Trik Jitu Mencegah Smartphone Cepat Panas ketika Bermain Game

Bermain game berjam-jam karena ingin buat konten? Boleh kok, hanya saja salah satu kendala yang cukup mengganggu adalah smartphone bisa menjadi cepat panas. Smartphone yang panas tidak hanya mengganggu ketika digunakan tetapi juga bisa memicu kerusakan.

Sama seperti mobil yang mengalami overheat, tentu dapat mengalami kerusakan pada komponen di dalamnya. Supaya sahabat tetap bisa nyaman dalam bermain game,  saya kutip dari situs KubikTekno, berikut adalah cara untuk mencegah ponsel cepat panas.
 

Cara Mudah Mencegah Smartphone Cepat Panas saat Bermain Game

Penyebab panasnya smartphone saat bermain game biasanya disebabkan karena penggunaan yang terlalu lama. Selain itu juga bisa dikarenakan kinerja RAM yang 'dipaksa' bekerja keras akibat game yang dimainkan terlalu berat. Akibat dari hal tersebut, ada beberapa hal yang ditimbulkan.
Pertama, baterai ponsel lama kelamaan tidak bisa menyimpan daya dengan optimal sehingga cepat habis. Kedua, game akan berjalan lambat atau juga grafis akan yang macet. Jika sudah muncul masalah yang kedua tentu akan mengganggu aktivitas sahabat dalam bermain game.

Untungnya ada beberapa cara untuk mencegah smartphone panas ketika sahabat bermain game. Apa saja itu? Sahabat bisa membacanya di bawah ini.

[1] Matikan Aplikasi pada Background

Saat sahabat bermain game, maka akan lebih baik apabila sahabat tidak mengaktifkan aplikasi lainnya. Tujuannya adalah supaya RAM tidak terlalu bekerja berat. Ketika ada aplikasi lain yang aktif ditambah dengan aplikasi game yang sahabat mainkan maka RAM akan bekerja dua kali lipat.

Selain membuat ponsel menjadi panas, aplikasi juga akan bekerja lambat. Sahabat juga bisa kehilangan lebih banyak kuota. Perlu diingat bahwa aplikasi lain yang berjalan bersamaan akan menghabiskan lebih banyak daya dan juga kuota.

[2] Membersihkan Memori Internal

Sering menggunakan banyak aplikasi akan membuat memori ponsel semakin penuh. Biasanya history dan juga cache adalah penyebab utamanya. Memori internal yang terlalu penuh juga akan membuat ponsel semakin berat bekerja.

Sebaiknya simpan aplikasi atau data lainnya pada memori eksternal agar tidak menambah beban. Jika sahabat hanya memiliki kapasitas memori kecil maka akan lebih baik untuk menginstal aplikasi yang penting saja.

[3] Melepaskan Casing Smartphone

Cara selanjutnya yang bisa sahabat lakukan adalah melepaskan casing pada ponsel. Casing memang memberikan perlindungan terhadap benturan. Namun efek negatifnya adalah membuat panas yang ditimbulkan dari smartphone tidak bisa keluar maksimal.

Sehingga pada akhirnya panas akan tertahan di bagian bawah casing ponsel dan suhu akan naik lebih cepat. Mencopot casing ketika bermain game akan membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik dan bisa menurunkan panas pada ponsel lebih cepat.

[4] Membeli Smartphone Khusus Gaming

Trik yang paling jitu dilakukan adalah menggunakan ponsel yang dirancang khusus untuk bermain game. Beberapa ponsel kini telah dirancang khusus dari segi mesin dan juga komponen aksesoris lainnya.

Bukan hanya RAM dan memori besar, akan tetapi ponsel gaming biasanya memiliki sistem pendingin khusus. Sistem ini akan membuat ponsel tidak cepat panas dan sahabat juga bisa lebih nyaman untuk bermain game.

Untuk membeli ponsel gaming, sahabat harus mempersiapkan uang yang 'lebih banyak' karena harganya akan lebih mahal dibandingkan ponsel non gaming.

[5] Jangan Bermain Ponsel pada Saat Charge Hp

Kesalahan paling sering dilakukan pengguna smartphone adalah memaksakan untuk bermain game ketika ponsel dicharge. Khusus untuk ponsel dengan fitur fast charging, panas yang ditimbulkan ketika ponsel dicharge akan lebih tinggi bahkan meski ponsel tidak digunakan.

Pengisian daya juga bisa terganggu dan berjalan lebih lama jika sahabat terus menggunakan ponsel. Jadi akan lebih aman jika ponsel didiamkan sampai daya terisi penuh, baru setelah itu sahabat bisa menggunakannya untuk bermain game kembali.

[6] Simpan Ponsel di Tempat yang Dingin

Jika ponsel sahabat tiba-tiba panas, maka sebaiknya hentikan semua aktivitas termasuk bermain game. Akan lebih aman jika ponsel diletakkan di tempat dingin seperti lantai dan jangan lupa lepaskan casing.

Dengan begitu maka suhu panas yang muncul akan berkurang dan ponsel bisa sahabat gunakan kembali. Pastikan sahabat tetap merawatnya supaya ponsel bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama.

Perawatan ponsel sangat penting agar aktivitas bermain game atau lainnya bisa berjalan dengan baik. Jangan lupa ketika sahabat menjalankan aplikasi secara bersamaan, sesuaikan dengan kemampuan RAM agar aplikasi yang sahabat pasang bisa berjalan dengan maksimal. Semoga membantu dan bermanfaat.

Trik Jitu Mencegah Smartphone Cepat Panas ketika Bermain Game