Beranda
Android
Catatan Saya
Gadget
Alasan Saya Membeli Xiaomi Mi Max RAM 3 GB
Xiaomi Mi Max adalah smartphone ketiga saya. sebelumnya saya pernah membeli smartphone Acer Z110 yang saya beli pada tahun 2012, kemudian pada tahun 2014 saya membeli smartphone kedua saya yaitu Samsung Galaxy Mega 6.3.
xiaomi-mi-max-32-gb

Setelah tiga tahun tidak membeli smartphone, pada tahun ini (2017) saya memutuskan untuk membeli smartphone baru. Beberapa alasan melatarbelakangi saya untuk membeli smartphone ke-3 saya kali ini. Berikut adalah beberapa alasan yang melatarbelakangi saya untuk membeli smartphone baru, yaitu:
  • Smartphone yang saya miliki adalah Samsung Galaxy Mega 6.3 dengan sistim operasi Android Kitkat. Di tahun 2017 sistim operasi android yang sudah banyak beredar adalah Marshmallow, Nougat, dan Oreo (masih sangat sedikit yang menggunakan), sehingga sistim operasi yang saya pakai (Android Kitkat) sudah cukup tertinggal.
  • Jaringan pada Smartphone Galaxy Mega 6.3 yang saya miliki masih 3G HSDPA dimana kecepatan transfer datanya hanya sampai sekitar 14 Mbps, sedangkan saat ini tipe jaringan yang umum digunakan untuk koneksi dengan internet adalah 4G LTE dimana kecepatannya bisa mencapai 100 Mbps.
  • RAM (Random Access Memory) yang dipakai pada smartphone saya sebelumnya hanya 1.5 GB, karena banyaknya aplikasi yang saya gunakan maka kebutuhan RAM yang saya butuhkan juga banyak, sehingga 1.5 GB masih kurang.


Atas beberapa alasan di atas, maka saya putuskan untuk membeli smartphone ke-tiga saya yaitu Xiaomi Mi Max. berikut adalah beberapa alasan yang membuat saya tertarik untuk membuat gadget buatan Xiaomi tersebut:
  • Sistim operasi yang digunakan Mi Max adalah Android Marshmallow, yang jelas lebih baru dibandingkan dengan sistim operasi di smartphone saya sebelumnya (Android Kitkat).  Selain itu, dari informasi yang saya dapatkan, untuk Xiaomi Mi Max RAM 3GB juga kebagian mendapatkan update Android Nougat.
  • Tipe jaringan yang digunakan Mi Max sudah 4G LTE, sehingga dengan kecepatan transfer data hingga 100 Mbps cukup membuat saya nyaman dalam menggunakan gadget ini untuk browsing, streaming, dan juga download dan upload.
  • Dari segi hardware, bagi saya sudah sangat memuaskan karena selain didukung dengan chip snapdragon 625 juga didukung dengan kapasitas memori 3GB, sehingga untuk melakukan Multitasking sudah sangat membantu. Dengan layar 6.4 Inch, gadget ini cukup nyaman digunakan untuk untuk menonton video dan baca-baca berita.
  • dengan kapasitas battery 5000 mAh, saya rasa tidak perlu membawa power bank kemana-mana.


Dengan harga 2.6 Juta (harga di Merauke/Papua pada sekitar bulan Februari 2017) menurut saya Xiaomi Mi Max terlihat sangat murah bila dilihat dari spesifikasi yang ditawarkan.  

Penulis blog

Tidak ada komentar