Beranda
Axis
Indosat
Sekitar Kita
Telkomsel
Tri
XL
Penyebab dan Cara Mengatasi SN (Serial Number) Tidak Muncul Ketika Membeli Pulsa
Beberapa hari yang lalu ada salah satu sahabat pembaca blog ini yang berkomentar di salah satu postingan saya yang berjudul [Cara Mengetahui SN Pengisian Pulsa & Pembelian Paket]. Dalam postingan itu, sahabat tersebut bercerita bahwa tidak mendapatkan SN (Serial Number) ketika melakukan pembelian pulsa.
Sebelumnya harus sahabat ketahui bahwa SN dalam pengisian pulsa berfungsi sebagai bukti atau penanda bahwa transaksi pembelian pulsa sudah berhasil dilakukan. Oleh karena itu nomor atau kode SN bersifat unik. Jadi antara kode SN yang satu dengan kode SN yang lain bisa dipastikan bahwa kodenya akan berbeda.

Apakah setiap transaksi pembelian pulsa atau paket data internet pasti ada SN nya? Ya, apabila pembelian tersebut berhasil, maka ketika sahabat membeli pulsa atau paket data pasti akan mendapatkan SN. Untuk mengetahui SN dari pengisian pulsa, sahabat bisa melihat dari pesan SMS yang berisi pemberitahuan bahwa pengisian pulsa berhasil dikirimkan ke nomor sahabat.

Apabila setelah membeli pulsa, kemudian saya tidak mendapatkan SN bagaimana? Andaikan tidak mendapatkan SN, akan tetapi pulsa atau paket data yang sahabat beli masuk ya tidak masalah. Seandainya pulsa yang sahabat beli belum masuk, maka sahabat bisa komplain ke penjual pulsa bahwa pulsanya belum masuk.

Semisal penjual pulsanya mengatakan bahwa pulsa sudah berhasil dikirim, sedangkan sahabat merasa belum menerima pulsa, maka sahabat harus meminta SN untuk membuktikan bahwa proses pengisian pulsa sudah berhasil dilakukan. Setelah penjual memberikan SN, sahabat bisa cek ke operator yang sahabat gunakan untuk memastikan kebenaran dari SN tersebut.

Customer service (CS) dari operator akan bisa menjelaskan kepada sahabat mengenai benar atau tidaknya bahwa suatu nomor telah diisi pulsa dengan SN yang sahabat sebutkan. Bahkan CS tersebut bisa memberikan penjelasan secara detail mengenai transaksi pulsa yang masuk dan keluar dari suatu nomor.

Saya pernah memiliki pengalaman juga ketika ada yang diisi pulsanya, akan tetapi orang tersebut merasa pulsanya tidak masuk (padahal ada SN nya). Karena pada waktu itu posisi saya adalah membantu teman saya yang merupakan penjual, maka saya menelpon CS dan menanyakan apakah benar bahwa nomor yang bersangkutan terisi pulsa dengan SN yang saya sebutkan.

Selanjutnya CS tersebut memberikan informasi bahwa memang benar bahwa nomor yang saya tanyakan terisi pulsa dengan SN yang saya sebutkan, akan tetapi pulsanya kemudian dipakai untuk transfer ke keluarganya dan dipakai untuk membeli paket. Untuk lebih lengkap ceritanya, sahabat bisa membacanya di tulisan saya [Cara Melacak Penggunaan Pulsa Keluar Masuk Telkomsel].

Apa penyebab SN tidak muncul ketika melakukan pengisian pulsa? Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan SN tidak muncul ketika sahabat melakukan pembelian pulsa. Berikut adalah beberapa penyebab sahabat tidak mendapatkan SN ketika melakukan pembelian pulsa:

[1] Sedang Dalam Proses

Hal ini cukup sering terjadi dalam proses pengisian pulsa. Jaringan yang sibuk dan padat sangat memungkinkan proses pengisian pulsa menjadi lambat. Oleh karena itu, apabila sahabat membeli pulsa di Alfamart atau Indomaret dan mendapatkan struk, maka perhatikan struk tersebut. Biasanya akan diinformasikan bahwa SN: “Dalam Proses”.

[2] Gagal

Apabila proses sudah lama yaitu hingga berjam-jam dan pulsa juga belum masuk ke nomor yang diisi pulsanya, maka patut dicurigai bahwa kemungkinan pengisian pulsa tersebut gagal. Apabila yang terjadi adalah hal demikian, maka saya sarankan kepada sahabat untuk datang menemui penjual pulsa, kemudian sahabat melakukan komplain bahwa pulsanya belum masuk.

[3] Sistem Error

Tidak selamanya bahwa suatu sistem akan sempurna, pasti ada saatnya bahwa suatu sistem bisa error. Ketika sistem yang digunakan untuk pengisian pulsa sedang mengalami error dan sedang dilakukan perbaikan, maka bisa menyebabkan transaksi pengisian pulsa bisa tertunda atau bahkan bisa gagal.

Bagaimana cara mengatasi SN tidak muncul ketika melakukan pembelian pulsa? Silakan sahabat komplain atau bertanya kepada penjual pulsa dan menjelaskan bahwa pulsa yang sahabat beli belum masuk. Kalau penjual mengatakan bahwa pengisian pulsa sudah berhasil, silakan sahabat meminta SN nya kemudian ditanyakan ke CS operator seluler. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

71 komentar

  1. Tedi
    Tedi
    01 Maret, 2024
    Saya isi lulsa tesel 50rb.sn sudah ada.tapi pulsa belum masuk.bisa d bantu ga ka
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      02 Maret, 2024
      Hubungi penjual pulsanya dan sampaikan keluhannya Kak. Pasti kalau memang ada masalah akan segera dibantu untuk penyelesaiannya.
  2. Unknown
    Unknown
    20 Januari, 2024
    Sy tranfer pulsa TPI sn tidak keluar ya..knp bisa
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      20 Januari, 2024
      Transfer pulsa pakai nomor apa Kak? Biasanya kalau transfer pulsa (bukan isi pulsa) untuk tanda buktinya bukan SN, melainkan pesan SMS yang berisi bahwa sudah ada transaksi transfer pulsa dari nomor pengirim ke nomor penerima. Jadi ga usah pakai SN harusnya dah ga ada masalah.
  3. Norifkhan
    Norifkhan
    21 Desember, 2023
    Kaka, bisa bantu lihatkan no SN topup pulsa dari no 085251515414 ke no 081267719314 sebesar 20rb
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      21 Desember, 2023
      Kakak minta informasi atau bertanya kepada penjualnya saja. Soalnya data mengenai SN dikirim ke nomor yang sudah diisi (top up) pulsanya dan penjual pulsanya Kak 🙂
  4. Anonim
    Anonim
    06 Oktober, 2023
    Dengan nomer 081315134022 dengan no pesanan BL2318QJQG13INV
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      07 Oktober, 2023
      Duh, bingung saya mau jawab apa Kak 😃
  5. Anonim
    Anonim
    29 September, 2023
    Bos saya beli plsa d indomar TPI snya GK kluar
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      30 September, 2023
      Tanyakan kepada kasir Indomaret yang melayani penjualan pulsa kak 😁
  6. Anonim
    Anonim
    21 September, 2023
    saya beli pulsa 50 ribu nomor 087864188204 di status berhasil cuman kendala di SN SN tidak failed tolong di bantu
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      21 September, 2023
      Kalau SN tidak failed berarti dah berhasil Kak. Kalau tidak Valid, harusnya Kakak tanya kepada penjual pulsanya langsung.
  7. Anonim
    Anonim
    17 September, 2023
    Kak saya td barusan tgl17 september2023 PKL 00:31 isi pulsa ke nomor Telkomsel081326300629 lewat no dana 0895 611266004tp saya blum mendapat SN nya..minta tolong kak kirimkan no SN saya segera ..tolong d bantu y kk
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      18 September, 2023
      Yang punya wewenang dan dan berhak memberikan SN nya adalah CS aplikasi DANA Kak 🙂
  8. Anonim
    Anonim
    11 September, 2023
    kak kalau sn nya berisi N/A itu knp ya, apa no sn nya tidak ada? saya isi pulsa 50.000 ke konter seperti biasa tapi kali ini blm dateng juga, itu bagaimana ya kak? saya sudah menunggu 5 jam kak
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      11 September, 2023
      N/A itu artinya Not Available atau kalau diartikan dalam bahasa Indonesia memiliki makna tidak tersedia Kak. Kemungkinan besar pengisiannya gagal kak.

      Kalau Kakak sebagai pembeli, maka saran saya tanyakan kepada penjual mengenai SN nya (untuk memastikan bahwa pulsa sudah masuk).
  9. sn telkomsel
    sn telkomsel
    03 Agustus, 2023
    081375155707 saya , mengisi pulsa 50.000 tapi belum mendpatkan Nomor sn Bosku
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      03 Agustus, 2023
      Kalau pulsanya masuk (pengisian pulsa berhasil) ya pasti dapat SN Kak 😁
  10. akbar
    akbar
    11 Juli, 2023
    SN yg sy terima keterengannya : NULL, .. Itu artinya apa ya min ? tolong pencerahannya
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      11 Juli, 2023
      Null dalam pengisian pulsa bisa diartikan cancel atau batal Kak. Jadi kemungkinan pengisian pulsanya tidak diproses dan gagal 😊
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. AqilaLiia
    AqilaLiia
    10 April, 2023
    Saya beli pulsa Telkomsel tapi kata orang nya tidak ada nomor SN nya, gimana cara nya biar saya tau nmer SN
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      11 April, 2023
      Maksudnya orang itu penjualnya atau yang dikirimi pulsa Kak? Kalau penjualnya bilang tidak ada SN nya, maka perlu dipertanyakan tentang kebenaran dia penjual pulsa atau bukan. Akan tetapi kalau yg dimaksud orang adalah yang dikirimi pulsa, maka Kakak bisa tanya kepada penjualnya mengenai SN kalau pembelian berhasil.
  13. Bewok
    Bewok
    26 Maret, 2023
    Sy isi pulsa telkomsel 20k SN hanya 9 digit, dipengirim nya sukses. Tetapi dipenerima nya belum masuk, sy main game online
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      26 Maret, 2023
      Maaf Kak, SN setiap distributor pulsa bisa berbeda-beda, akan tetapi SN tersebut bisa dicek kebenarannya dengan menghubungi CS Telkomsel.

      Kalau penerimanya berbohong, ini yg tidak bisa kita cek kebenarannya Kak 😃
  14. Rommio
    Rommio
    18 Februari, 2023
    Saya suruh temen isikan pulsa
    Tapi ko ga ada no SN ya
    Dia
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      28 Februari, 2023
      Kalau nomor Kakak yang diisi, seharusnya Kakak mendapatkan SMS yang menyatakan pengisian pulsa berhasil dan tercantum nomor SN nya Kak.
  15. Tika
    Tika
    02 Januari, 2023
    Barusan isi pulsa XL di link aja tapi TDK muncul SN nya.. soalnya SDH di cek di history tapi SN nya TDK ada
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      07 Januari, 2023
      Terkadang namanya bukan SN atau serial number Kak, akan tetapi bisa lainnya. Biasanya ada transaksi sukses diikuti nomor unik sebagai bukti Kak.
  16. Unknown
    Unknown
    17 Maret, 2022
    Bagai mna cara melihat SN .sedangkan kita beli tidak ada sn nya
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      17 Maret, 2022
      Kakak tanya penjualnya. Penjual akan mendapatkan laporan berupa SN Kak. 🙂
  17. Unknown
    Unknown
    25 Januari, 2022
    Sy ada kirim pls Telkomsel 50000 kenomor 081210401003 kode SN nya 500004898632 tp ktnya kode SN nya salah..mohon bantuannya
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      26 Januari, 2022
      Untuk mengetahui apakah pemilik nomor 081210401003 bohong atau tidak, Kakak bisa telpon CS Telkomsel untuk bertanya apakah nomor tersebut sudah terisi pulsa 50.000 dengan SN yang sudah Kakak sebutkan diatas. Kalau SN-nya Valid, berarti yang diisi pulsanya berbohong Kak 🙂
  18. Angga setiyo
    Angga setiyo
    06 Januari, 2022
    Saya baru isi pulsa 100 ke no 081265045316 ini berhasil cuman gak ada no SN nya bisa di bantu
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      06 Januari, 2022
      Kakak isi pulsanya lewat (menggunakan) apa Kak?
  19. Unknown
    Unknown
    22 Desember, 2021
    kode SN yang muncul hanya N/A mohon bantuannya
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      23 Desember, 2021
      N/A artinya Not Available Kak. Jadi belum ada SN dan belum bisa dipastikan bahwa pulsanya sudah masuk Kak.
  20. Unknown
    Unknown
    08 Desember, 2021
    No.anda tlh diisi Rp.50000 oleh BENING PONSEL, mitra FILA reload, SN/STROOM : N/A. Anda juga bisa membeli paket internet di outlet BENING PONSEL.
    Sms nya masuk gt kak, tapi pulsanya ga masuk. Gmna itu kak?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      08 Desember, 2021
      SN (serial number) belum ada, berarti masih bisa komplain ke penjual Kak. Kalau ada SN bisa ditanya ke CS Telkomsel apakah Valid atau tidaknya 😊
  21. Unknown
    Unknown
    12 November, 2021
    No SN yg keluar tidak lengkap
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      12 November, 2021
      Darimana tahunya kalau nomor SN nya tidak lengkap Kak?
  22. Tampilkan selengkapnya
  23. Unknown
    Unknown
    12 November, 2021
    No SN tidak keluar dan no SN x kurang pas keluar.. harus gmna bos
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      12 November, 2021
      Isi pulsanya dimana dan maksudnya SN kurang pas gimana ya Kak? 😅
  24. babol bardosa
    babol bardosa
    07 Oktober, 2021
    SN isi pulsa saya tidak ada tolong dibantu ya telkomsel
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      07 Oktober, 2021
      Isi pulsanya dimana Kak? Ya hubungi yang mengisinya Kak 😊
  25. Unknown
    Unknown
    07 Juni, 2021
    Cek sn pulsa lwt akulaku gmna kak
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      07 Juni, 2021
      Maaf kak, saya belum pernah transaksi menggunakan AkuLaku. Akan tetapi biasanya SN ada pada laporan transaksi dari aplikasi yang digunakan untuk melakukan pengisian pulsa. Coba cek di History atau Sejarah atau Riwayat transaksi pada aplikasi Akulaku Kak.
    2. Unknown
      Unknown
      07 Juni, 2021
      Cuma ad no pemesanan aj kak
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      07 Juni, 2021
      Kalau saya tangkap dalam bahasanya, nomor pemesanan adalah nomor untuk melakukan transaksi (isi ulang pulsa). Setelah pemesanan selesai, seharusnya dapat notifikasi atau pemberitahuan status pesanan yang sudah dilakukan. Kalau isi pesannya berhasil maka akan disertakan SN nya, kalau belum ada laporan kemungkinan masih diproses dan belum berhasil Kak.
    4. Nurul anna dhersy putri
      Nurul anna dhersy putri
      11 Juni, 2021
      Kk semalem saya suruh temen saya isi pls 20.000,,saya minta SN nya kata temen saya gak di kasikk no SN nya...
      Bisa bantu kk no 082179056104 yg di isi pls tidak ada no SN nya.. Boleh bantu kk cek kan brapa SN nya??? 🙏🙏
    5. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      11 Juni, 2021
      Hai Kak Nurul, kenapa Kakak meminta SN? Apakah pulsanya tidak masuk? Kalu tidak masuk, ya harusnya menghubungi temannya agar komplain ke penjual pulsanya 😊
    6. Jack
      Jack
      13 Juni, 2021
      Kk mintak masukan tadi saya isi pulsa buat main game onlin transaksi pls sukses no SN yang ada cuma 3 angka aja kk
    7. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      14 Juni, 2021
      Pulsanya masuk tidak Kak? Sebelumnya saya belum pernah melihat ada kode SN hanya 3 angka saja Kak :)
    8. Unknown
      Unknown
      11 November, 2023
      Sy melakukan pengisian tetapi no Sn hanya 9 angka bagaimana itu kak? N apakah Sn ada hanya sampai 9 angka
    9. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      12 November, 2023
      Bisa saja begitu Kak. tergantung distributor pulsanya 🙂
  26. Unknown
    Unknown
    22 Mei, 2021
    free fire lancar
    MKIOS100.081318236550
    5dh pernah j4m 04:40
    st4tus Sukses. SN/R3f: 6282251892350.
    Trx ke-2/hr: MKIOS100.2.081318236550.
    54ld0 164.583
    Laporan ya sudah Sukses Tapi Tidak masuk
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      22 Mei, 2021
      Hai Kak, bisa langsung hubungi CS di 188 ya 😊
  27. Sigit
    Sigit
    03 April, 2021
    Bisa bantu saya beli pulsa dari tmoney telkom, tpi sn gk ada, adanya id transaksi 195210403172504621
    No yg saya isi 081393299296
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      03 April, 2021
      Apakah pulsanya tidak masuk Kak?
  28. Riosndi
    Riosndi
    25 Maret, 2021
    Malam kak
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      25 Maret, 2021
      Iya, ada apa Kak?
    2. Xxxth.net
      Xxxth.net
      28 Maret, 2021
      Bos mhon di bntu SN sya tidak muncul
    3. Xxxth.net
      Xxxth.net
      28 Maret, 2021
      Bos tolong cek kan nomor SN pengisian ke nmor,082284375502 id agen ny 30183.mhon dibantu
    4. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      29 Maret, 2021
      Kan sudah saya sampaikan di atas. Hubungi agennya Kak. Bukan saya 😊
  29. Unknown
    Unknown
    27 Februari, 2021
    Kak saya ngisi pulsa pakek link ajak cara lihat sn nya di mna ya?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      27 Februari, 2021
      Coba cek di transaction history Kak 😊
  30. Unknown
    Unknown
    13 Februari, 2021
    Saya minta tolong min cek no SN pembelian pulsa ke nomer 081919914562 via akulaku dengan nomor pesanan 1613160544750192543617 nominal Rp. 100.000, Terima kasih admin
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      13 Februari, 2021
      Hai Kak, langsung hubungi CS Telkomsel sendiri saja ya Kak 😊
  31. Unknown
    Unknown
    10 Februari, 2021
    saya mengirim pulsa ke nomor xl 083133388999 ini 30.000 namun nomor SN tidak terdaftar saya cek.
    Tapi di struk pembelian status pengiriman sukses. Mohon dibantu proses nomor S.N. nya.
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      11 Februari, 2021
      Kakak beli pulsa dimana? Kemudian maksudnya SN tidak terdaftar itu bagaimana Kak? Kakak cek dimana? Kok tahu kalau SN nya tidak terdaftar?

      Perlu diketahui ya Kak, struk pembelian sukses itu belum tentu pengisian sudah berhasil. Bisa saja sukses tapi masih proses dan bisa juga sukses dan selesai diproses Kak :)
  32. Unknown
    Unknown
    10 Februari, 2021
    Tolomg bantu kirimin nmr SN pulsa telkomsel semalam sy beli sampai skarang nmr SN nya nga kluar
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      10 Februari, 2021
      Belinya dimana Kak?