Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Lemot

Spesifikasi dari sebuah perangkat smartphone android memang cukup mempengaruhi kinerja dari sebuah perangkat android. Prosesor dengan spesifikasi tinggi dan RAM yang besar merupakan salah satu perangkat keras (Hardware) yang sangat berperan dalam kinerja suatu ponsel. Meski begitu, prosesor dengan spesifikasi yang tinggi dan RAM yang besar tidak menjamin 100% bahwa ponsel sahabat akan lancar (tanpa lemot).

Banyaknya aplikasi yang terpasang dan banyaknya aplikasi yang berjalan pada sebuah smartphone akan menjadikan kinerjanya menjadi berat, sehingga menjadikan smartphone sahabat menjadi lemot. Oleh karena itu agar smartphone android sahabat menjadi lebih ringan dan tidak lemot, maka sahabat harus pandai-pandai memanajemen ponsel android sahabat.

Untuk menghindari Android menjadi lemot maka sahabat harus melakukan tindakan pencegahan. Untuk memasang aplikasi pada smartphone android sahabat, sebaiknya dilakukan secara selektif. Maksudnya adalah pasanglah aplikasi yang memang benar-benar sahabat perlukan dan frekuensi pemakaiannya juga sangat sering.

Semisal untuk browser internet pakai satu browser saja, aplikasi sosial media seperti facebook, tweeter, path, dan lain sebagainya tidak perlu dipasang semua (pilih salah satu yang menjadi prioritas sahabat dan aktif digunakan) karena selain bisa dengan menggunakan aplikasi, social media juga bisa juga dibuka menggunakan browser internet. Begitu pula dengan aplikasi instant messenger (pesan cepat) dan game android, sebaiknya sahabat memasang yang benar sangat-sangat diperlukan.

Sedangkan apabila aplikasi sahabat sudah terlanjur lemot, maka berikut adalah cara untuk mengatasi smartphone android sahabat yang lemot adalah:
  1. Hapus aplikasi yang sangat jarang digunakan atau hampir tidak pernah digunakan. Sisakan aplikasi yang rutin dipakai sehari-hari.
  2. Kurangi atau pindahkan file gambar dan video dalam memori internal atau eksternal ke dalam komputer atau flashdisk. Hal ini dilakukan agar kapasitas memori menjadi lebih lega space nya.
  3. Biasakan untuk mematikan gadget di malam hari ketika sahabat istirahat (tidur). Pada waktu smartphone dalam keadaan mati, otomatis semua aplikasi juga akan berhenti sehingga ketika pagi hari sahabat hidupkan maka gadget sahabat akan terasa lebih ringan.
  4. Gunakan aplikasi untuk membersihkan sampah-sampah yang berada dalam smartphone sahabat seperti CCleaner yang bisa sahabat download lewat playstore. Lakukan setiap 3 hari atau seminggu sekali agar smartphone sahabat lebih sehat.

Banyak dari pengguna android yang tidak memperhatikan hal-hal yang menyebabkan smartphone menjadi lemot, sehingga sering berasumsi bahwa ketika smartphone nya lemot maka udah saatnya minta ganti hehehe… semoga membantu dan bermanfaat…

Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Lemot Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Evy Nurvitasari

0 comments:

Posting Komentar