Memperbaiki TV LED LG Yang Mati Total Secara Mendadak

Kalau sebelumnya saya pernah membahas kekurangan dan kelebihan TV LED LG 24 MT 44A yang saya beli kurang lebih 1 tahun 10 bulan yang lalu, maka kali ini saya akan membahas pengalaman bagaimana memperbaiki TV ini. Saya bukan seorang teknisi elektronika, sehingga yang akan saya ceritakan adalah teori analisis mengenai penyebab kerusakan dan cara memperbaiki menurut teknisi yang memperbaiki TV saya.

Awal dari kerusakan TV LED LG milik saya adalah ketika TV saya tonton tiba-tiba langsung mati. Saya kira listrik dari PLN sedang padam, tetapi alat elektronik lainnya ketika saya lihat masih menyala. Selanjutnya saya lihat lampu led indicator standby tidak menyala, dan colokan usb ketika saya hubungkan dengan HP saya juga tidak ada tegangan yang masuk ke HP saya. Dengan demikian kesimpulannya adalah tegangan tidak tersebar kesemua bagian sehingga mati total.
TV Saya Sekarang Sudah Nyala Lagi :)
Karena mati total, dugaan awal saya adalah kalau tidak pada bagian adaptor ya Boardnya. Saya berharap yang rusak adalah adaptornya (karena adaptornya mudah dicari & murah), tetapi setelah adaptornya saya ujicobakan ditempat kenalan saya yang kebetulan TV nya juga LG juga ternyata adaptor berfungsi dengan baik (sehingga kerusakan bukan adaptornya). Sehingga dugaan saya kemungkinan besar yang rusak adalah board nya.

Sebelum saya bawa ke tempat servis TV, saya berusaha mencari dulu board nya lewat online dengan Merk TV LED LG 24 MT 44A. hasilnya adalah board untuk merk TV saya ini sangat sulit untuk ditemukan. Akhirnya saya bawa ke tempat service TV. Selang beberapa jam, saya dihubungi oleh bapak Yoyo (tukang servis elektronik) yang menjelaskan bahwa kerusakan adalah pada boardnya (khususnya adalah pada bagian Chipset XD Engine.
Gambar XD Engine LG E6841
Saya diberikan dua pilihan yaitu ingin mengganti boardnya (untuk menunggu board kurang lebih adalah 2 minggu) ataupun mengganti chipsetnya yang rusak (satu malam selesai). Karena saya inginnya cepat, maka tanpa pikir panjang saya suruh ganti chipsetnya saja karena selain biayanya lebih murah pak Yoyo juga memberikan garansi bila terjadi kerusakan yang sama.

Pagi harinya saya dihubungi oleh pak yoyo bahwa TV nya sudah jadi. Selanjutnya saya datang ke tempat pak yoyo untuk mengambil. Ditempat pak yoyo, saya dikasih tau penyebab tv LG saya mati total yaitu karena tegangan listrik dari PLN sering padam dan kebiasaan TV saya selalu standby tanpa saya matikan (saya cabut) sumber tegangannya. Sehingga terjadi kerusakan pada chipset  XD Engine – LG E6841.

Beliau menyarankan kepada saya agar setelah selesai menonoton Televisi, untuk membiasakan mencabut sumber tegangannya. Mengingat tegangan listrik di kota saya (Merauke) sering padam dibandingkan dengan daerah di Jawa hehehe… maka saya disarankan untuk memasang Stavolt (penyetabil tegangan listrik). Dengan pengalaman kerusakan TV LED LG yang saya alami, saya megajak kepada para sahabat pembaca untuk membiasakan mencabut sumber tegangan listrik TV kita ketika tidak ditonton. Meskipun sepele, tetapi kalau rusak juga cukup menyedihkan hehehe… semoga membantu dan bermanfaat…

Memperbaiki TV LED LG Yang Mati Total Secara Mendadak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Evy Nurvitasari

0 comments:

Poskan Komentar