Android Internet

Cara Membuat Smartphone Android Menjadi Hemat Kuota Internet

Evy Nurvitasari
2 Komentar
Beranda
Android
Internet
Cara Membuat Smartphone Android Menjadi Hemat Kuota Internet
Banyak diantara pengguna android yang mengeluh ketika kuota internetnya cepat habis, padahal baru beli paket internet belum lama. Tidak dipungkiri bahwa semakin banyak aplikasi yang sahabat install di smartphone android, maka kemungkinan kuota internet sahabat akan semakin banyak yang tergunakan (tersedot). Hal ini dikarenakan kebanyakan setiap aplikasi yang kita pasang pada android kita membutuhkan koneksi internet entah itu memang kebutuhan utama untuk menjalankan aplikasi seperti facebook, whatsapp, blackberry messenger, twitter dan aplikasi lain sejenisnya, atau mungkin juga aplikasi yang hanya membutuhkan koneksi internet untuk menampilkan iklan seperti kebanyakan aplikasi gratis yang biasanya sahabat unduh di playstore atau market place aplikasi android lainnya.
Awalnya saya berpikiran bahwa dengan mendisable atau menonaktifkan banyak aplikasi yang sudah kita pasang atau install di gadget android akan menjadikan kuota internet menjadi hemat, tetapi pada kelanjutannya saya masih merasa belum puas karena tetep saja masih banyak kuota internet saya yang tergunakan. Setelah saya telusuri penyebab kuota smartphone android saya sering berkurang dengan cepat dengan melihat proses lalu lintas proses upload dan download menggunakan aplikasi android untuk mengetahui kecepatan dan penggunaan internet, akhirnya saya mengetahui penyebab kuota internet saya boros meski aplikasi yang digunakan sedikit. Penyebabnya tidak lain adalah lalu lintas oleh aplikasi bawaan google seperti google plus, google playstore, google map, dan banyak lainnya yang tidak terlihat. Oleh karena itu, menghentikan semua aplikasi bawaan google adalah cara yang efektif membuat kuota internet android menjadi super hemat. oh iya, untuk menghitung kuota internet, sahabat bisa baca postingan saya mengenai cara menghitung kuota data internet.
Pada awalnya saya kesulitan untuk menonaktifkan proses semua aplikasi google, tapi setelah searching di internet saya menemukan cara menonaktifkan proses google di android yang menyedot banyak kuota internet. Caranya adalah dengan cara mereset smartphone kita ke settingan pabrik atau dengan kata lain, setelah handphone kita reset, maka handphone seperti baru lagi sehingga aplikasi yang sebelumnya kita install akan hilang sehingga saya sarankan sebelum mereset data dan aplikasi pada samartphone android sahabat di backup terlebih dahulu. Yang paling penting adalah setelah android direset, jangan sampai login menggunakan akun google sahabat karena dengan login akan mengakibatkan proses google akan otomatis berjalan lagi, sehingga kuota internet tidak lagi menjadi hemat. Kalau biasanya kita install aplikasi menggunakan playstore miliknya google, maka untuk install aplikasi pada smartphone android tanpa login google, sahabat bisa install aplikasi menggunakan mobomarket atau juga mobogenie atau juga bisa lewat android market lainnya. Semoga membantu...

Penulis blog

2 komentar

  1. Anonim
    Anonim
    04 Januari, 2017
    makasih min ilmunya _/|\_
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      04 Januari, 2017
      sama-sama... semoga bermanfaat... ;)