Bahaya Tidur Terlalu Lama


Tidur terlalu lama memiliki efek negatif bagi tubuh manusia. Apakah sahabat salah satu orang yang memiliki kebiasaan tidur yang berlebihan? Kalau iya, maka sahabat harus membaca beberapa efek buruk karena kebanyakan tidur.

Sebelumnya sahabat harus tau bahwa di negara kita menyarankan warganya untuk tidur 7 sampai 8 jam setiap harinya. Artinya sepertiga dalam sehari kita gunakan untuk istirahat. selain itu, hal yang tidak kalah lainnya supaya hidup kita sehat adalah pola makan yang sehat dan bergizi.
tidur-terlalu-banyak

Dilansir dari Boldsky, berikut ini adalah beberapa efek negatif/efek buruk bila sahabat tidur lebih dari 8 jam:
Penyakit Jantung - Jika setiap malamnya sahabat tidur diantara 9 sampai 12 jam atau bahkan lebih dari itu, maka resiko anda terkena penyakit jantung lebih besar dibandingkan jika sahabat tidur normal. Karena menurut beberapa penelitian ada kaitannnya antara penyakit jantung dengan tidur yang berlebihan.
Penyakit Diabetes - Jika dalam keluarga sahabat memiliki riwayat genetic penyakit diabetes, maka sahabat harus membatasi supaya tidak tidur berlebihan. Karena ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang melebihi tidur normal, lebih memiliki resiko terkena penyakit diabetes.
Mempengaruhi Kinerja Otak – bila sahabat tidur lebih dari 8-9 jam per hari, maka harus segera menghentikannya. Karena kebiasaan tersebut bisa mempengarui kinerja otak yaitu memperlambat fungsi dari sel otak dapat menimbulkan suatu efek penuaan pada memori lebih cepat.
Depresi – Dari beberapa studi yang dilakukan, diketahui bahwa orang yang terkena depresi lebih cenderung lebih banyak tidur. Akibatnya, depresi yang dialami malah menjadi lebih buruk dan pada akhirnya membuat masalah banyak pada fisik lainnya.
Sakit Kepala – kebiasaan tidur terlalu banyak akan mempengaruhi neotransmiter di otak yang mengarah kepada sakit kepala. Bagi sahabat yang akhir-akhir ini sering mengalami sakit kepala, maka langkah awal yang harus sahabat lakukan adalah menghindari tidur berlebihan. Semisal sahabat dalam beberapa waktu ini sering tidur, dan sahabat sering merasakan sakit kepala  maka mungkin tidur sahabat yang berlebihan itu sebagai penyebabnya.
Sakit Punggung – jangan sahabat anggap remeh tidur berlebihan, karena hal ini juga bisa menimbulkan resiko sakit punggung. Tidur terlalu banyak adalah salah satu gaya hidup yang kurang aktif dan hal ini yang menyebabkan nyeri punggung bagian bawah.
Obesitas – Kebiasaan banyak tidur, banyak makan, dan pola hidup kurang aktif adalah penyebab resiko obesitas meningkat. Menurut sebuah penelitian diketahui bahwa 21 persen orang yang tidur lebih dari normal memiliki resiko lebih tinggi terkena obesitas dibanding orang yang tidur normal.
Kurangnya minat untuk bersosialisasi – kebanyakan tidur bukan hanya menyebabkan masalah pada fisik. Tetapi juga bisa mempengarui pada kehidupan sosial sahabat. Ketika sahabat lebih sering tidur, maka secara otomatis kegiatan sosial sahabat sedikit demi sedikit semakin berkurang. Sehingga secara bertahap, sahabat akan kehilangan minat bersosialisasi dan akhirnya akan mempengarui kepribadian sahabat.
Kematian – walaupun alasan yang pas dari fakta ini belum diketaui secara pasti. Tetapi ada penelitian yang menunjukkan adanya hubungan antara tidur terlalu banyak dengan tingkat kematian yang tinggi. Ada baiknya  sahabat untuk menghindari kebiasaan tidur terlalu banyak.

semoga apa yang saya sampaikan diatas bermanfaat bagi sahabat pembaca... kalau ada yang bisa ditambahkan atau lainnya bisa memberikan komentarnya di bawah ini. terimakasih...

Bahaya Tidur Terlalu Lama