kartu halo. Kartu halo adalah kartu pasca bayar (bayar tagihan setelah pemakaian satu bulan) yang dikeluarkan oleh Telkomsel. Perbedaan dari kartu halo (pasca bayar) dibandingkan dengan simpati dan kartu as (prabayar) yang paling kelihatan adalah cara pembayarannya. Kalau simpati dan kartu as sahabat bayarnya dengan cara membeli pulsa, sedangkan untuk kartu halo sahabat diwajibkan untuk membayar tagihan setelah pemakaian.

Berdasarkan pemakaian kartu halo selama ini, berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari kartu halo yang menurut saya bisa menjadi pertimbangan sahabat untuk menggunakannya.

Kelebihan Kartu Halo
  • Jaringan luas dan lebih stabil – dengan didukung jaringan telkomsel yang sangat luas dari Sabang sampai Merauke menjadikan kartu ini dapat digunakan sampai pelosok negeri ini. Selain itu menurut saya internet dari kartu halo lebih stabil. Hal ini saya ketahui ketika saya melakukan kunjungan mahasiswa KKN saya di kampung Onggari (salah satu daerah di kabupaten Merauke) yang cukup jauh dari kota dan pemancar telkomsel. Kebetulan saya memakai kartu halo, sedangkan suami saya menggunakan kartu simpati. Ketika suami saya kesulitan mengakses internet dengan jaringan 2g (edge), saya cukup lancar dalam terhubung dengan jaringan internet. Meski demikian faktor smartphone mungkin juga mempengaruhi sinyal yang diterima.
  • Paket internet lebih murah – dalam hal ini, saya membandingkan paket internet ataupun combo (Paket internet, telepon, dan sms jadi satu) yang ditawarkan kartu pascabayar halo dan kartu prabayar simpati ataupun telkomsel dengan  melalui aplikasi MyTelkomsel. Selain lebih murah, pilihan paket yang ditawarkan oleh kartu halo juga lebih beragam.
  • Tidak khawatir kehabisan pulsa – hal yang sering membuat gregetan adalah ketika ingin telfon atau sms atau juga internetan kebetulan pulsa habis, sehingga untuk dapat menggunakannya sahabat harus isi ulang dulu. Untuk kartu halo, sahabat tidak perlu khawatir karena pembayaran dilakukan setelah pemakaian.
  • Pembayaran tagihan mudah – untuk pembayaran tagihan kartu halo, telkomsel menyediakan kemudahan bagi para penggunanya untuk melakukan pembayaran tagihan bulanannya. Untuk pembayaran tagihan, sahabat bisa membaca postingan saya cara mudah membayar tagihan kartu halo dimana saja.
  • Bisa diatur limit pemakaian – banyak yang takut menggunakan kartu pasca bayar karena takut tagihan bulanannya membengkak. Untuk mengantisipasi hal tersebut, telkomsel memberikan layanan limit pemakaian (pembatasan pemakaian) agar tidak terjadi pembengkakan tagihan bulanan.
Kekurangan Kartu Halo
  • Kartu tidak tersedia di Konter – Berbeda dengan kartu prabayar yang dijual bebas disetiap konter. Bagi sahabat yang ingin menggunakan kartu halo, sahabat harus datang sendiri ke grapari telkomsel di daerah sahabat. Bila jarak antara rumah sahabat jauh dari grapari telkomsel, sahabat bisa pesan lewat saya dengan menghubungi menu kontak.
Sampai pemakaian saat ini, saya cukup puas dengan layanan yang diberikan oleh kartu pasca bayar Halo Telkomsel. Semoga membantu dan bermanfaat…

Penulis blog

30 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    13 Januari, 2024
    Kak mau bertanya... Kartu saya kan hangus dan minta direaktivasi kembali.,melalui *888*89# tidak bisa dan saya harus kegrapari terdekat. Singkat cerita mereka bisa aktifkan kartu saya yang hangus tapi dgn harus merubah nya menjadi kartu telkomsel halo., pertanyaan saya apa kah kartu halo itu ketergantungan harus beli kuota atau tidak ? Dan jika membeli,beli nya dimana, karena kan katanya gak perlu isi pulsa lagi sperti kartu simpati yang biasa.. Jadi saya masih bingung kk 🙏 mohon tolong bisa bantu dijelaskan kk 🙏
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      13 Januari, 2024
      Hai Kak,

      Kalau kartu Halo itu memang benar tidak perlu isi pulsa atau beli paket data karena setiap bulan nomor Kartu Halo akan selalu diberi kuota internet dengan jumlah yang sama oleh Telkomsel.

      Jadi kuotanya mau dipakai atau tidak, Kakak setiap bulan akan selalu diberikan kuota, akan tetapi setiap 30 hari sekali Kakak akan disuruh bayar penggunaan kartu Halo.

      Dalam hal ini, kuotanya mau dipakai atau tidak, kakak harus bayar setiap bulannya. Untuk pembayaran bisa melalui GraPARI, Internet Banking, Indomaret, Kantor Pos, dan lainnya.
  2. Dd
    Dd
    31 Juli, 2023
    K aku mau tanya
    Kalau kartu pascabayar seperti byu bisa pindah ke hallo tidak yah?
    Dan apakah no pascabayarnya berubah menjadi no kartu hallo
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      31 Juli, 2023
      Hai Kak, Setahu saya hingga saat ini Kartu by.U merupakan kartu Prabayar (bukan pascabayar). Meski merupakan kartu prabayar, akan tetapi Kartu by.U tidak bisa pindah atau migrasi ke kartu Pascabayar (Halo). Semoga membantu.
  3. p_des
    p_des
    23 Juli, 2023
    Konsepnya jadi kaya paylater yaa?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      23 Juli, 2023
      Iya, Pasca bayar memang begitu Kak 😃
      Pakai dahulu, baru bayar kemudian 🙂
  4. Myu
    Myu
    24 April, 2023
    Min, apabila kita sebelumnya sebelum pindah di halo kita masih punya kuota 65GB apakah setelah pindah kuotanya juga tetap atau hilang?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      05 Mei, 2023
      Sepertinya kalau pindah paket bisanya di awal periode Kak. Jadi otomatis kuota sebelumnya akan hangus 🙂
  5. Unknown
    Unknown
    19 April, 2022
    Kuotanya masih ada,beberapa giga..jatuh tempo pembayaran tgl 30,tiap tanggal 1 diisi kuota ko g diakumulasi kan ya,.sisa kuota yang bulan kemarinnya..kan udah kita beli
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      19 April, 2022
      Iya Kak, memang benar kalau kuotanya tidak dipakai sampai periode selanjutnya (setiap satu bulan sekali) maka kuotanya akan hangus. Jadi bisa dikatakan bahwa kuota yang diberikan tiap bulan memiliki masa aktif 30 hari 🙂
  6. Unknown
    Unknown
    12 April, 2022
    Maaf kak,mau bertanya kl kuota hbs ituh beli nya kita isi ulang plsa atau gmna kak??masih blm paham,saya menggunakan kartu halo baru 2 hr ini
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      12 April, 2022
      Kalau belum satu bulan kuotanya habis, maka Kakak bisa langsung beli kuota di aplikasi MyTelkomsel. Bayarnya nanti ketika bayar tagihan di akhir periode Kak. Jadi istilahnya Kakak hutang dulu, kemudian nanti baru mengembalikan ketika membayar tagihan.
  7. Resty Rahmawaty
    Resty Rahmawaty
    07 Desember, 2021
    Izin bertanya kak, sy baru sebulan ini menggunakan Halo. Nah, ada temen yang kirim pulsa sejumlah 200k. Ketika sy cek pulsa, y tertera di situ hanya jumlah 100 dr Halo. Jd pertanyaannya, apakah pengguna Halo tidak bisa lagi menerima pulsa dari luar ya, Kak?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      07 Desember, 2021
      Iya Kak, transfer pulsa hanya bisa dilakukan oleh sesama kartu prabayar saja. Jadi kartu Halo (pascabayar) tidak bisa menerima pulsa transfer 😃
  8. Alif akbar
    Alif akbar
    24 Agustus, 2021
    ka mau tanya kan td sore aku dpt tlf dr 188 singkat cerita aku udh setuju migrasi ke halo , trs pas aku baca blog kaka akhirnya aku telfon cs nya lg jam 6 sore buat batalin migrasi trs kata csnya tunggu 72 jam , trs aku dapet sms “ Terimakasih telah menghubungi kami, permintaan/keluhan Anda telah kami terima dan sedang dalam proses, dengan nomor tiket 1-A9ZSPU6. Hub 188 untuk mengetahui status tiket Anda.” itu berarti disetujuin ga ya ka pembatalannya ?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      25 Agustus, 2021
      Kalau sudah mendapatkan nomor Tiket, sangat besar kemungkinan proses pembatalannya sukses Kak. Nanti semisal sampai 3x24 Jam Kakak belum mendapatkan SMS yang berisi informasi pembatalan migrasi, Kakak bisa hubungi 188 lagi untuk menanyakannya.
  9. Unknown
    Unknown
    13 Juli, 2021
    maaf tanya. saya pelanggan baru kartu Halo baru sebulan.
    biasanya saya beli paketan prabayar yg 17GB sebulan masih ada sisa tapi begitu pindah ke Kartu Halo dapat Kouta 30GB sebulan kok bisa kurang padahal yg saya brosing itu2 saja.
    tks.
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      13 Juli, 2021
      Kuota 30GB itu dibagi-bagi tidak Kak? 😊
  10. Kang Abas
    Kang Abas
    02 April, 2021
    Ada aplikasi, untuk SMS harus ada pulsa dan gak Bisa pake paket SMS yg ads. Gimana caranya ? Terimakasih.
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      02 April, 2021
      Maaf Kak 🙏, saya belum paham maksud pertanyaannya Kang Abas 😊
    2. Unknown
      Unknown
      28 Desember, 2021
      maksudx itu,, contoh aplikasi mobile banking nda bisa d pake untuk kartu halo krn sms nya harus berbayar nikan nonus untuk pengirriman OTP
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      28 Desember, 2021
      Kalau SMS Premium dan Berbayar tetap bisa menggunakan kartu Halo Kak. Jadi nanti penggunaan pulsa untuk SMS tersebut akan ditambahkan pada tagihan setiap akhir periode.
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. Unknown
    Unknown
    09 April, 2020
    Mau bertanya gan. Misal kuota internet habis dan data seluler masih menyala. Apakah masih bisa terhubung ke internet?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      09 April, 2020
      Bisa Kak, tapi tagihannya akan membengkak karena untuk mengakses internet tidak memakai kuota internet, melainkan menggunakan internet reguler Kak.
  13. Yatno
    Yatno
    28 Desember, 2019
    Apakah kartu hallo bisa di isi ulang data internet lewat counter...karna Sebelum tanggal 1 sudah habis
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      28 Desember, 2019
      Tidak perlu ke konter pulsa, Langsung beli paket internet menggunakan aplikasi MyTelkomsel atau *363# saja Kak. Pembayaran untuk beli paket internetnya akan ditambahkan pada tagihan kartu Halo.
    2. Yatno
      Yatno
      28 Desember, 2019
      Ok kak makasih banget infonya.sangat membantu
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      28 Desember, 2019
      Sama-sama Kak... :)
    4. Awan
      Awan
      16 April, 2022
      Ternyata yang membuat artikel ini sepertinya agen kartu halo. Yang saya rasakan justru sebaliknya menggunakan kartu halo, lebih banyak meruginya harga bayar tertera 165.000 tapi pas bayar jadi 185.000, waktu kuotanya habis tetep ga bisa apa-apa, ada saran beli ekstra kuota harganya mahal lebih dari prabayar.
    5. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      16 April, 2022
      Nyatanya saya bukan seorang Agen Kartu Halo Kak 😃

      Kalau harga bayar Rp 165.000 nanti bayarnya kalau tidak salah ditambah PPN 11% atau sekitar Rp 16.500 jadi totalnya sekitar 181.000 Kak 🙂