Perbedaan Sim Card Standar, Mikro, dan Nano padaHP / smartphone

Bagi sahabat yang akan membeli gadget baru pastinya sebelum membeli baca-baca tentang spesifikasi dari gadget tersebut. Salah satu spesifikasi yang sering luput dari perhatian kita adalah pada jenis Sim Card yang disupport oleh gadget tersebut. Umumnya ada 3 jenis Sim Card yang beredar luas di Indonesia yaitu Standard Sim Card, Mikro Sim Card, dan Nano Sim Card.
Berikut ini adalah penjelasan dari macam-macam Sim Card.
  1. Sim Card Standar – Jenis Sim Card ini sering sahabat jumpai pada Handphone sekitar 4 tahun kebelakang. Jadi jenis Sim Card standar umumnya dipakai pada ponsel generasi yang bisa dibilang lawas. Ukuran dari jenis Sim Card ini adalah lebih panjang dan lebih lebar dibandingkan dengan dua jenis Sim Card lainnya (mikro dan nano).
  2. Sim Card Mikro – Hampir semua smartphone android sekarang menggunakan Sim Card jenis ini. Untuk ukuran micro sim card, ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan sim card standard dan lebih besar dibandingkan dengan nano sim card.
  3. Sim Card Nano – sudah banyak dari smartphone sekarang selain menggunakan micro sim card, juga sudah pada menggunakan sim card jenis nano. Karena selain ukurannya yang kecil (hemat tempat), sim card ini juga sangat cocok dipakai pada rata-rata smartphone model sekarang yang mengutamakan bentuk yang stylish. Kebanyakan model iphone juga menggunakan sim card jenis ini. 

Cara Merubah Sim Card Standar Menjadi Micro dan Nano
Untuk merubah ukuran sim card ke ukuran yang lebih kecil, saya sarankan sahabat menggunakan alat (jangan manual). Semisal sahabat tidak memiliki alat, sahabat bisa ke konter-konter HP untuk minta tolong dipotongkan. Biasanya konter-konter hp memiliki alatnya.
Alat Untuk Merubah Sim Card Standar Menjadi Sim Card Micro ataupun Sim Card Nano
Sejak saya menggunakan Smartphone Galaxy Mega 6.3 kira-kira 3 tahun yang lalu dimana pada saat itu kebanyakan sim card masih menggunakan sim card standard. Karena sim card untuk galaxy mega.63 adalah berbentuk micro sim card, maka saya beli alatnya untuk memotong sim card saya yang masih standard. Merknya adalah Noosy Cutter. Sesuai dengan namanya alat ini berfungsi sebagai pemotong. Cara penggunaan dari alat ini juga mudah, bahkan cewek juga bisa dengan mudah menggunakaknya hehehe… Semoga bermanfaat…

Perbedaan Sim Card Standar, Mikro, dan Nano padaHP / smartphone Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Evy Nurvitasari

0 comments:

Posting Komentar